5 Jenis Ikan Akuarium Yang Dapat Bertahan Hidup Lama

Gilakoi.com – Apakah anda mmpunyai akuarium dirumah? pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai 5 Jenis Ikan Akuarium Yang Dapat Bertahan Hidup Lama. bagi anda yang ingin mengetahui informasinya silahkan simak artikel dibawah ini.

Ikan menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan hewan peliharaan di dalam rumah. Hal ini dikarenakan ikan tidak terlalu membutuhkan perhatian dan perawatan khusus dibandingkan memelihara anjing dan kucing. Selain itu, hewan air ini juga dikenal akan penampilannya yang menarik dengan bentuk, corak dan warna yang beranekaragam.

Dari sekian banyak spesies ikan yang dapat kamu pelihara di dalam akuarium. Inilah lima spesies ikan yang memiliki usia panjang dilansir laman A-z-animals dan Fishkeepingforever, sebagai berikut :

1. Midas cichlid

Sekilas, penampilan midas cichlid hampir mirip dengan ikan lou han karena mempunyai benjolan pada bagian atas kepalanya. Dilansir dari laman A-Z-animals, spesies ikan ini berasal dari benua Amerika bagian tengah yang berhabitat di perairan air tawar seperti sungai dan danau di wilayah Kosta Rika hingga Nikaragua. Ikan ini memiliki beberapa warna di antaranya coklat, abu-abu, merah dan lain-lain.

Midas cichlid termasuk ikan hias akuarium yang mudah dirawat khususnya bagi para pemula. Jika dipelihara dengan baik, mereka dapat bertahan hidup hingga usia 12 tahun.

2. Frontosa

Habitat asli frontosa hanya dapat ditemukan di danau Tanganyika yang berada di benua Afrika bagian timur. Untuk bertahan hidup, ikan ini memakan berbagai jenis tumbuhan air. Salah satu daya tarik dari frontosa adalah terdapatnya garis-garis vertikal berwarna hitam pada bagian tubuh ikan ini sehingga terlihat lebih eksotis. Selain itu, mereka juga memiliki usia yang panjang hingga 15 tahun.

Untuk memelihara frontosa, dibutuhkan aquarium berukuran besar dikarenakan ikan ini dapat tumbuh hingga 30 sentimeter. Mereka dikenal dengan pergerakannya yang agresif dan memiliki gaya berenang yang menawan.

3. Firemouth

Firemouth merupakan sub-spesies dari ikan cichlid yang populer akan penampilannya yang mencolok. Sama dengan ikan frontosa, firemouth juga dapat bertahan hidup hingga usia 15 tahun. Akan tetapi, mereka hanya bisa tumbuh hingga panjang maksimal 17 sentimeter sehingga ikan ini hanya membutuhkan akuarium berukuran sedang untuk memeliharanya. Firemouth merupakan hewan endemik yang berasal dari perairan air tawar yang terdapat di wilayah Meksiko, Belize, Guatemala dan Amerika.

4. Discus

Discus memang populer akan penampilannya yang indah karena memiliki corak dan warna tubuh yang beranekaragam. Dilansir dari laman Fishkeepingforever, ikan ini juga dikenal dengan karakternya yang tenang dan jarang menunjukan pergerakan yang agresif. Namun, kamu harus berhati-hati untuk menggabungkan discus dengan spesies ikan lainnya karena mereka sangat mudah sekali diserang. Kepopuleran discus di kalangan pecinta ikan membuat ikan ini dijuluki The King of Aquarium. Jika dirawat dengan teliti, ikan discus dapat bertahan hidup selama 18 tahun.

5. The common goldfish

The common goldfish memang menjadi pilihan favorit banyak orang untuk dijadikan ikan peliharaan di dalam akuarium. Hal ini dikarenakan ikan ini dijual dengan harga yang murah serta tidak membutuhkan perawatan khusus untuk memeliharanya. Selain itu, seekor common goldfish mampu bertahan hidup hingga usia 40 tahun. Mereka termasuk spesies ikan yang aktif dan suka hidup berkelompok. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan saat memelihara the common goldfish adalah kualitas air serta makanannya.

Read More

Terimakasih karena telah membaca artikel yang admin sampaikan mengenai 5 Jenis Ikan Akuarium Yang Dapat Bertahan Hidup Lama, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.