7 Tips Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Air Tawar, Jadi Lebih Gurih!

Gilakoi.com – Tips Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Air Tawar, Jadi Lebih Gurih! – Selain ikan laut, Indonesia juga kaya akan jenis ikan air tawar. Sayangnya, banyak orang kurang suka mengolah ikan air tawar karena bau tanah atau lumpur yang seringkali masih tersisa. Gak cuma aromanya, bahkan rasanya pun juga ikut terpengaruh.

Sebenarnya jika kita bisa mengolahnya dengan baik, maka baunya hilang tak bersisa, kok. Secara otomatis, rasanya juga akan jauh lebih gurih dan sedap.

Ingin tahu cara menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar? Simaklah beberapa tips berikut ini, ya!

1. Pilih ikan dalam keadaan hidup

Usahakan pilih ikan yang masih hidup saat membeli ikan air tawar. Setelah sampai di rumah, biarkan hidup terlebih dahulu di dalam ember semalaman. Hal tersebut akan menetralkan bau tanah yang menempel pada ikan.

2. Bersihkan insang dan isi perut ikan

Bersihkan sisik ikan hingga bersih. Setelah itu, belah perut ikan dan buang isi perutnya. Pastikan semua jeroan ikan hilang. Kalau sudah bersih, cuci ikan dengan air mengalir supaya tidak ada kotoran yang menempel. Sisihkan dan bumbui sesuai selera.

3. Jangan pecahkan bagian empedu ikan

Pada saat membersihkan isi perut ikan, jangan sampai memecahkan empedunya. Bagian inilah yang menyebabkan ikan jadi bau tanah. Kalau sampai robek dan pecah, empedu akan mengeluarkan cairan yang bau dan pahit.

4. Baluri permukaan ikan dengan garam

Selain ikan laut, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan air tawar. Tinggal baluri seluruh permukaan ikan dengan garam, lalu diamkan selama 1,5 jam. Setelah itu, jangan lupa bilas dengan air mengalir, ya!

5. Tutupi ikan dengan lemon dan bawang bombai

Kalau penggunaan garam masih dirasa kurang, gunakan lemon dan bawang bombai untuk menghilangkan bau tanah pada ikan. Caranya, tata potongan lemon dan bawang bombai di atas ikan yang sudah dibersihkan.

6. Rendam ikan di dalam susu

Kalau gak punya lemon dan bawang bombai, kamu bisa rendam ikan di dalam susu. Sama praktisnya, kamu tinggal tuangkan susu ke dalam wadah berisi ikan yang sudah dibersihkan hingga terendam sempurna. Diamkan di dalam kulkas selama satu jam.

Read More

7. Marinasi ikan dengan rempah-rempah

Terakhir, kamu bisa memarinasi ikan dengan berbagai jenis rempah-rempah sesuai selera. Proses marinasi ini tak butuh waktu yang lama, hanya sekitar 40 menit saja di dalam kulkas.

Itulah 7 Tips Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Air Tawar, Jadi Lebih Gurih! yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.