Imut Hingga Seram, 7 Spesies Gurita Ini Bikin Berdecak Kagum

Gilakoi.com – Anda tentunya tahu dengan jenis hewan laut yang satu ini. ya gurita, hewan ini sangat populer di indonesia, dan tahu kah ada 7 sepesies gurita seram. kalau mahu tahu simak artikel ini sampai selesai.

Penggambaran hewan laut yang satu ini kerap didominasi kesan misterius yang menyeramkan. Selain karena penampakannya yang memang jarang terlihat di laut dangkal gurita juga punya tentakel lengket dan tinta yang siap menyerang mangsanya. Apalagi ditambah warna gelap yang samar-samar terlihat di dasar laut, bikin tambah ngeri.

tapi kamu tahu gak nih kalau sebenarnya gurita itu terdiri dari berbagai spesies yang beragam lho. Mulai dari imut hingga seram, berikut 7 spesies gurita yang bikin berdecak kagum!

1. Coconut octopus

Gurita kelapa atau coconut octopus merupakan jenis gurita yang terbilang paling unik. Dengan warna cokelat keunguan gurita ini kerap kali menjadikan kelapa sebagai tempat perlindungannya, dari situlah asal nama gurita ini muncul. Lucunya lagi gurita kelapa akan membawa ‘cangkang’ palsunya kemanapun mereka pergi dengan memegangnya menggunakan tentakel.

2. Grimpoteuthis

Grimpoteuthis alias gurita dumbo memiliki penampilan yang berbeda dari spesies lainnya. Grimpoteuthis memiliki ‘payung’ yang menyerupai telinga. Nama dumbo diambil karena bentuknya menyerupai sepasang telinga gajah dalam serial animasi Dumbo. Meskipun berbentuk menggemaskan tapi sayangnya gurita jenis ini sulit ditemukan karena hidup di laut yang sangat dalam.

3. Atlantic pygmy octopus

Kamu pasti langsung gemas ketika melihat gurita spesies ini secara langsung. Yap, Atlantic pygmy octopus ini memiliki ukuran yang sangat mini. Atlantic pygmy octopus merupakan spesies gurita terkecil dengan ukuran paling besar hanya 4.5 cm saja. Atlantic pygmy octopus bisa ditemukan di perairan hangat, spesies ini paling banyak berada di Kepulauan Cayman, Inggris.

4. Octopus briareus

Octopus briareus atau gurita karang Karibia merupakan jenis gurita dengan penampakan yang berbeda dari kebanyakan jenis lainnya. Gurita ini bewarna putih pekat dengan ukuran yang cukup besar. Selain warna putih  Octopus briareus juga memiliki warna lain seperti warna bening kemerahan. Gurita ini disebut sebagai gurita karang karena suka bersembunyi dan menyesuaikan warna sesuai dengan karang.

5. Mimic octopus

Sebagai masyarakat lokal Indonesia kita perlu berbangga, pasalnya gurita cantik yang satu ini pertama kali ditemukan di wilayah Sulawesi pada tahun 1998. Sekilas mimic octopus atau gurita penyamar memiliki motif loreng kecokelatan mirip dengan lion fish, gurita ini pandai beradaptasi dengan menyesuaikan warna tubuhnya seperti lingkungan sekitar. Sengatan gurita penyamar cukup berbahaya sehingga kamu gak boleh terkecoh melihat warna indah yang bikin pengen menyentuhnya.

6. Hapalochlaena

Hapalochlaena adalah nama ilmiah dari gurita cincin biru. Gurita ini punya penampilan yang lebih cantik dari gurita lainnya. Cincin biru pada tubuhnya dapat menyala dalam kegelapan. Namun ini menjadikannya sebagai hewan yang tergolong ke dalam hewan berbisa. Gurita cincin biru dapat ditemukan di sekitar Samudra Hindia, Jepang dan Australia.

Read More

7. Giant Pacific octopus

Seperti yang ada dalam animasi gurita yang menyeramkan, Giant Pacific octopus merupakan jenis hewan paling besar yang ada di Samudra Pasifik. Ukuran gurita ini dapat mencapai 10-50 kg dengan umur panjang sekitar 3,5 tahun. Para penyelam profesional pun harus berhati-hati saat berhadapan dengan gurita ini, pasalnya tentakel mereka dapat tumbuh hingga 10 meter panjangnya.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.