5 Fakta Ikan Pacu, Ikan dengan Gigi Seperti Gigi Manusia

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan pacu yang memiliki gigi seperti manusia. apakah anda tahu mengenai jenis ikan yang satu ini?

Ikan pacu merupakan sebutan untuk berbagai jenis ikan air tawar yang masuk kedalam subfamili Serrasalminae dari Amerika Selatan. Pacu sendiri berasal dari bahasa lokal Tupi-Guarani yang artinya “pemakan cepat”, julukan itu diberikan karena kebiasaan ikan pacu saat melahap makanannya.

Beberapa jenis ikan pacu yang umum ditemui diantaranya adalah Colossoma macropomum (Pacu hitam), Piaractus brachypomus (Pacu perut merah), dan Ossubtus xinguense (Pacu beo).  Salah satu karakteristik ikan pacu yang paling dikenal adalah ikan tersebut memiliki gigi seperti gigi manusia.

Bagi anda yang penasaran silahkan simak informasi mengenai 5 Fakta Ikan Pacu, Ikan dengan Gigi Seperti Gigi Manusia dibawah ini.

1. Memiliki gigi seperti gigi manusia

Tidak seperti saudara satu familinya yaitu piranha, ikan pacu memiliki gigi yang cenderung tumpul seperti gigi manusia. Gigi tersebut ia gunakan untuk manghancurkan kacang-kacangan dan buah-buahan yang menjadi makanan utama mereka.

Meski begitu, ikan ini tidak segan untuk memakan makanan selain tumbuh-tumbuhan seperti ikan kecil lainnya yang membuat ikan ini masuk ke dalam kategori omnivora.

Meski terlihat menyeramkan, ikan pacu bukan merupakan ikan yang agresif. Meskipun sempat dirumorkan menjadi ikan ganas yang suka menggigit manusia yang berenang di habitatnya, rumor tersebut dinyatakan sebagai mitos oleh sebagian besar peneliti yang mengamati perilaku ikan pacu.

2. Sering dijadikan hewan peliharaan

Ikan pacu yang cukup tenang, indah, dan dapat dengan mudah dirawat membuatnya menjadi salah satu ikan eksotis yang dipelihara oleh para pecinta ikan. Seorang pecinta ikan yang ingin memelihara ikan pacu hanya membutuhkan akuarium atau kolam yang besar dan makanan yang cukup untuk dapat merawat ikan pacu.

Namun, perlu diketahui bahwa ikan pacu akan terus berkembang hingga ia mencapai panjang satu meter dengan berat puluhan kilo, sehingga calon pemelihara harus berhati-hati dalam memilih tempat tinggal untuk ikan tersebut.

Read More

3. Ikan pacu dapat menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan telur

Seperti kebanyakan ikan, ikan pacu berkembang biak dengan cara pemijahan yang terjadi di luar tubuh induknya. Uniknya, ikan pacu betina dapat mengeluarkan ratusan ribu hingga jutaan telur yang kemudian akan difertilisasi oleh ikan jantan.

Setelah melakukan pemijahan, ikan pacu akan meninggalkan telur-telur tersebut tanpa melindunginya. Oleh karena itu, ikan pacu yang baru saja menetas harus bertahan hidup secara mandiri

4. Merupakan spesies hewan invasif

Hewan invasif adalah hewan yang bukan berasal dari sebuah ekosistem tertentu tetapi mengancam kehidupan organisme lain di ekosistem tersebut.

Ikan pacu yang dikenal dapat dengan mudah bertahan hidup dan berkembang biak tersebut merupakan salah satu hewan invasif di luar Amerika Selatan. Bahkan, sebuah kota kecil di Texas, Amerika Serikat, menawarkan $100 kepada orang yang berhasil membasmi ikan tersebut dari danau lokal.

Di Amerika Serikat, ikan pacu umumnya menjadi hewan invasif di alam setelah seorang pemelihara ikan merasa bahwa ikan tersebut berkembang menjadi terlalu besar untuk akuariumnya sehingga ia harus melepas ikan tersebut ke alam.

5. Berumur panjang

Ikan pacu merupakan salah satu ikan yang berumur cukup panjang. Di alam, ikan pacu umumnya bertahan 15 hingga 25 tahun, tergantung dari spesies ikan tersebut, sedangkan ikan pacu peliharaan dapat hidup hingga 30 tahun.

Bahkan, dilansir nydailynews, seekor ikan pacu hitam tercatat berumur 43 tahun! Ikan pacu yang diberi nama Buttkiss tersebut dipelihara oleh Steve Gruebel, pemilik toko hewan peliharaan di Richmond Hill, New York.

Itulah informasi mengenai 5 Fakta Ikan Pacu, Ikan dengan Gigi Seperti Gigi Manusia, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.