Mengenal Ikan Baronang Secara Lengkap

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai ikan makarel yang dibahas secara lengkap. dan dikesempatan ini juga admin akan membahas ikan baronang. siapa yang tidak tahu jenis ikan air laut yang satu ini. ikan bareonang merupakan salah satu ikan paling populer karena memiliki citarasa yang enak dan dagingnnya yang lumayan tebal.

Ikan baronang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki warna yang menarik dan juga indah, ikan ini juga dikenal oleh banyak masyarakat dengan nama – nama yang berbeda diantaranya seperti Kea-kea, biawas, dan Samadar tergantung dengan wilayah masing – masing.

Klasifikasi Ikan Baronang

Kingdom  Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo : Perciformes
Famili : Siganidae
Genus Siganus
Spesies Siganus canaliculatus

Morfologi Ikan Baronang

Ikan baronang dapat dikenal dengan mudah karena bentuknya yang khas, yaitu kepalanya berbentuk seperti kelinci, sehingga ikan ini disebut juga rabbitfish. Ikan baronang berukuran kecil sampai sedang, mendiami perairan panas Indo Pasifik (kusumah, 1985).Jari-jari sirip pada sirip punggung, anal dan perut mempunyai kelenjar-kelenjar racun. Ikan baronang termasuk famili Siganidae dengan tanda-tanda khusus diantaranya, bentuk tubuh oval sampai lonjong, pipih, tinggi sampai ramping.

Reproduksi Ikan Baronang

Ikan baronag akan melakukan reproduksi bila ikan baronang jantan mencapai ukuran 11-14 cm dan betina 13-21 cm. Dalam pemijahan ikan baronang ini sebaiknya dilakukan pada bulan Januari hingga April dan sampai pada puncaknya pada bulan Febuari sampai Maret serta pada musim kedua pada bulan Juli hingga Oktober.

Kebiasaan makan ikan baronang

Menurut penelitian Lam, 1974 mengatakan bahwa ikan yang termasuk signidae merupakan ikan herbivora. Ikan baronang akan melakukan penyesuaian dengan morfologi mulai dari gigi dan saluran pencernaannya yaitu mulut berukuran kecil, dinding lambung tebal, usus halus panjang danmempunyai permukaan yang luas. Sehingga ikan ini termasuk pemakan tumbuh – tumbuhan

Habitat Ikan Baronang

Salah satu ekosistem yang mempunyai produktivitas tinggi adalah terumbu karang. Terumbu karang merupakan ekosistem yang khas di daerah tropis dan sering digunakan untuk menentukan batas lingkungan perairan tropis dengan sub-tropis maupun kutub. Ekosistem terumbu karang mempunyai sifat yang sangat menonjol yaitu mempunyai produktivitas dan keanekaragaman jenis biota yang tinggi. Besarnya produktivitas yang dimiliki terumbu karang disebabkan adanya 12 pendaur ulang zat-zat hara melewati proses hayati secara efisien. Ekosistem terumbu karang ditandai dengan perairan yang hangat dan jernih, produktif dan kaya kalsium karbonat (CaCO3) (Sewajo et al, 1981).

Kandungan didalam ikan baronang

Ikan baronang yang baik untuk di konsumsi ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk bidang kesehatan. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daging ikan baronang yaitu :

  • Protein yang bermanfaat untuk membantu menutrisi otot dalam tubuh dan meregenerasi sel – sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru.
  • Lemak yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dengan jumlah takaran 0.93 %.
  • Karbohidrat didalam ikan baronang berjumlah 4,33 % sebagai sumber energi bagi tubuh.
  • Vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin B12 untuk menutrisi tubuh dari dalam.

Itulah informasi mengenai Ikan Baronang Secara yang kami bahas secara lengkap, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam dunia perikanan.

Read More

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.