Fakta Hiu Goblin, Punya Moncong Panjang dan Bentuk Unik

Gilakoi.com – Apakah anda tahu dengan jenis ikan hiu goblin? dikesempatan kali ini admin akan memberikan artikel mengenai Fakta Hiu Goblin, Punya Moncong Panjang dan Bentuk Unik, bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Jika berbicara soal hewan predator di laut, pasti kita teringat dengan hiu. Kemampuannya dalam memburu mangsa dan bentuk seramnya mampu membuatnya dijuluki king of the ocean, atau raja lautan. Beberapa jenis hiu yang terdapat di dunia ini adalah hiu paus, hiu martil, hiu pasir, hiu makarel, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu spesies hiu makarel yang berhasil mencuri perhatian ialah hiu Goblin, hiu unik bermoncong panjang yang tak berbahaya bagi manusia! Ia pun memiliki kemampuan mendeteksi mangsa dengan listrik.

1. Hiu Goblin memiliki belasan nama ‘panggilan’

Hewan yang memiliki nama spesies Mitsukurina owstoni ini ternyata memiliki julukan yang berbeda-beda di beberapa negara. Hewan ini dijuluki Requin Lutin di Prancis, Mitsukurizame di Jepang, Squalo Goblin di Italia, hingga Squalo Folletto di negara kita, Indonesia! Namun, nama hiu Goblin alias Goblin Shark yang berasal dari Inggris merupakan yang paling populer.

2. Bentuk uniknya membuat hiu Goblin mudah dibedakan dari spesies hiu lainnya

Hiu ini dikenal dengan bentuk moncongnya yang panjang dan pipih. Kepalanya yang panjang dan rahang yang sangat menonjol juga menjadi ciri khas hiu Goblin. Hewan ini memiliki warna merah muda, yang muncul dari pembuluh darah yang nampak dari luar, dan campuran abu-abu.

3. Hiu Goblin juga dijuluki sebagai hiu Alien

Hiu yang tergabung dalam Ordo Lamniformes (Hiu Makarel) ini mendapat julukan sebagai hiu Alien karena bentuk uniknya. Tak hanya moncong, tetapi bentuk tubuhnya pun unik.

Umumnya, Hiu Makarel memiliki tubuh yang berbentuk seperti torpedo, otot-otot kuat, serta sirip dan ekor yang kaku nan keras. Bertekstur lunak, tubuh hiu Goblin rata-rata memiliki panjang 1,6 meter dan rekor hiu Goblin yang terpanjang pernah mencapai 3,8 meter.

4. Hiu ini paling banyak terdapat di Jepang dan Taiwan

Tersebar luas secara global, spesies ini paling banyak terdapat di samudra Atlantik dan Indo-Pasifik. Laut yang memiliki spesies hiu Goblin terbanyak berada di negara Jepang dan Taiwan. Hiu ini dapat hidup hingga kedalaman 1300 meter di bawah permukaan laut.

5. Seperti hiu lainnya, hiu Goblin juga jago mengoyak mangsa dengan giginya

Bagian rahang atas dalam mulut hiu Goblin berisikan 35-53 gigi, sedangkan bagian rahang bawah diisi oleh 31-62 buah gigi. Gigi bagian depan memang tajam dan panjang, tetapi gigi bagian belakang bertekstur rata dan lebih kecil yang berfungsi untuk menghaluskan makanan.

Read More

Kemampuan hiu Goblin dalam memangsa hewan-hewan air di sekitarnya juga dipengaruhi oleh moncong panjang yang dimilikinya. Biasanya, spesies hiu ini memangsa ikan, udang, cumi-cumi, dan gurita.

6. Unik nan cerdas, hiu Goblin mendeteksi mangsanya lewat medan listrik!

Moncong yang terdapat di tubuh hiu Goblin ternyata memiliki banyak pori-pori yang disebut ampullae of Lorenzini. Bukan pori-pori biasa, ampullae of Lorenzini mampu mendeteksi listrik, lho! Hiu Goblin pun memanfaatkannya dengan mendeteksi mangsa yang mendekat dengan medan listrik.

7. Tenang saja, hiu Goblin dipercaya tak berbahaya bagi manusia

Walaupun terkesan menyeramkan, ternyata hiu ini bukan merupakan ancaman bagi manusia, Jarang sekali terdapat kasus manusia yang dibunuh oleh hiu Goblin. Jika hiu ini tertangkap pun, biasanya itu merupakan sebuah ketidaksengajaan saat manusia mencoba menangkap hewan lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.