7 Fakta Unik Ikan Cere atau Guppy yang Sering Ditemui di Selokan

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai 7 Fakta Unik Ikan Cere atau Guppy yang Sering Ditemui di Selokan, bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak artikel berikut ini.

Pasti sebagian besar dari kamu mengetahui jenis ikan kecil ini, atau bahkan sering menangkapnya saat masih kecil. Ikan yang sering dijumpai di selokan-selokan atau di got ini memiliki nama ilmiah gambusia affinis yang sering disebut juga ikan cere, ikan gupi, ikan seribu, ikan gambusia dan masih banyak lagi.

Nah untuk kamu yang tertarik banget dengan hewan kecil ini, berikut 7 fakta unik tentang ikan cere atau guppy yang jarang diketahui.

1. Berasal dari Amerika

Siapa sangka ikan kecil yang sering kamu temukan di selokan atau got ini ternyata bukan berasal dari Indonesia melainkan Amerika. Ikan cere berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan dan Timur yang disebarkan ke perairan Indonesia sekitar tahun 1920.

2. Digunakan sebagai pembasmi nyamuk

Makanan utama ikan cere yaitu larva atau jentik nyamuk, tak heran ikan kecil satu ini digunakan sebagai pembasmi ikan di berbagai negara. Karena dikenal sebagai pembasmi nyamuk, hewan ini sering dipanggil dengan ‘mosquitofish‘.

3. Dapat berkembang biak meski sudah mati

Salah seorang ilmuwan dari University of California mengungkapkan bahwa sperma dari ikan cere jantan dapat bertahan pada rahim ikan cere betina selama 10 bulan. Jadi, meskipun ikan cere jantan sudah mati, ikan cere betina tetap bisa mempertahankan telur-telurnya sampai sampai berkembang biak.

4. Mulai bisa kawin dan berkembang biak di usia 6 minggu

Ikan cere memang dikenal sangat cepat berkembang biak hanya dalam 28 hari masa kehamilan bahkan dalam jumlah yang banyak. Saat baru dilahirkan anak-anak ikan cere bisa langsung mencari makanan sendiri, tak heran dalam waktu 6 minggu ikan cere sudah bisa kawin dan berkembang biak.

5. Ikan cere bisa bertahan hidup dengan lingkungan ekstrim

Walaupun tubuhnya yang mungil, namun ikan cere memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Ikan cere mampu bertahan di air dengan oksigen yang rendah dan kadar garam yang tinggi. Tak heran ia mampu hidup di selokan yang kotor dan mengandung banyak limbah.

6. Dikenal dengan ikan yang rakus

Meski kecil ikan ini ternyata sangat rakus terutama untuk ikan cere betina. Ikan cere betina bisa memakan 225 jentik nyamuk dalam satu jam atau memakan jentik nyamuk sebanyak 150% dari berat tubuhnya dalam sehari

Read More

7. Sering digunakan sebagai pakan hewan lain

Selain mudah dibudidayakan dan dijual dengan harga yang sangat murah, ikan cere ternyata sering dijadikan sebagai pakan hewan lainnya seperti ikan predator, kura-kura, burung dan masih banyak lagi.

Demikianlah informasi mengenai 7 Fakta Unik Ikan Cere atau Guppy yang Sering Ditemui di Selokan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.