Mengenal Ikan Lele Habitat dan Manfaatnya

Gilakoi.com – Sebelumnya admin sudah membahas informasi mengenai ikan mujair secara lengkap dengan habitat, ciri dan manfaat ikan mujair, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas ikan lelenlengkap dengan habitat dan manfaatnya.

Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan air tawar yang satu ini, ya ikan lele, ikan ini merupakan salah satu ikan paling digemari oleh masyarakat indonesia, selain rasanya yang ;ezat harganyapun sangat terjangkau. dengan demikian tidaklah heran banyak yang membudidayakan ikan yang satu ini.

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar dengan nilai ekonomis. Oleh sebab itu, lele banyak dibudidayakan dan menghasilkan keuntungan.

Ikan dengan nama latin Clarias ini adalah ikan nokturnal atau aktif mencari makan saat malam hari. Selain itu, lele juga memiliki beberapa kelebihan lain, mulai dari kemampuan tumbuh dengan sangat cepat, kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan buruk, bergizi tinggi, dan rasa dagingnya sangat lezat setelah diolah.

Keunikan lain yang dimiliki ikan lele adalah insang tambahan yang digunakan untuk mengambil oksigen saat bernapas di luar air. Inilah yang menjadi alasan mengapa ikan lele mampu bertahan hidup di lingkungan perairan dengan kadar oksigen rendah.

Taksonomi

Ikan yang dilengkapi dengan patil ini diklasifikasikan secara ilmiah sebagai berikut:

Kingdom Animalia
Sub kingdom Metazoa
Filum Chordata
Sub filum Vertebrata
Kelas Pisces
Sub kelas Teleostei
Ordo Ostariophysi
Sub ordo Siluroidea
Famili Clariidae
Genus Clarias
Spesies Clarias garie pinus

Habitat

Secara umum, lele tidak dapat hidup di air payau dan air asin, sehingga tidak bisa dijumpai pada perairan tersebut. Akan tetapi ada satu jenis ikan yang disebut lele laut yang berasal dari marga dan suku berbeda (Ariidae) yang bisa hidup di perairan bersalinitas tinggi.

Habitat lele d alam liar adalah sungai dengan arus pelan, rawam telaga, waduk, dan persawahan. Selain itu, ikan ini juga punya daya adaptasi tinggi sehingga bisa hidup saluran got dan pembuangan.

Read More

Manfaat Ikan Lele

Para ahli gizi menyatakan bahwa mengonsumsi ikan lele ternyata sangat baik untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Sebab, terdapat kandungan gizi dan nutrisi cukup tinggi serta beragam yang bisa diperoleh dari ikan lele.

Manfaat Ikan Lele

1. Rendah Lemak dan Kalori

Bagi yang sedang menjalani diet, ikan lele adalah salah satu jenis bahan pangan yang paling tepat untuk dikonsumsi. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang rendah kalori.

Namun kita tidak bisa sembarangan ketika ingin mengonsumsinya, sebab jika mengonsumsi lele secara berlebihan justru akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

2. Sumber Protein Lengkap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan lele mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah protein yang berguna untuk menjaga stamina dan kesehatan.

Protein dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan asam amino. Tak hanya itu, kandungan protein berkualitas tinggi dari lele juga memudahkan tubuh dalam membangun massa otot tanpa lemak.

3. Sumber Vitamin B12

Selain dikenal sebagai sumber protein, ikan lele juga kaya akan vitamin B12. Dalam satu ekor lele, terdapat sekitar 40% kadar vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh di setiap harinya. Oleh sebab itu, ikan lele sangat baik dikonsumsi dan mampu menambah cadangan energi tubuh.

4. Mengandung Asam Lemak Sehat

Ikan lele mengandung asam lemak sehat yang baik untuk jantung. Dengan kata lain, jika kita mengonsumsi lele secara baik dan benar, maka akan meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung, lele juga terbukti mampu meningkatkan fungsi kognitif otak.

Demikianlah informasi mengenai Ikan Lele Habitat dan Manfaatnya yang dapat admin sampaikan, amda juga dapat membaca informasi lainnya di situs gilakoi.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.