Ikan Wader Pari : Klasifikasi, Morfologi, Habitat

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan membahas informasi mengenai ikan wader, apakah anda tahu jenis ikan yang satu ini? ikan ini memiliki banyak nama dan namanya berbeda-beda tiap daerah.

Ikan wader pari termasuk famili Cyprinidae yang memiliki ukuran kecil. Di Danau Maninjau ikan jantan memiliki panjang maksimum berkisar 103-108 mm, sedangkan ikan betina memiliki panjang maksimum 127-132 mm (Dina, 2008).

KLASIFIKASI IKAN WADER PARI

Bentuk badan ikan wader pari memanjang dan agak pipih, menurut Anthony dan Maurice (1993). Klasifikasi ian wader pari (Rasbora argyrotaenia) adalah sebagai berikut :

Filum

: Chordata

Sub Filum : Vertebrata
Kelas : Osteichthyes
Sub Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cypriniformes
Famili : Cyprinidae
Genus : Rasbora
Spesies : Rasbora argyrotaenia

Morfologi Ikan Wader Pari

Menurut Diana (2007), Rasbora argyrotaenia memiliki ciri morfologi batang ekor dikelilingi 14 sisik. Variasi bentuk badan dan warna pada spesies ini banyak sekali panjang standar ikan ini dapat mencapai 110 mm dan panjang total 17 cm ikan jantan memiliki tubuh yang lebih langsing. Ukuran ikan rata-rata berkisar dari 7 sampai dengan 20 cm. ikan ini mempunyai batang ekor yang tertutup oleh14 spinna caudalis; dengan ukuran 1 sampai dengan 1,5 cm; sisik antaramedia lateralis dan awal pinna ventralis.

Ciri Ciri Ikan Wader Pari

Menurut Sulistiyo (2013), ikan wader pari memiliki garis warna gelap memanjang berawal dari operculum sampai pangkal sirip ekor dan membatasai bagian dorsal dan ventral ikan. Selain itu pada ikan wader pari betina memiliki tiga buah lubang kelamin, sedangkan ikan wader pari jantan hanya memiliki dua lubang kelamin.

Read More

Habitat Ikan Wader Pari

Menururt Ahmad dan Nofrizal (2011), habitat ikan ini biasanya berada di permukaan sungai, tepi tebing sungai dan di tepi aliran yang memiliki arus, selain itu ikan ini juga biasanya berada di sawah-sawah dan bendungan.

Tingkah Laku Ikan Wader Pari

Menurut Diana (2008), Rasbora argyrotaenia ikan ini bersifat reotaksis positif yakni melawan arus, dan juga termasuk ikan diurnal yakni beraktifitas hanya pada siang hari atau foto taksis positif.

Manfaat Ikan Wader Pari

Ikan wader pari dengan  nama umum (common name) silver rasbora (Rasbora argyrotaenia) merupakan  ikan  dari  genus  Rasbora  yang  terdistribusi  secara  alami  di  negara-negara  Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Filipina) (Aryani, 2015; Kusuma et al., 2017). Spesies ini telah menjadi salah satu komoditas budidaya air tawar yang  memiliki nilai ekonomis tinggi, baik sebagai ikan konsumsi (Herawati et al., 2018) maupun sebagai ikan hias (Al Adawiyah et  al.,  2019). Pemenuhan  terhadap permintaan  ikan wader  pari hingga saat ini masih  banyak  bergantung  pada  tangkapan  alam,  sementara  budidaya  ikan  tersebut  sangat terbatas (Rosadi et al., 2014) sehingga perlu ditingkatkan.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Ikan Wader Pari : Klasifikasi, Morfologi, Habitat, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.