Fakta Unik Kuda Laut, Hewan Bawah Air yang Paling Setia

Gilakoi.com – Siapa yang tidak tahu kuda laut, kuda laut merupakan salah satu binatang yang populer. dan ternyata kuda laut memiliki fakta unik. jika anda ingin mengetahui fakta uniknya silahkan simak artikel berikut ini.

Hewan laut kecil dan imut ini bernama kuda laut. Ukuran dan jenisnya bervariasi dan tersebar di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Di Indonesia terdapat 9 dari total 54 jenis kuda laut. Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa informasi mengenai kuda laut yang menjadikannya istimewa karena keunikannya!

1. Satu-satunya jenis ikan yang tidak berbentuk seperti ikan pada umumnya

Kuda laut digolongkan sebagai ikan oleh para peneliti, karena ia berenang menggunakan sirip dan bernapas menggunakan insang, seperti ikan. Bentuknya unik dan berbeda dari ikan lainnya. Ia juga tidak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya.

2. Letak sirip yang tidak biasa

Hewan kecil ini memiliki sirip dorsal dan sirip pectoral. Sirip dorsal terletak di bagian bawah tubuhnya sedangkan sirip pectoral ada di dekat insang, di bagian kepalanya.

3. Ukurannya tergolong kecil, mulai 0,6 inci sampai dengan 14 inci

Hewan cantik ini memiliki ukuran beragam, mulai 0,6 inci sampai dengan 14 inci atau 1,5 cm sampai 35 cm. Ukurannya yang imut itu membuatnya semakin menggemaskan.

4. Jenis ikan yang tidak pandai berenang dan bergerak secara vertikal

Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat. Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horizontal seperti ikan lainnya.

5. Tidak memiliki perut, sehingga sering dikatakan hewan paling rakus

Dalam sehari kuda laut dapat memakan hingga 3000 artemia di air. Hal ini dikarenakan ia memiliki proses pencernaan yang sangat cepat, jadi makanan yang dimakan hanya sekadar lewat.

6. Kuda laut dapat melihat 360 derajat seperti bunglon

Sama seperti bunglon, kuda laut memiliki kemampuan melihat 360 derajat. Kemampuan ini sangat membantunya untuk lebih waspada terhadap predator, juga dalam mendapatkan makanan.

7. Ada beberapa jenis kuda laut yang transparan, ada juga yang dapat merubah warna kulitnya

Beberapa jenis kuda laut memiliki warna transparan, beberapa lagi memiliki kemampuan untuk berkamuflase. Ia dapat mengubah warna kulitnya menjadi menyerupai warna lingkungannya, seperti bunglon. Dengan begitu, ia mampu mengelabui predator.

Read More

8. Yang melahirkan adalah yang jantan

Sangat unik, kuda laut jantan yang bertugas melahirkan. Prosesnya adalah si betina menyimpan telur di dalam kantung yang berada pada dada si jantan, kemudian akan dibuahi selama 10 hari hingga 6 minggu.

9. Hewan laut paling setia terhadap pasangannya

Para peneliti menyatakan bahwa kuda laut merupakan hewan monogami, yaitu hanya berhubungan seksual dengan satu pasangannya saja. Mereka berhubungan hampir sepanjang tahun, hidup bersama hingga keduanya mati.

10. Kuda laut terancam punah karena dijadikan obat

Sejak diketahui bahwa kuda laut memiliki khasiat bagi stamina pria, hewan laut ini semakin terancam punah. Setiap tahunnya setidaknya 20 juta kuda laut ditangkap dan kini semakin banyak beredar obat kuat tradisional bagi pria.

Itulah Informasi mengenai kuda laut, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.