Jenis Ikan Air Tawar di Indonesia Yang Sering Dikonsumsi

Gilakoi.com РDikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi  di indonesia, kebanyakan orang pastinya tahu dengan jenis-jenis ikan konsumsi yang akan admin sampaikan namun pastinya ada juga yang belum mengetahui. nah bagi anda yang ingin mengetahui informasi tersebut silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Salah satu sumber protein terbaik yaitu ikan. Meski ikan laut lebih terkenal karena kekayaan gizinya, bukan berati ikan air tawar kalah populer, Harga yang lebih ekonomis dan gizi yang tak kalah unggul membuat ikan air tawar selalu digemari banyak orang. maka dari nitu silahkan simak informasi mengenai jenis ikan air tawar di indonesia yang sering dikonsumsi berikut ini :

Jenis Ikan Air Tawar di Indonesia Yang Sering Dikonsumsi

1. Ikan Mujair

Bentuk ikan mujair terlihat sederhana, pipih, hitam keabu-abuan, dengan panjang maksimum 40 cm. Namun, daging ikan mujair sangat gurih untuk dimasak. Durinya juga tidak terlalu banyak.

Ikan air tawar ini terkenal dengan gizinya, terutama karena kaya fosfor. Cara mengolah ikan mujair cukup mudah bisa hanya digoreng kering dimakan bersama sambal terasi, atau dipesmol bumbu kuning yang akan menambah selera makan anda.

2. Ikan Lele

Bertubuh licin dan panjang yang semakin mengecil ke arah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Meski ukurannya termasuk kecil, lele disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut. Harganya juga relatif murah dibanding ikan air tawar lainnya. Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.

3. Ikan Gurame

Salah satu ikan paling populer di Indonesia adalah gurame. Harga ikan gurame cenderung lebih mahal dan ikan air tawar jenis ini biasanya banyak disajikan di restoran. Namun harga yang dipatok sesuai dengan ukurannya yang besar dan dapat dinikmati beramai-ramai hingga 4-6 orang.

Ciri fisik ikan gurame adalah bentuknya yang pipih melebar, sisik yang besar dan rapat, serta berwarna cokelat muda. Ikan gurame memiliki daging sangat padat. Durinya berukuran besar dan hanya terdapat di tengah badannya, sehingga mudah untuk memilahnya.

Salah satu resep paling populer untuk ikan ini adalah gurame asam manis, yang lengkap dengan potongan nanas dan saus tomatnya yang berlimpah. Nikmatnya tiada dua, apalagi dinikmati bersama-sama keluarga ataupun kerabat.

4. Ikan Mas

Ikan mas ini ada yang dikategorikan sebagai ikan hias dan ada pula yang dikonsumsi. Bentuknya tegak pipih, bersisik normal, dan sirip memanjang. Tekstur ikan mas yang lembut membuat ikan air tawar yang satu ini cocok diolah menjadi pepes ikan mas atau gulai kepala ikan mas.

Read More

Tapi hati-hati ketika mengkonsumsi ikan ini. Meskipun gurih dan lezat, namun harus teliti dalam memisahkan duri-durinya yang sangat halus, dan berjumlah banyak hingga ke dalam lapisan dagingnya.

5. Ikan Patin

Patin merupakan sekelompok ikan berkumis dan masih satu keluarga dengan ikan lele. Tekstur luar badannya juga hampir mirip yakni basah dan berlendir, daginya juga lembut seperti lele.

Lemak tak jenuh yang terdapat pada patin mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin. Selain itu, ikan patin juga mengandung DHA dan Omega 3 yang tinggi. Jadi, sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan orang tua.

Ikan patin biasanya diolah menjadi sup ikan yang lezat dan sangat bermanfaat bagi anak-anak balita atau jika anda ingin sensasi yang lebih, dapat mengolahnya menjadi gulai ikan patin.

6. Ikan Bawal

Ikan Bawal memiliki warna campuran antara hitam dan oranye, yang membuat ikan berbentuk pipih dan lebar ini nampak berbeda dari ikan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau.

9. Ikan Gabus

Ikan gabus biasa hidup di sungai, rawa dan danau dengan bentuk tubuh yang lumayan besar dan memiliki kepala hampir mirip seperti ular, serta warna tubuh hitam keabuan dipenuhi dengan bercak putih.

Berbeda dengan ikan lainnya, ikan gabus mampu bernafas langsung di udara, makanya jangan heran jika menemukan ia di daratan dan masih bertahan hidup.

Ikan gabus biasanya akan diawetkan dengan cara diasinkan dan dikeringkan. Ikan asin gabus ini sangat nikmat karena berdaging tebal, oleh sebab itu harganya pun cukup mahal.

Sebenarnya masih banyak lagi ikan air tawar yang sering dikonsumsi, namun itulah yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.