Kesalahan Saat Memelihara Ikan Channa Limbata Harus Dihindari

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai ikan hias predator seperti ikan chana maru, asiatica, dan banyak lagi ikan ikan hias yang sudah admin sampaikan di situs ini.

Dan dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Kesalahan Saat Memelihara Ikan Channa Limbata Harus Dihindari, nah anda yang peunya ikan peliharaan seperti channa limbata ini wajib simak artikel ini sampai selesai.

Beberapa Kesalahan Fatal Memelihara Ikan Channa Limbata

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh kolektor saat memelihara channa limbata. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan dan menghasilkan warna tidak bagus hingga menyebabkan kematian. Ini beberapa kesalahan saat memeliharanya.

Tidak Memperhatikan Bunga dan Barnya

Pada saat pertama kali membeli ikan channa limbata ini, kamu bisa memilih dengan ukuran 10 cm hingga 15 cm agar bisa diberikan treatment. Perhatikan bentuk bunga dan barnya. Untuk menjaganya juga berikan makanan satu minggu sekali saja.

Penggunaan Aerator dan Filter Aquarium

Hewan satu ini bernapas dengan paru-paru primitive dengan mengambil udara di permukaan. Inilah kesalahan pada saat menggunakan aerator. Penggunaan filter juga tidak baik, sebaiknya menggantinya dengan pasir Malang yang bisa menyerap kotoran dan rajin ganti airnya.

Menggunakan Aquarium Kurang Luas

Dengan sifat agresifnya menggunakan aquarium yang berukuran kecil tidak boleh kamu lakukan jika tidak ingin mendapati ikan channa limbata bengkok. Sebaiknya menggunakan ukuran lebih besar agar dapat bergerak bebas.

Keseringan Memberi Makan

Makanan merupakan hal utama yang perlu dijaga untuk pertumbuhannya. Namun, jika diberikan berlebihan tentu hal tersebut bukan hal baik karena akan membuatnya terlalu gendut. Aquarium cepat kotor dengan makanan akan berdampak pada kesehatannya.

Tidak Paham Fungsi Makanan yang Diberikan

Memberikan makanan sembarangan akan membuatnya memiliki warna yang tidak karuan. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizinya saja untuk membantu ikan channa limbata kamu bisa mengeluarkan warna yang cantik.

Lupa Pasang Tutup Aquarium

Ikan jenis ini bisa melarikan diri dengan mudah jika tidak terdapat penutup pada aquarium. Memiliki lompatan yang cukup tinggi sehingga dapat mencapai permukaan dengan mudah. ini adalah sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemiliknya.

Read More

Terlalu Banyak Cahaya

Sifat alami ikan channa limbata ini adalah menyukai tempat persembunyian dengan pencahayaan sedikit dan tertutup. Membiarkan lampu menyala secara terus menerus akan membuat ikan menjadi stress. Ini juga bisa mempercepat pertumbuhan lumut pada aquarium.

Tidak Memperhatikan Saat Peliharaan Sakit dan Penanganan Lambat

Kamu harus selalu memperhatikan kesehatan ikanmu agar dapat di tangani dengan cepat. pada saat mulai menunjukkan gejala yang tidak wajar segera tangani hal tersebut. Selalu siapkan obat-obatan dan antibiotic.

Selain itu, lebih baik mencegahnya daripada mengobati ikan yang sakit. Caranya kamu dapat merendam pada tempat khusus. Dalam tempat tersebut harus diberikan antibiotic ketika mengganti air di aquarium.

Tidak Mengganti Air dalam Waktu yang Lama

Untuk perawatan terbaik, kamu perlu mengganti airmu dalam waktu satu minggu sekali. Penampakan air yang keruh dan kotor akan bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mudah stress. Ini akan meningkatkan risiko infeksi dan sakit menjadi lebih besar.

Itulah Kesalahan Saat Memelihara Ikan Channa Limbata Harus Dihindari, semoga informasi yang admin sampaikan diatas bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.