Mengenal Ikan Mas, Habitat, Ciri dan Karakteristik

Gilakoi.com – Anda tentunya tahu dengan jenis ikan air tawar yang satu ini, ya ikan mas, jenis ikan ini sangat populer di masyarakat indonesia. disamping harganya murah ikan ini memiliki rasa yang lezat. maka tidaklah heran banyak yang membudidayakan ikan tersebut.

Meski populer di Indonesia, ternyata ikan mas yang hidup disekitar kita umumnya berasal dari Cina, Taiwan, Jepang, dan Eropa. Sampai saat ini, ada lebih dari sepuluh jenis ikan mas yang telah teridentifikasi berdasarkan morfologi atau ciri fisiknya. Di beberapa daerah di Indonesia, ikan ini memiliki julukan yang berbeda-beda, mulai dari ikan tombro, ikan raja, ikan tikeu, ikan kacra, dan ikan rayo.

Taksonomi

Ikan dalam bahasa Spanyol disebut Carpa dan bahasa Inggris disebut Carp ini secara ilmiah diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cypriniformes
Famili Cyprinidae
Genus Cyprinus
Spesies C. carpio
Nama binomial Cyprinus carpio

Habitat Ikan Mas

Umumnya, ikan mas liar hidup di sungai, kubangan, atau di perairan dangkal terbatas, seperti waduk dan danau. Ikan mas lebih banyak menghabiskan waktunya berenang di bawah air, namun sesekali mengarah ke permukaan saat mencari makan.

Ikan mas sangat suka hidup di daerah perairan yang kedalamannya mencapai 1 meter dengan aliran air cenderung pelan. Tak hanya itu, ikan ini juga sangat menyukai daerah perairan yang subur karena di tempat seperti ini makanan alami sangat melimpah.

Ciri dan Karakteristik

Ikan mas hidup ideal di tempat dengan ketinggian antara 150 hingga 160 mdpl. Ikan mas bersifat thermofil, yaitu mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungannya. Menariknya, meski tergolong jenis ikan air tawar, tapi ikan ini mampu hidup di perairan yang mengandung kadar garam dan salinitas mencapai 25% sampai 30%.

Berdasarkan cara memangsanya, ikan mas termasuk golongan ikan pengisap atau sucker karena mengambil makanan dengan cara mengisap tanpa memilih. Ikan mas adalah jenis ikan omnivora yang sangat menyukai tanaman air.

Bahkan, terkadang ikan ini memangsa ikan-ikan lain yang berukuran lebih kecil. Selain itu, ikan mas juga menyukai moluska, annelida, krustasea, telur ikan, dan makroinvertebrata lainnya.

Budidaya Ikan Mas

Memelihara ikan mas dalam skala besar merupakan peluang bisnis menguntungkan. Hal tersebut ditunjang dengan permintaan pasar yang terus ada dan berkelanjutan. Jenis ikan mas yang banyak dibudidayakan antara lain jenis punten, sinyonya atau putri yogya, taiwan, merah, majalaya, yamato da jenis lokal.

Read More

Melalui budidaya ikan mas, kita dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut :

  • Pakan Murah – Ikan mas adalah ikan omnivora sehingga dalam hal budidaya tidak sulit untuk mencari pakan. Tidak seperti budidaya ikan lain yang harus memberi makan dengan pelet, ikan ini dapat diberi makan sayuran afkir dan tumbuhan sekitar.
  • Pangsa Pasar – Ikan mas dapat diolah menjadi berbagai macam menu, seperti pepes, ikan bakar, ikan goreng dan sebagainya. Selain itu, ikan mas non konsumsi atau ikan mas hias juga bisa dibudidayakan untuk memenuhi permintaan pasar ikan hias. Contohnya adalah ikan mas koi, mas koki, kumpay dan sebagainya.
  • Budidaya Mudah – Kemampuan adaptasi ikan ini sangat baik sehingga mampu hidup di berbagai macam lingkungan. Masa panennya pun tergolong singat, yaitu perlu waktu 6 hingga 8 bulan.

Itulah informasi mengenai Ikan Mas, Habitat, Ciri dan Karakteristiknya, informasi tersebut kami ambil dari berbagai sumber, senoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.