Mengenal Ikan Hiu Gblin

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan hiu goblin, apakah anda tahu dengan jenis ikan yang satu ini? Hiu goblin merupakan salah satu spesies laut dalam yang langka. Hiu goblin adalah satu satunya jenis dari keluarga Mitsukurinidae yang masih ada hingga sekarang yakni garis keturunan tua sekitar 125 juta tahun.

Hiu goblin mempunyai kulit berwarna merah muda dengan ciri khas moncong yang memanjang serta rahang protrusible dan mengandung gigi seperti kuku yang bisa menonjol keluar.

Hiu goblin memiliki panjang antara 3 hingga 4 meter saat sudah dewasa meski terkadang juga ada yang berukuran lebih besar. Hiu ini ada di lereng atas benua, lembah bawah latu serta gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 meter. Ada banyak fitur anatomi pada jenis hiu ini seperti tubuh yang lunak serta sirip kecil yang memperlihatkan jika ikan ini bergerak dengan lamban. Hiu goblin memangsa ikan teleost, cumi dan juga krustasea di dasar serta tengah laut.

Ciri Ciri Hiu Goblin

Hiu goblin punya moncong yang pipih dan juga panjang seperti mata pisau yang sangat khas. Panang proporsional moncong hiu ini nantinya akan berkurang seiring pertambahan usia. Mata hiu goblin kecil dan tidak punya selaput pengelip pelindung, sedangkan di belakang mata merupakan spirakel serta memiliki mulut besar berbentuk seperti parabola.

Rahang hiu goblin ini menonjol dan bisa diperpanjang sampai ke ujung moncong meski umumnya rahang ini akan menempel di bagian bawah kepala. Pada rahang tersebut terdapat 35 sampai 53 baris gigi atas dan juga 31 hingga 62 baris gigi bawah. Gigi pada bagian utama rahang panjang serta sempit khususnya di dekat titik tengah rahang memiliki alur yang halus dan memanjang. Sedangkan gigi belakang terletak di dekat sudut rahang yang berukuran kecil serta punya bentuk pipih yang berguna untuk menghancurkan.

Tubuh hiu goblin lembek dan juga ramping, sedangkan kedua sirip punggungnya punya ukuran serta bentuk yang sama di mana keduanya kecil serta bulat. Sirip perut serta sirip dubur hiu goblin mempunyai dasar yang panjang serta lebih besar dibandingkan sirip punggung. Untuk batang ekornya diratakan dari sisi ke sisi serta tidak punya lekukan.

Klasifikasi dan Evolusi Hiu Goblin

Perbedaan posisi rahang hiu goblin mengakibatkan beberapa spesimen keliru digambarkan sebagai spesimen yang berbeda. Hiu goblin adalah terjemahan lama dari nama Jepang tenguzame yakni tengu yang merupakan makhluk mitos Jepang yang sering digambarkan memiliki hidung panjang serta wajah berwarna merah.

Penyebaran dan Habitat Hiu Goblin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hiu goblin bisa ditemukan di banyak area seperti Samudra Atlantik yakni Teluk Meksiko utara, Suriname, Portugal, Perancis, Senegal bagian timur dan Madeira. Sedangkan di Indo Pasifik dan Oceania, hiu goblin ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan, Taiwan, Mozambik, Selandia Baru dan juga Australia. Sedangkan untuk Pasifik timur ditemukan di California selatan.

Hiu goblin ini paling sering ditemukan di atas lereng benua atas di kedalaman 270 hingga 960 meter. Untuk hiu goblin yang belum dewasa lebih sering mengunjungi ngarai bawah laut di lepas pantai selatan Jepang di kedalaman 100 sampai 350 meter dan sesekali juga terlihat di perairan pantai kedalaman 40 meter.

Read More

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.