Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan

Gilakoi.com – Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan yang satu ini, ya ikan lion fish, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer dikalangan para pecinta ikan. lion fish merupakan jenis ikan beracun yang dapat ditemukan beberapa belahan dunia termasuk wilayah perairan Indonesia.

Ikan ini juga bisa disebut singa, ikan lepu ayam oleh orang Indonesia karena bentuk siripnya menyerupai bulu ayam. Kecantikan ikan sudah tidak diragukan lagi. Lionfish memiliki sirip- sirip panjang yang mengembang ketika berenang dan warna campuran seperti merah, putih, hitam, kuning, atau bahkan krim kecoklatan.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa fakta menarik tentang ikan lepu ayam ini. Sebab, ikan ini sebetulnya bukan termasuk ikan hias. Pasalnya, ikan ini memiliki habitat di laut cukup dalam. ikan ini juga tidak terlalu agresif dan terlihat tenang di dalam kolam akuarium. Namun, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang ikan lepu ayam atau lion fish ini.

Memiliki Corak Warna yang Menarik

Fakta yang pertama, corak warna dari ikan lepu ayam ini memang sangat menarik. Ikan ini memiliki dasar warna orange yang dibalut dengan warna putih di beberapa sisinya. Ikan ini dapat memantulkan cahaya apabila terkena sorot lampu.

Memiliki Sirip Beracun

Fakta yang kedua, sirip dari lion fish ini mengandung racun yang cukup berbahaya. Sirip beracun adalah salah satu bentuk pertahanan diri dari ikan lepu ayam. Apabila kamu tidak sengaja terkena racun dari lepu ayam, maka akan mengalami mual hingga kesulitan bernafas.

Tidak Memiliki Pemangsa Alami

Fakta yang ketiga, lion fish ini tidak memiliki pemangsa alami. Pasalnya, ikan-ikan di perairan atlantik tidak mengetahui tentang ikan lepu ayam. Sehingga, ikan-ikan endemik dari perairan atlantik tidak memangsa ikan dengan corak warna orange putih tersebut.

Hama Lautan

Fakta yang keempat, ikan ini sebetulnya adalah hama lautan. Sebab, ikan ini memakan semua jenis ikan yang berada di sekitarnya. Sehingga, hal tersebut tentu mengganggu ekosistem laut. Sehingga, ikan ini banyak ditangkap untuk dijual untuk dijadikan hiasan kolam atau dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi dalam Lion Fish

Ikan lepu ayam ini dapat kamu konsumsi. Hanya saja, kamu harus berhati-hati dalam mengolahnya. Pasalnya, ada 18 dorsal fin yang mengandung racun. Jadi, kamu harus paham betul bagaimana cara mengolah ikan lepu ayam agar dapat disajikan dengan benar dan sehat.

Lion fish ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan pertama yang ada pada ikan lepu ayam adalah omega-3. Kandungan omega-3 dalam ikan lepu ayam ini sangat tinggi.

Read More

Omega-3 ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan juga meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga, kamu disarankan untuk mengkonsumsi ikan ini setiap hari jika perlu. Selain omega-3, ikan lepu ayam juga tidak mengandung lemak jenuh.

Itulah Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan yang dapat admin sampaikan kepada anda, semoga pembahasan di atas dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.