Mengenal Ikan Rejung/Kaca Piring : Klasifikasi, Morfologi, Habitat

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan rajung atau ikan kaca piring, apakah anda tahu jenis ikan air laut yang satu ini? memang ikan ini tidak terlalu terkenal dibandingkan ikan konsumsi lainnya namun ini juga dikenal oleh orang-orang yang hobby mancing.

Ikan rejung atau ikan kaca piring (Sillago sihama) tersebar di wilayah perairan mulai dari Afrika, Asia, Australia, dan Indonesia. Ikan ini di Indonesia dijumpai hamper disetiap wilayah mulai dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya. Di Indonesia telah diketahui ada tujuh spesies Sillago yaitu S. sihama, S. macrolepis, S. maculate, S. chondropus, S. nierstrazi, S. burrus, dan S. Aeolus. Namun demikian ikan S. sihama merupakan ikan yang memiliki habitat dan wilayah penyebaran yang sangat luas.

Klasifikasi Ikan Rejung

Fillum

: Chordata

Kelas : Pisces
Subkelas : Teleostei
Ordo : Percomorphi
Subordo : Percoidae
Divisi : Perciformes
Family : Sillaginidae
Genus : Sillago
Spesies : Sillago sihama

Morfologi Dan Ciri-ciri Ikan Rejung/Kaca Piring

Ikan rejung memiliki bentuk badan memanjang agak bulat dan sedikit kompres. Mulutnya kecil dan menyembul. Celah insangnya lebar dengan tutup insang bagian depan bergerigi dibelakang. Pada tutup insang utam terdapat sebuah duri. Sisik ctenoid terdapat pada bagian tubuh, sedangkan pipi dan tutup insang ditemukan sisik sikloid. Linea lateral berada sejajar dengan punggung.

Warna pada bagian kepala dan dada adalah abu-abu keperak-perakan dengan sebuah garis kuning keperakan pada sisi tubuh. Bagian bawah dan perut berwarna putih. Sirip punggung dan sirip ekor berwarna sedikit gelap. Sirip-sirip lainnya bersifat transparan.

Ikan rejung mempunyai moncong berbentuk runcing. Jumlah tapis insnga pada busur pertama bagian bawah adalah 7-9 buah. Jumlah sisik pada garis rusuk adalah 69-73 buah sedangkan sisi transversal diatas garis rusuk 5-6 buah dan dibawahnya 10-12 buah. Sirip punggung pertama berjari-jari keras 10-11 buah sedangkan sirip punggung kedua berjari-jari keras satu dan jari-jari lemah berjumlah 20-23 buah. Sirip dubur berjari-jari lemah 22-24 buah. Ujung belakang ekor berbentuk hampir rata.

Habitat Ikan Rejung/Kaca Piring

Ikan Rejung merupakan spesies ikan pantai yang secara rutin memasuki daerah estuari. Habitat ikan ini biasanya berada di daerah sepanjang pantai, dasar berpasir, laut dan sungai. Pada kedalaman 0-20 m (kadang 60 m) ikan rejung jarang tertangkap oleh thrawl udang. Seperti kebanyakan anggota familinya, ikan rejung dapat mengubur diri di pasir saat bahaya mendekat dan biasanya menghindari seine net dengan menggunakan kebiasaan tersebut. Daerah penyebaran ikan rejung meliputi perairan dangkal seluruh Indonesia, utara Teluk Benggala, Pantai India, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan, Philipina, pantai utara Australia dan timur Afrika.

Manfaat Ikan Rejung/Kaca Piring

Ikan sillaginid mempunyai banyak kelebihan sebagai ikan konsumsi yaitu warnanya putih, dagingnya lembut dan rasanya cukup enak. Ikan ini mempunyai potensi cukup besar untuk budidaya ikan terutama dalam perairan estuary seperti pada perairan kolam payau, yang dapat memberikan keuntungan ekonomi terutama di Asia.

Read More

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Mengenal Ikan Rejung/Kaca Piring : Klasifikasi, Morfologi, Habitat, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.