Fakta Unik Bintang Laut, Salah Satunya Punya Ratusan Kaki

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Fakta Unik Bintang Laut, Salah Satunya Punya Ratusan Kaki, dan ternyata bintang laut ini memiliki banyak sekali keunikan di mulai dari bentuk fisiknya.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui fakta -fakta keunikan bintang laut, silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan berikut ini. Hewan laut yang satu ini memiliki nama ilmiah Asteroidea, dan masuk dalam filum Echinodermata yang sejenis dengan bulu babi, teripang, dan sand dollar.

Fakta Unik Bintang Laut, Salah Satunya Punya Ratusan Kaki

1. Enggak semua berbentuk seperti bintang

Meski biota laut ini dinamai bintang laut karena bentuknya, namun enggak semua bintang laut memiliki bentuk mirip bintang. Ada ribuan jenis bintang laut yang hidup di berbagai zona, sebagian tinggal di wilayah tropis, tapi ada juga yang hidup di perairan dalam. Beberapa jenis bintang laut memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan bintang laut, salah satunya cushion starfish yang berbentuk gumpalan bulat.

2. Bisa menumbuhkan anggota tubuhnya yang putus

Bintang laut enggak lepas dari incaran pemangsa di lautan. Hal inilah yang enggak jarang menyebabkan bintang laut harus kehilangan lengannya ketika sedang mempertahankan diri. Seluruh organ vital bintang laut terletak di lengan, sehingga kemampuan menumbuhkan kembali lengan sangat berguna untuk kelangsungan hidup biota laut ini. Proses mengembalikan organ tubuh yang putus pada bintang laut membutuhkan waktu yang enggak sebentar, bahkan kadang bisa mencapai 1 tahun.

3. Punya ratusan kaki

Selain memiliki beberapa lengan, bintang laut juga memiliki kaki kecil berjumlah ratusan. Kaki-kaki ini berada di bagian bawah tubuh dan memiliki bentuk seperti tabung-tabung kecil. Ukurannya yang kecil ternyata mendorong bintang laut untuk bergerak dan berpindah tempat dengan cepat.

4. Bintang laut punya mata

Read More

Bintang laut memiliki mata yang terletak di ujung lengannya. Matanya bisa mengenali warna dan cahaya yang memudahkan mereka untuk menuju ke arah yang benar dan bergerak mencari makanan di lokasi yang tersembunyi.

5. Bintang laut enggak memiliki otak dan darah

Hewan ini bisa hidup dengan memompa air laut ke seluruh tubuh sebagai pengganti darah. Air laut yang mengandung banyak nutrisi, membuat organ tubuh bintang laut berfungsi dengan baik.

Meski enggak memiliki otak, bintang laut tetap bisa beradaptasi dengan lingkungannya dan bertahan hidup dengan menghindari predator dan mencari makanannya sendiri.

6. Perut yang bisa mencerna makanan di luar mulut

Bintang laut memiliki mulut yang sangat kecil sehingga sulit untuk mencerna makanannya melalui mulut. Untungnya, perut bintang laut bisa berfungsi sebagai alat pencerna makanan. sehingga ketika masuk ke dalam mulut, makanan tersebut sudah lebih kecil dan terjangkau ukurannya.

Ketika mendekati mangsa, bintang laut akan mengeluarkan cairan yang bisa mencairkan mangsanya supaya terserap sempurna melalui perut. Setelah bisa dicerna, perut bintang laut akan kembali seperti semula.

Fakta Unik Bintang Laut, Salah Satunya Punya Ratusan Kaki yang sudah admin sampaikan diatas kami ambil dari berbagai sumber. semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.