Fakta Unik Belut Listrik, Ikan Air Tawar yang Bisa Membunuh Manusia

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai belut listrik, Belut listrik adalah salah satu dari lima ratus jenis ikan air tawar yang dapat menghasilkan aliran listrik. Ikan ini bisa menghasilkan listrik sampai dengan 650 volt untuk berburu dan membela diri.

Habitat belut listrik ada di perairan dangkal, seperti perairan berlumpur Sungai Amazon dan Orinoko di Amerika Selatan. Dilansir dari laman National Geographic dan Thoughtco, berikut adalah beberapa fakta belut listrik yang perlu kamu ketahui!

1. Belut listrik berkerabat dekat dengan ikan lele

Meski disebut sebagai belut, belut listrik ini justru lebih berkerabat dengan lele dibanding belut pada umumnya. Mereka hidup di perairan dangkal atau air berlumpur dan muncul ke permukaan setiap sepuluh menit sekali karena mereka bernapas menggunakan udara yang diambil dari atmosfer.

Belut listrik bisa mencapai panjang 250 cm dan bobotnya bisa sampai 20 kg. Mereka punya tubuh berbentuk panjang dan silindris, bisa berwarna putih, hitam, biru, ungu, atau abu-abu.

Belut listrik adalah hewan penyendiri dan jarang sekali membentuk kawanan. Mereka adalah hewan karnivor yang memangsa ikan lain, amfibi, burung, dan mamalia kecil.

2. Punya sel yang bisa menghasilkan aliran listrik kuat

Sekitar 80 persen organ tubuh belut listrik bisa menghasilkan aliran listrik. Belut listrik memakai energi tersebut untuk mempertahankan diri dari predator atau untuk menyerang mangsanya.

Belut listrik punya lebih kurang 6 ribu sel (dikenal sebagai electrocyte) yang menghasilkan listrik. Mereka bisa menghasilkan listrik sampai 600 volt, yang artinya lima kali lebih kuat dibandingkan kekuatan listrik dari stop kontak standar.

3. Listrik yang dihasilkan bisa melumpuhkan kuda dan menyalakan lampu

Belut listrik bisa menghasilkan kejutan listrik yang cukup kuat sampai bisa melumpuhkan seekor kuda. Bahkan, manusia bisa tewas jika seekor belut listrik menyengatnya beberapa kali.

Beruntungnya, manusia jarang bersentuhan dengan belut listrik. Selain itu, belut listrik dengan ukuran yang relatif besar bisa menghasilkan energi listrik yang cukup untuk menyalakan dua belas lampu pijar.

Read More

4. Belut listrik berumur lumayan panjang

Karena belut listrik punya penglihatan yang buruk, mereka mengeluarkan listrik level rendah (sampai 10 volt) yang membantu mereka merasakan lingkungan sekelilingnya dan mendeteksi mangsa.

Musim kawin belut listrik terjadi selama kemarau. Belut listrik jantan menggunakan air liur untuk membuat sarang telur. Betinanya bisa bertelur sampai 17 ribu butir. Baik jantan dan betina menjaga keturunannya sampai usia remaja.

Belut listrik yang baru menetas memangsa invertebrata kecil. Mereka juga mengincar sarang belut lain dan memangsa telurnya. Mereka bisa hidup sampai umur 15 tahun di alam liar dan sampai 22 tahun di lingkungan terkendali.

5. Habitat belut listrik di air berarus tenang dan keruh

Belut listrik biasa ditemukan di sekitar sungai-sungai yang luas, seperti Sungai Amazon atau Sungai Orinoko di Amerika Selatan. Habitat favoritnya adalah perairan berarus tenang yang dipenuhi lumpur. Selain itu, kondisi habitat belut listrik yang berair keruh membantu berkamuflase dari predator atau mangsa.

Itulah Fakta Unik Belut Listrik, Ikan Air Tawar yang Bisa Membunuh Manusia, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.