Mengenal Ikan Makarel Secara Lengkap

Gilakoi.com – Dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan makarel, apakah anda tahu tentang jenis ikan air laut yang satu ini? Ikan makarel yang dalam bahasa inggris disebut dengan istilah mackerel adalah golongan ikan laut yang terdiri dari beberapa marga anggota familia scombridae. Pada umumnya mungkin nama ikan ini terdengar cukup asing oleh masyarakat Indonesia.

Makarel sendiri termasuk ikan pelagis yang biasa hidup jauh di laut lepas, walaupun beberapa dari arti spesiesnya bisa ditemukan pada perairan teluk yang tak jauh dari pantai. Uniknya lagi sebagian jenis ikan makarel ini juga mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 1.000 meter.

Ikan yang asli dari laut ini mempunyai beberpa jenis yang ukurannya lebih besar salah satunya yaitu makerel sirip biru atau bluefin mackerel. Jenis ikan ini biasanya dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Sehingga dengan kemampuannya ini bisa membuat kehidupan ikan lebih mudah karena mereka bisa bertahan lebih lama pada air yang suhunya lebih dingin.

Klasifikasi Ikan Makarel

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Subfilum Vertebrata
Kelas Osteichthyes
Family Scombridae
Genus Scomber
Spesies Scomber scombrus

Ciri Morfologi Ikan Makarel

Ikan makarel memiliki ciri atau karaktristik morfologi di bagian tubuhnya yang dijelaskan sebagai berikut ini :

Fisik

Ikan makarel memiliki ciri fisik yang ada corak garis-garis vertikal di bagian punggung dan ekornya. Selain itu ikan ini juga mempunyai ukuran yang kecil dan ramping.

Sisik

Ikan makarel juga memiliki ciri morfologi pada bagian sisiknya. Sisik ikan ini memiliki ukuran yang kecil-kecil. Kemudian ikan ini juga termasuk perenang handal dan mampu merampingkan diri dengan sirip mereka yang akan menekuk ke dalam tubuh mereka.

Manfaat Ikan Makarel

Ikan makarel ternyata mempunyai beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari ikan makarel yang dideskripsikan sebagai berikut :

Read More

Membantu Mengurangi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan kondisi pada saat dalam tubuh memiliki kandungan lemak yang cukup menumpuk dan bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Salah satu cara untuk mengurangi atau mencegah kadar kolestrol tinggi yaitu dengan car mengonsumsi ikan makarel. Ikan ini dipercaya bisa membuat kadar kolestrol pada tubuh lebih rendah dan membuat tubuh semakin sehat.

Meningkatkan Kesehatan Otak Janin

Ikan makarel juga sangat baik untuk perkembangan kesehatan otak pada janin ibu hamil. Sehingga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk bisa mengonsumsi ikan makarel ini agar calon bayi yang akan dilahirkan memiliki kecerdasan yang lebih baik serta tubuhnya sudah memiliki asupan gizi yang baik.

Membantu Mengatasi Stres dan Depresi

Rasa stress dan deprsi yang dialami oleh seseorang pasti karena ada pengaruh atau penyebabnya, baik dari pekerjaan yang tak kunjung selesai, permsalahan cinta, perekonomian dan lain sebagainya. Untuk menghindari rasa stress maupun depresi ini tubuh harus memiliki rasa mood yang baik, dan modd baik biasanya sangat berhubungan dengan makanan.

Apabila seseorang bisa mengonsumsi makanan yang lezat maka secara tidak langsung mood pada orang tersebut akan lebih baik dan rasa stress bisa berkirang. Salah satu makanan yang lezat dan memiki kandungan asam lemak omega 3 ini yaitu ikan makarel.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak stabil biasanya akan berpengaruh pada tubuh yang lebih sering merasakan pusing dan mudah lelah. Untuk membantu menurunkan tekanan darah agar selalu stabil maka cara yang dilaukan yaitu bisa mengonsumsi ikan makarel yang sangat dipercaya bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat lain dari ikan makarel yaitu bisa menjaga bahkan meningkatkan kesehatan tulang pada tubuh. Manfaat ini bisa dirasakan tubuh, karena ikan makarel memiliki sumber vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses metabolisme kalsium serta fosfor.

Membantu Program Penurunan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka ikan makarel ini bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet anda. Ikan yang mengandung protein dan lemak ini bisa menurunkan kadar ghrelin atau hormon alami yang merangsang rasa lapar.

Sehingga pada saat anda mengonsumsi ikan makarel ini anda akan merasa lebih kenyang dan tidak mudah merasakan lapar dalam jangka waktu yang dekat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan makarel juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai kandungan selenium yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu selenium juga sangat baik untuk melawan zat kimia berbahaya, virus, kuman, maupun bakteri lainnya.

Demikianlah informasi mengenai Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat dari ikan makarel, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.