Mengenal Ikan Tenggiri Secara Lengkap

Gilakoi.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan yang satu ini, ya ikan tenggiri, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan paling populer dikalangan masyarakat indonesia, karena memiliki citarasa yang enak dan lezat.

Ikan tenggiri merupakan ikan pelagis dan merupakan salah satu ikan bernilai ekonomis tinggi di Indonesia bahkan dunia karena kandungan lemaknya yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan. Tenggiri merupakan ikan karnivora dan predator serta merupakan ikan perenang yang cepat. Ikan tenggiri merupakan ikan pelagis besar yang merupakan karnivora yang memakan ikan kecil.

Ikan tenggiri banyak ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis, namun sebagian besar ditemukan di sepanjang pantai atau laut lepas. Sementara di Indonesia sendiri, ikan ini paling banyak ditemukan di kawasan Gorontalo.

Taksonomi

Ikan tenggiri dibagi menjadi dua jenis berbeda, yaitu tenggiri berdaging merah dan tenggiri berdaging putih. Menariknya, jenis ikan ini kaya lemak, vitamin, dan glikogen yang bermanfaat sebagai sumber energi cadangan bagi tubuh.

Klasifikasi Ikan Tenggiri

Kingdom

Animalia

Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Percomorphi
Sub ordo : Scombridea
Famili : Scombridae
Sub famili : Scombrinae
Genus : Scomberomorus
Spesies : Scomberomorus commerson

Karakteristik

Ikan tenggiri merupakan ikan dengan sifat rakus saat makan dan lebih suka menyendiri daripada hidup bergerombol dengan kawanannya. Makanan favorit ikan ini adalah ikan-ikan kecil, seperti anchovy atau ikan haring karena tenggiri masuk dalam golongan hewan karnivora. Selain itu, tenggiri juga sangat suka memakan hewan-hewan kecil lain, seperti udang dan cumi-cumi.

Sebagai ikan pemburu yang handal, tenggiri tak pernah melepaskan pandangannya dari ikan-ikan kecil yang menjadi santapan utamanya. Ikan-ikan kecil semacam selar, ikan kembung dan como biasanya hidup di daerah berkarang dan dangkal.

Habitat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tenggiri adalah jenis ikan yang sangat menyukai kawasan laut dangkal. Bagian-bagian perairan tempat bertumbuhnya karang adalah habitat paling cocok bagi ikan tenggiri. Selain itu, perairan dengan salinitas rendah dan kekeruhan tinggi pun sangat disukai oleh ikan ini.

Read More

Ikan tenggiri mampu menetap di suatu habitat meski terkadang bermigrasi ke tempat yang cukup jauh. Pola migrasinya pun terbilang khas karena dipengaruhi oleh temperatur air laut dan musim bertelur.

Manfaat Ikan Tenggiri

Kandungan gizi yang dimiliki tenggiri hampir sama dengan ikan tuna dan salmon, misalnya omega 3 dan vitamin B12. Komposisi nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan, terutama ibu hamil.

Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi tenggiri, antara lain:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol tinggi adalah ancaman risiko kesehatan yang biasanya mengenai orang-orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging dan tidak diimbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat.

Agar kita terhindar dari kolesterol jahat, maka beralihlah dengan mengonsumsi ikan-ikanan seperti tenggiri. Sebab, ikan dari perairan asin dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Gizi yang terkandung dalam ikan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Selain itu, mengonsumsi tenggiri secara rutin juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Manfaat tersebut diperoleh karena kandungan omega 3 yang dimilikinya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin sebagain besar dari kita tahu jika sumber vitamin A berasal dari sayur dan buah-buahan. Namun faktanya, tenggiri juga mengandung vitamin A yang sangat bagi untuk menjaga kesehatan mata.

4. Mampu Menghilangkan Ketombe

Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan, ikan ini juga bias dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya ialah dengan menghaluskan daging tenggiri kemudian mencampurnya dengan lidah buaya, serta aduk hingga rata. Gunakanlah campuran tersebut dengan mengoleskannya secara rata, tunggu selama 30 menit, kemudian bersihkan.

5. Kaya Vitamin

Selain vitamin A yang dikandungnya, ikan tenggiri juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin B1, serta protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai Ikan Tenggiri Secara Lengkap, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment