Jenis Ikan Laut yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Jenis Ikan Laut yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan, Apakah anda tahu salah satu jenis ikan tersebut?

Jenis ikan laut tertentu baik dikonsumsi dan bergizi tinggi. Contoh jenis perairan laut adalah salmon, cakalang, tuna, dan ikan kakap. Ikan laut baik dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil. Ikan laut mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan otak dan jantung.

Asam lemak omega-3 ini bisa ditemukan di setiap jenis ikan, tetapi kandungan tertinggi ada pada ikan berlemak. Contoh jenis ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu ikan salmon, tuna, mackerel, sarden, dan ikan herring.

Ikan laut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko depresi, dan kesehatan mental. Namun, Anda harus berhati-hati jika terlalu banyak konsumsi ikan dalam satu minggu. Idealnya, konsumsi ikan bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk gizi seimbang.

Berikut jenis ikan air laut untuk dikonsumsi dan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Ikan Trout

Secara fisik, ikan trout bentuknya hampir sama dengan ikan salmon. Mengutip dari sehatq.com, 100 gram ikan trout mengandung 19,94 gram protein dan 4,3 microgram vitamin B12. Ikan trout baik dikonsumsi karena rendah merkuri.

2. Cakalang

Ikan Cakalang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Habitat ikan ini berada di Samudra Hindia, Pasifik, dan Samudra Atlantik. Ikan cakalang mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Manfaat konsumsi ikan cakalang yaitu mengurangi resiko demensia dan menurunkan kadar gula darah.

3. Ikan Bawal

Air Laut Ikan bawal dibedakan menjadi ikan bawal air tawar dan air laut. Bentuk ikan bawal air laut pipih dan memiliki sirip dada di belakang insang. Ikan bawal kaya nutrisi seperti mineral, kalsium, vitamin, omega-3, dan fosfor. Ikan bawal mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan ini bisa mencegah kolesterol, menyehatkan jantung, dan menjaga tekanan darah.

4. Ikan Kakap

Ikan kakap merah dan kakap putih biasanya disajikan dalam restoran dan rumah makan. Ikan ini memiliki besar dan dagingnya banyak. Ikan kakap mengandung lemak tidak jenuh salah satunya asam lemak omega-3. Selain itu ikan kakap mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, seng, dan zat besi. Ada juga vitamin yang memenuhi gizi tubuh.

Read More

5. Sarden Ikan sarden

umumnya dijadikan makanan kaleng atau dalam kemasan. Menurut para ahli, nutrisi dalam tubuh ikan sarden yaitu kalsium, zat besi, protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12.

Ikan sarden baik dikonsumsi untuk menjaga fungsi otak dan memperbaiki suasana hati. Konsumsi ikan ini bisa mencegah kecemasan, depresi, dan kesehatan mental. Selain itu, ikan sarden mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan dan kepadatan tulang.

6. Salmon

Salmon (Oncorhynchus nerka) memiliki daging yang berwarna oranye atau merah tua. Ikan salmon memiliki asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3. Ada beragam manfaat ikan salmon yang baik untuk mencegah peradangan, mengatur pembekuan darah, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Tuna

Nutrisi dalam ikan tuna adalah vitamin B3, niacin, protein, fosfor, vitamin D, kalium, dan yodium. Di Indonesia ikan tuna banyak dikonsumsi dan dijual dipasaran. Ikan berukuran besar ini di Jepang diolah menjadi makanan khas Jepang sushi dan sashimi. Ikan tuna dibagi menjadi beberapa jenis yaitu ikan tuna Albakora, ikan tuna Sirip Kuning, ikan tuna Sirip Hitam, ikan tuna Sirip Biru Selatan, ikan tuna mata besar, ikan tongkol, dan cakalang.

8. Ikan Teri

Ikan teri termasuk ikan berukuran kecil untuk dimasak menjadi sayur, tumis, hingga keripik. Meski berukuran kecil, ikan teri baik untuk dikonsumsi anak-anak dan menjaga kesehatan jantung.

Ikan teri tidak mengandung gula dan karbohidrat sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, ikan teri mengandung omega-3 yang baik untuk menjaga pertumbuhan otak pada anak-anak.

Sebenarnya masih banyak lagi Jenis Ikan Laut yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan, namun itulah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.