Ikan Lais Kaca : Klasifikasi, Morfologi, Habitat

Gilakoi.com – Apakah anda tahu tentang jenis ikan yang satu ini? Ya ikan lais kaca, Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Menurut Jusmaldi (2016), Jenis ikan bersungut air tawar anggota famili Siluridae umum dikenal dengan nama internasional sheat catfishes, sedangkan di Indonesia dikenal dengan nama ikan lais (Kalimantan) atau ikan silais (Sumatera). Ciri khusus famili ini tidak mempunyai sirip lemak, tidak mempunyai duri pada sirip punggung, dan sirip analnya sangat panjang (Kottelat et al. 1993).

Di dalam ordo Siluriformes, ciri utama pembeda famili Siluridae dengan famili lainnya berdasarkan kepala dan badan yang lebih pipih, tulang punggung bersifat lentur, duri pada sirip dada lemah, beberapa genus tidak memiliki sirip punggung, satu atau dua pasang sungut pada rahang bawah dan rahang atas, sungut pada rahang atas biasanya lebih panjang, sirip anal sangat panjang terdiri dari 41 – 110 jari-jari lunak dan sirip perut kecil atau tidak ada (Diogo 2005, Nelson 2009).

Klasifikasi Ikan Lais Kaca

Klasifikasi ikan Lais menurut Jimmi (2011), sebagai berikut:

Kingdom

: Animalia

Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Sub Kelas : Teleostei
Ordo : Ostariophysi
Sub Ordo : Siluroidea
Famili : Siluridae
Genus : Cryptopterus

Habitat Ikan Lais Kaca

Ikan lais hidup pada ekosistem sungai paparan banjir, hal ini sesuai dengan Suhendra et al. (2013), ikan lais tidak dapat hidup pada semua ekosistem sungai hanya pada sungai paparan banjir. Provinsi Riau mempunyai banyak ekosistem sungai paparan banjir atau floodplain river. Ekosistem sungai paparan banjir ini dipengaruhi oleh fluktuasi curah hujan. Salah satu contoh sungai paparan banjir di Riau adalah Sungai Rokan.

Ikan yang hidup pada ekosistem sungai paparan banjir di sungai ini didominasi oleh kelompok ikan endemik daerah paparan banjir salah satu contohnya adalah ikan lais. Diantara jenis ikan lais tersebut, Kryptopterus minor merupakan ikan paling banyak ditemukan di Sungai Rokan. Ikan lais kaca termasuk kedalam golongan Whitefish yang hidup di perairan sungai utama dan tidak tahan terhadap kondisi perairan yang keruh dan kadar oksigen yang rendah. Ikan lais hidup di sungai yang termasuk tipe sungai berawa banjiran. Daerah penyebaran ikan ini di Indonesia adalah di Sumatera, Kalimantan dan Jawa (Jimmi, 2011).

Read More

Fisiologi Ikan Lais Kaca

Ikan lais kaca termasuk ke dalam ikan karnivora. Ikan karnivora memiliki usus yang panjangnya tidak melebihi panjang tubuhnya. Lambung ikan lais kaca memiliki lambung yang tebal untuk mencerna makanannya.

Morfologi Ikan Lais Kaca

Sirip punggung tereduksi, lebar badan kira-kira 3,5 kali lebih pendek dari panjang standar, sungut-sungut rahang atas mencapai sirip dubur, sungut-sungut rahang bawah lebih pendek daripada panjang kepala, hampir tembus pandang dengan garis warna gelap memanjang.  Ikan ini dapat mencapai panjang total 17 cm. Warnanya transparan seperti kaca, sehingga tulang dan isi perut di dalamnya dapat terlihat dengan jelas (Zanepedia, 2013).

Ciri-ciri Ikan Lais Kaca

Ikan lais kaca memiliki sepasang sungut yang panjangnya lebih pendek daripada panjang kepala. Ikan ini hampir tembus pandang dengan garis warna gelap memanjang. Warna ikan ini transparan seperti kaca, sehingga tulang dan isi perut dapat terlihat dengan jelas (Zanepedia, 2013).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.