Mengenal Ikan Bawal, Ciri, Klasifikasi, Dan Manfaatnya

Gilakoi.comAnda tentunya thu dengan jenis ikan yang satu ini, Ya ikan bawal, ikan ini merupakan salah satu ikan paling populer di indonesia. Ikan bawal adalah sejenis ikan dari keluarga Bramidae. Ikan ini berasal dari Hawaii dan sejumlah daerah di Indonesia. Ikan bawal hidup berkoloni dan termasuk jenis ikan predator.

Wilayah persebaran

Setiap jenis hewan yang ada di sekitar kita itu tentu saja mempunyai wilayah persebaran yang berbeda-beda. Demikian juga di sini pada ikan bawal itu juga mempunyai wilayah persebaran tertentu pula.

Adapun di sini ikan bawal itu awal mulanya berasal dari Negara Brazil. Namun tak hanya di Brazil saja tapi juga tersebar luas juga di Amerika, Asia. Adapun wilayah Asia itu sendiri termasuknya adalah di negara Indonesia.

Sedangkan untuk di wilayah Indonesia itu sendiri bisa ditemukan dengan mudah di beberapa tempat seperti halnya adalah Laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, hingga utara, yakni teluk Bengal.

Klasifikasi ikan bawal

Pada masing-masing jenis hewan itu mempunyai klasifikasi yang berbeda-beda. Termasuk juga di sini pada ikan bawal juga mempunyai klasifikasi yang khas seperti hewan lain pada umumnya.

Adapun klasifikasi ikan bawal adalah termasuk jenis ikan dalam kerajaan animalia, lalu di sini masuk kelas Actinopterygii. Berikutnya untuk kelompok ordo perciformes. Lalu untuk sub ordo percodei. Selanjutnya pada superfamili adalah percoidea. Dan yang terakhir masuk dalam famili bramidae.

Ciri – ciri

Setiap jenis hewan yang ada di sekitar kita itu tentu saja mempunyai ciri – ciri yang khas dan unik yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya. Begitu pula di sini pada ikan bawal juga terdapat ciri khas yang unik dan berbeda dengan hewan lain. Adapun itu seperti halnya ikan bawal itu cenderung mempunyai warna tubuh yang gelap, ketika berenang ikan bawal cenderung berenang secara berkelompok.

Menurut warnanya ada beberapa jenis ikan bawal putih dan hitam merah. Di mana pada ikan bawal putih banyak ditemukan di air laut. Sedangkan untuk ikan bawal merah banyak ditemukan di sungai Amazon dan juga terdapat di Indonesia.

Lalu untuk membedakan jenis kelamin yaotu bawal betina itu cenderung mempunyai tubuh yang gemuk. Sedangkan untuk bawal jantan itu mempunyai bentuk tubuh yang cenderung ramping dan pada bagian perut mempunyai warna merah yang cenderung mencolok.

Read More

Selanjutnya ketika begerak pada bawal betina cenderung agak lambat karena perut yang besar. Sedangkan untuk bawal jantan ketika bergerak itu cenderung gesit. Hal itu dikarenakan bawal jantan mempunyai bentuk tubuh yang cenderung ramping.

Manfaat Ikan Bawal

  • Membantu memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh
  • Mencegah terjadinya penyakit stroke
  • Membantu mencerdaskan otak pada anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya
  • Berguna untuk mencegah terjadinya penyakit
  • Membantu proses peremajaan pada tubuh kita
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjadinya anemia
  • Membantu menurunkan berat bedan
  • Mencegah terjadi depresi
  • Mencegah resiko terjadinya kanker

Demikianlah Informasi mengenai Ikan Bawal, Ciri, Klasifikasi, Dan Manfaatnya, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.