Mengenal lebih jauh Kuda Laut si Lambang Kesetiaan

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan membahas informasi mengenai kuda laut secara lengkap. Kuda laut atau yang memiliki nama latin yaitu Hippocampus sp. merupakan jenis ikan yang memiliki banyak keunikan dan sangat berbeda dari kebanyakan ikan lainnya. Hippocamus yang berarti kuda yang bergerigi dan sesuai dengan bentuk morfologinya yang unik dan aneh.

Mulai dari bentuk tubuh, letak sirip, cara berenang, cara memakan makanan dan ternyata kuda laut tidak memiliki perut. Sehingga kuda laut dikenal rakus dan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya akan lewat begitu saja

Kuda laut memiliki bentuk tubuh yang lain dari pada bentuk tubuh ikan pada umumnya, namun kuda laut tetap memiliki organ yang sama seperti ikan pada umumnya. Secara fisik kuda laut memiliki sirip, insang dan gelembung udara.

Kuda laut juga memiliki mata yang dapat bergerak 360 derajat dan dapat melihat sekelilingnya, tetapi kuda laut tidak dapat memutar kepala nya atau menengok ke kanan dan ke kiri. Tiap berenang kuda laut harus menggangukkan kepalanya ke atas dan kebawah agar dapat bergerak.

Kuda laut memiliki bentuk mulut yang unik, yaitu memiliki bentuk seperti terompet. Kuda laut tidak mengunyah makanannya, sehingga bila ada makanan kuda laut akan menyedotnya saja dan langsung menelannya. Sama seperti kuda laut yang sempat di pelihara oleh Spongebob dalam serial kartunnya, pada kartun tersebut menceritakan kuda laut yang ditemukan spongebob membuat banyak penduduk Bikini Bottom resah karena kuda lalut tersebut memakan atau menyedot segala hal yang ditemukannya.

Hal tersebut benar adanya, mereka makan dengan cara mengaitkan ekornya di rumput laut dan terumbu karang, kemudian menyedot makanan menggunakan moncongnya. Makanan utama kuda laut adalah plankton dan hewan kecil seperti udang.

Selain itu, kuda laut memiliki kemampuan unik yaitu dapat berkamuflase dengan mengubah warna kulitnya sesuai warna lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi diri dari predator, mengelabui mangsa dan melindungi diri selama aktivitas fertilisasi.

Kuda jantan dan betina akan sangat mudah untuk dibedakan, dimana kuda laut jantan memiliki kantong yang digunakan untuk mengerami telur. Kuda laut bersifat monogami, dimana kuda laut jantan maupun betina hanya memiliki 1 pasangan seumur hidupnya dan tidak akan mencari pasangan lain setelah mendapatkan pasangan. Hewan ini terkenal dengan kesetiaannya terhadap pasangannya. Ketika pasangan kuda laut bepergian, mereka akan berenang bersama dengan saling mengaitkan ekornya.

Kuda laut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan hewan bertelur pada umumnya, bila pada umumnya betina yang akan mengerami telurnya. Hal ini bertolak belakang dengan kuda laut, dimana jantan lah yang mengerami telurnya. Saat kawin, kuda laut betina akan meletakkan telur-telurnya ke dalam kantong jantan. Lalu kuda laut jantan akan membuahi telur tersebut hingga menjadi embrio.

Read More

biasanya kuda laut jantan akan mengandung telur-telur tersebut selama 9-45 hari hingga embrio akan berkembang menjadi bayi kuda laut. Setelah itu, kuda laut jantan melahirkan bayi kuda laut yang masih kecil tersebut. Setelah lahir, peran kuda laut jantan sudah selesai. Kuda laut jantan bahkan akan kawin lagi bila masih dalam musim kawin. Tentunya dengan kuda laut betina yang sebelumnya.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai kuda laut, semoga informasi yang sudah admin sapaikan diatas bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda. salam sukses.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.