Mengenal Ikan Toman, Ikan Predator Asli Indonesia

Gilakoi.com – Ikan toman, ya dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan toman, ikan predator asli yang hidup di perairan indonesia. ikan ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang populer di kalangan masyarakat, karena ikan ini memiliki cita rasa yang enak dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Nama latin ikan toman adalah Channa Micropeltes yang masih satu keluarga dengan ikan gabus atau Channidae. Ikan ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Red Snakehead. Berikut sekilas info tentang ikan Gabus Toman.

Klasifikasi Ikan Toman

  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Famili : Channidae
  • Genus : Channa
  • Spesies : C. Micropeltes

Morfologi Ikan Toman

Ikan gabus Toman ini memiliki nenek moyang yang berasal dari Bukit Toman yang berada di hulu Sungai Musi Sumatera Selatan. Ikan ini memiliki ciri kepala yang besar serta dengan mulut yang besar dilengkapi dengan gigi runcing yang tajam.

Ikan ini diketahui memiliki bentuk tubuh yang bulat panjang seperti bentuk torpedo dengan ekor yang terlihat membulat. Untuk jenis ikan gabus Toman dewasa memiliki warna hitam kebiruan dengan warna perut semburat berwarna keputihan.

Sedangkan untuk ikan gabus Toman anakan berwarna kemerahan dengan semburat garis hitam dan jingga yang berada di bagian sisi tubuh ikan.

Bagian kepala ikan yang memiliki bentuk seperti kepala ular dengan ukuran rahang yang lebar membuat ikan ini pun mampu memangsa ikan lainnya yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

Kebiasaan dan Penyebaran

Ikan Toman termasuk jenis ikan teritorial dan agresif sehingga bisa menganggap ikan lainnya yang berukuran lebih kecil adalah mangsa mereka. Sehingga tak disarankan untuk memelihara ikan jenis Toman bersama dengan jenis ikan lainnya dalam satu akuarium atau habitat. Toman sendiri memang termasuk jenis ikan predator yang bisa memangsa jenis ikan lainnya, serta jenis hewan air lainnya seperti serangga atau kodok yang ada di sekitarnya.

Kebiasaan dari ikan gabus Toman dewasa adalah berenang dekat dengan sekelompok anakan ikan gabus Toman dan bisa menyerang apapun yang mendekat serta dikhawatirkan akan mengganggu anakan Toman. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para nelayan atau pemancing ikan untuk memancing ikan jenis Toman dengan menggunakan umpan kodok.

Ikan gabus Toman ini memiliki habitat alami yang tersebar di seluruh area Asia Tenggara diantaranya Pulau Kalimantan dan Sumatera. Akhir-akhir ini ikan gabus Toman juga banyak ditemui di sungai yang ada di pulau Jawa. Meski begitu ikan ini bukanlah jenis ikan endemik pulau Jawa.

Read More

Manfaat Ikan Gabus Toman

Ikan gabus Toman menjadi salah satu ikan air tawar yang bisa dikonsumsi. Memiliki tekstur daging yang putih dan lembut membuatnya sangat lezat untuk diolah menjadi gulai ikan, ikan bakar hingga sup ikan. Selain itu, ikan ini juga banyak diproses untuk diasinkan untuk dijual menjadi ikan gabus asin.

Selain untuk menjadi ikan konsumsi, ikan gabus Toman ini juga menjadi ikan hias yang sangat digemari masyarakat. Jenis ikan gabus Toman anakan yang berwarna indah dan cantik sangat disukai untuk dipajang di dalam akuarium.

itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Ikan Toman, Ikan Predator Asli Indonesia, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.