Mengenal Tridacna gigas, Kerang Laut Berukuran Raksasa

Gilakoi.com – Kerang laut memang menjadi salah satu hewan yang disukai orang-orang namun tahukah anda bahwa ada kerang laut berukuran raksasa? bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak artikel berikut ini.

Kerang adalah hewan yang memiliki cangkang untuk melindungi dirinya. Biasanya, kerang memiliki ukuran yang kecil. Namun, jenis kerang ini memiliki ukuran raksasa yang tidak biasa.

Kima raksasa (Tridacna gigas) ini tinggal di dalam laut. Lalu, apa saja keunikan kima raksasa? Simak artikel di bawah ini.

1. Spesies kerang paling besar

Kima raksasa memiliki ukuran tubuh lebih dari 1,3 meter. Dengan tubuh yang besar, berat kerang ini bisa mencapai 250 kilogram. Namun, bagian dalam kerang yang lunak ini memiliki kurang lebih 10 persen dari keseluruhan beratnya

Seperti jenis kerang lain, kima raksasa tinggal di bagian dasar laut. Kima raksasa bisa hidup hingga 100 tahun. Kerang ini sendiri bisa ditemukan di perairan hangat seperti Samudera Pasifik Selatan dan Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 20 meter di bawah permukaan laut.

2. Bersimbiosis dengan ganggang laut

Cangkang kima raksasa dapat membuka dan menutup. Hal ini membuat ganggang laut dapat tumbuh di dalam cangkang kima raksasa. Kedua makhluk ini kemudian membentuk simbiosis yang menguntungkan.

Ketika cangkang kima raksasa membuka, ganggang laut melakukan fotosintesis. Sebagian hasil fotosintesis dari ganggang diserap oleh kima raksasa. Sebagai gantinya, cangkang kima raksasa menjadi tempat perlindungan bagi ganggang laut.

3. Termasuk satwa yang dilindungi

Kima raksasa termasuk satwa yang dilindungi oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Kima raksasa termasuk ke dalam status rentan. Populasi hewan ini juga terus berkurang.

Kima raksasa diketahui dapat diolah menjadi makanan. Selain itu, cangkangnya yang indah membuat orang ingin menjadikannya sebagai koleksi. Perburuan yang berlebihan ini membuat populasi kima raksasa berkurang.

Read More

4. Memiliki mitos

Kima raksasa memiliki sebuah mitos yang beredar di wilayah Pasifik Selatan. Kima raksasa dibicarakan bisa memerangkap dan memakan penyelam yang berada di dekat mereka. Kenyataannya, kerang ini sama sekali tidak berbahaya.

Tidak ada catatan kematian manusia yang disebabkan oleh kima raksasa. Menurut ilmuwan, otot yang digunakan untuk menggerakkan cangkang kerang bergerak terlalu lambat untuk bisa memerangkap manusia. Kima raksasa lebih memilih untuk menutup cangkangnya dibandingkan mencoba untuk memangsa manusia.

5. Berkembang biak dengan bertelur

Kima raksasa dapat melakukan reproduksi dengan cara bertelur. Kima raksasa menyebarkan telurnya ke air karena mereka tidak bisa membuahi diri sendiri meskipun mereka termasuk hermafrodit (memiliki dua alat kelamin di satu tubuh). Dalam satu kali penyebaran, kima raksasa bisa melepaskan hingga 500 juta telur!

Ketika kima raksasa melepaskan telurnya, kima raksasa lain yang berada di sekitarnya akan melepaskan sperma. Dengan cara inilah kima raksasa dapat berkembang biak.

Statusnya yang terancam punah membuat kima raksasa menjadi hewan yang dilindungi. Kima raksasa saat ini sulit ditemukan di laut karena populasinya yang berkurang. Beberapa upaya konservasi sudah dilakukan untuk melestarikan kerang ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.