Mengenal Ikan Kakap Merah, Klasifikasi, Habitat dan Manfaatnya

Gilakoi.com – Ikan kakap, siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan air laut yang satu ini. ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air laut yang populer karena memiliki citarasa yang enak dan lezat. maka dari itulah ikan ini di bandrol dengan harga yang lumayan mahal. ada banyak jenis ikan kakap namunyang akan admin bahas disini adalah kakap merah.

Ikan Kakap merah merupakan spesies ikan kakap yang ditemukan di Indonesia. Ikan ini ditemukan terutama di Samudra Hindia Timur dan hanya diketahui dari beberapa spesimen yang dikumpulkan di Indonesia (dekat Sumatra dan Sulawesi) serta sebelah barat Teluk Kuri, Australia Barat. Ikan dewasa menghuni daerah karang yang lebih dalam. Mereka hidup secara soliter atau dalam kelompok kecil.

Klasifikasi Ikan Kakap Merah

Kingdom

Animalia

Filum : Chordata
Sub filum : Vertebrata
Kelas : Pisces
Sub Kelas : Teleostei
Ordo : Percomorphi
Sub Ordo : Perciodea
Famili : Lutjanidae
Genus : Lutjanus
Spesies : Lutjanus argentimaculatus

Morfologi dan Ciri-ciri Ikan Kakap Merah

Menurut Saanin (1984), ikan kakap merah memiliki tubuh yang memanjang dan melebar, gepeng atau lonjong, kepala cembung atau sedikit cekung. Jenis ikan ini umumnya bermulut lebar dan agak menjorok ke muka, gigi konikel pada taring-taringnya tersusun dalam satu atau dua baris dengan serangkaian gigi caninnya yang berada pada bagian depan.

Bagian bawah pra penutup insang bergerigi dengan ujung berbentuk tonjolan yang tajam. sirip punggung berjari-jari keras 11 dan lemah 14, sirip dubur berjari-jari keras 3 lemah 8-9. Sirip punggung umumnya berkesinambungan dan berlekuk pada bagian antara yang berduri keras dan bagian yang berduri lunak. Batas belakang ekornya agak cekung dengan kedua ujung sedikit tumpul.

Warna sangat bervariasi, mulai dari yang kemerahan, kekuningan, kelabu hingga kecoklatan. Ada yang mempunyai garis-garis berwarna gelap dan terkadang dijumpai adanya bercak kehitaman pada sisi tubuh sebelah atas tepat di bawah awal sirip punggung berjari lunak. Pada umumnya berukuran panjang antara 25 – 50 cm, walaupun tidak jarang mencapai 90 cm (Gunarso, 1995).

Habitat Ikan Kakap Merah

Menurut Saanin (1984), ikan kakap merah umumnya menghuni daerah perairan karang ke daerah pasang surut di muara, bahkan beberapa spesies cenderung menembus sampai ke perairan tawar. Jenis kakap merah berukuran besar umumnya membentuk gerombolan yang tidak begitu besar dan beruaya ke dasar perairan menempati bagian yang lebih dalam daripada jenis yang berukuran kecil. Selain itu biasanya kakap merah tertangkap pada kedalaman dasar antara 40–50 meter dengan substrat sedikit karang dan salinitas 30–33 ppt serta suhu antara 5-32ºC

Manfaat Ikan Kakap merah

1. Merawat kesehatan mata
Ikan kakap merah dikenal sebagai jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin yang paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya. Salah satunya ialah kandungan vitamin A yang memiliki manfaat untuk merawat kesehatan mata.

Read More

2. Menjaga kesehatan tulang
Ikan kakap merah memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos. Selain dapat menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium pada ikan kakap merah juga dapat mencegah terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

3. Merawat kesehatan gigi
Selain untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium yang terdapat pada ikan kakap merah memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Kalsium berfungsi untuk merawat kesehatan gigi dan mencegah gigi agar tidak berlubang.

4. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini disebabkan oleh radikal bebas yang terdapat pada tubuh. Ikan kakap merah memiliki kandungan selenium yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Selenium berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

5. Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi ikan kakap merah secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Ikan kakap memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan kakap merah dapat mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah ke jantung sehingga kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Ikan Kakap Merah, Klasifikasi, Habitat dan Manfaatnya, semoga informasi yang admin sajikan diatas bermanfaat untuk anda para pengunjung situs gilakoi.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.