Mengenal Ikan Candiru, Ikan Paling Berbahaya di Amazon

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini akan memberikan informasi mengenai ikan candiru, ikan yang disebut paling berbahaya di amazon. apakah anda pernah mendengan tentang jenis ikan yang satu ini?

Ikan candiru adalah salah satu ikan yang hidup di sungai Amazon. ikan ini Memiliki ukuran yang super kecil, hewan ini hidup dengan memakan darah dari ikan lain, bahkan pernah ada kasus mengerikan, hewan ini memakan darah manusia.

Ikan ini memang sangat ditakuti oleh manusia karena menurut beberapa sumber penghuni sungai ini bisa masuk ke penis melalui uretra. Bahkan keberadaannya lebih ditakuti daripada predator atau pemangsa lainnya yang hidup di sungai Amazon seperti Piranha.

Hewan satu ini memiliki habitat di bagian atas sungai Amazon serta sungai Orinoco Amerika Selatan bagian Utara. Hidup di dasar sungai yang memiliki karakter berpasir dan berlumpur, kriteria perairan yang asam dan dangkal dan air lambat.

Penghuni Sungai Amazon Ikan Candiru

Candiru memiliki nama ilmiah Vandellia Cirrhosa adalah hewan primate penghuni sungai Amazon. Hewan dengan ukuran sangat kecil ini ternyata sangat ditakuti dan berbahaya. Hal menarik dari jenis ini di antaranya:

1. Penampakan Tubuh
Penampakan tubuhnya memiliki bentuk seperti Lele. Namun, tubuhnya tembus pandang, tidak ada sisik dan panjangnya hanya sekitar 1 inci saja. Ikan ini akan memiliki warna setelah memakan darah inangnya.

Bentuk yang mirip Lele ini ukurannya juga sangat sempit dan kepalanya sedikit pipih. Di bagian penutup insangnya terdapat duri. Duri ini bentuknya menghadap ke belakang tubuhnya. Matanya hitam besar yang terdapat di bagian atas kepala ikan candiru.

2. Parasit Ikan Lain
Hidup sebagai parasite dengan cara menumpang ke hewan lainnya, makanan hewan ini memakan darah inangnya. Dia akan masuk melalui insang lewat operculum. Kemudian, akan tinggal menempel di bagian arteri ventral aorta atau dorsal.

Bagian duri di belakang tubuhnya ini yang akan membantunya tetap menempel di inangnya. Untuk setiap kali makannya akan membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 145 detik. Setelah ikan candiru kenyang, kemudian akan menuju ke dasar sungai.

Read More

3. Menyukai Urin Manusia
Terdapat berbagai anggapan bahwa ikan satu ini menyukai urin manusia. Ini telah menjadi cerita yang sudah cukup lama berkembang di masyarakat sejak abad ke-19. Di katakana bahwa saat seseorang buang air kecil dapat masuk ke uretra dan menancapkan durinya.

Beberapa orang mengklaim mengenai hewan ini dapat lompat keluar menuju ke saluran urin, lalu bertelur dan kasus ekstrim menyebabkan kematian inangnya. Selain itu, parasite ini hanya bisa dihilangkan atau diangkat dengan cara pembedahan.

4. Fakta Sebenarnya
Mengenai cerita menakutkan ikan candiru ini, nyatanya hanya beberapa kasus saja yang terbukti adanya bahwa ia dapat hidup di tubuh manusia. Terdapat laporan yang di buat seorang ahli bahwa ia telah melepaskan ikan ini dari uretra seseorang.

Namun, laporan ini diragukan konsistensinya seperti ukuran ikan yang diekstraksi serta pernyataan dari pasien tersebut. Kemudian, tahun 2001 terdapat studi yang memaparkan mengenai ikan ini sama sekali tidak ada ketertarikan dengan urin manusia.

Ini dibuktikan dengan cara peneliti tersebut menambah air urin manusia dan beberapa bahan kimia lainnya ke dalam sebuah tempat yang ada hewan ini. hasilnya adalah bahwa ikan candiru tidak merespon tentang penambahan bahan tersebut ke dalam air tempat tinggalnya.

Dalam dunia medis dan literatur ilmiah lainnya hanya ditemui sedikit laporan kasus tentang serangan ikan ini. keadaan sempit di uretra manusia menjadikannya sedikit oksigen yang kemungkinan besar ikan tidak dapat bertahan di dalam tempat seperti itu.

Meski memiliki ukuran sangat kecil dan hampir tidak terlihat sama sekali, ternyata ikan candiru adalah parasite yang sangat merugikan inang tempatnya menempel. Bahkan, hewan ini memliki julukan sebagai ikan vampire dari Brasil.

Demikianlah artikel menmgenai Ikan Candiru, Ikan Paling Berbahaya di Amazon, semoga artikel yang sudah admin bahas diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, Salam Sukses selalu!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.