Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias Atau Pleco

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai ikan predator yang dapat dipelihara oleh pemula. dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai jenis ikan sapu-sapu.

Siapa yang tidak tahu dengan jenis ikan hias yang satu ini, ya ikan sapu-sapu. ikan ini merupakan salah satu jenis ikan populer dikalangan para pecinta ikan hias, bagaimana tidak, karena ikan sapu ini memiliki banyak manfaat apabila kita memeliharanya di akuarium. dan salah satu manfaatnya adalah membersihkan kotoran-kotoran dan lendr-lendir yang ada di akuarium. maka tidaklah heran ikan ini banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias.

Ikan sapu sapu berasal dari perairan amerika yang termasuk dalam keluarga Loricariidae namun tidak semuanya ikan dari keluarga Loricariidae merupakan ikan jenis sapu sapu. Ikan sapu sapu dikenal sebagai ikan pemakan lumut atau algae dan juga ikan sapu sapu ini terkenal juga sebgai ikan pembersih aquarium.

Ikan sapu-sapu hias ini memiliki banyak jenis, dan salah satu jenisnya akan admin bahas, bagi anda yang ingin mengetahuinya silahkan simak berikut ini.

Jenis Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias

Ikan Sapu-Sapu / Pleco Hypancitrus Zebra

Ikan sapu-sapu zebra atau juga ikan pleco yang mempunyai kode L046, L098 dan L173 ini merupakan ikan pleco terpopuler dikalangan hobies. Warnanya yang seperti kuda zebra inilah yang membuat ikan ini di panggil ikan pleco zebra. Ikan sapu-sapu ini di banderol cukup mahal loh. Pleco zebra hanya dapat tumbuh sampai 9cm saja.

Ikan Sapu-Sapu Golden Royal Line

Ikan sapu-sapu yang satu ini habitat asal nya berada di perairan Amerika Selatan tepatnya di negara Venezuela. Ikan pleco L027c ini mempuyai warna dasar hitam dan garis motif kuning ditubuhnya. Ikan pleco jenis ini ukuran maksimalnya sampai 40cm.

Ikan Sapu-Sapu Ancistrus / Bristlenose pleco

Ikan sapu-sapu jenis ancisturs yang satu ini salah satu pleco yang harganya masih tergolong murah dibandingkan pleco jenis lainnya. Ikan ini memiliki sifat yang pendiam dan tidak usil cocok sekali dijadikan tankmate.

Ikan Sapu-Sapu Acanthicus Adonis

Ikan sapu-sapu polka dot lyre tail ini merupakan ikan sapu-sapu yang sangat jarang sekali ditemukan di pasaran Indonesia. Ciri-ciri pleco l155 ini mempunyai warna dasar hitam serta motif totol putih ditubuhnya dan juga ekornya yang panjang. pleco l155 ini dapat tumbuh besar hingga ukuran 1 meter.

Ikan Sapu-Sapu Baryancistrus sp

Golden nugget pleco ini mempunyai nama alternatif kode L177, L081, L018/85. Mempunyai ciri-ciri tubuh perpaduan warna hitam serta pokadot dan strip berwarna kuning. Ukuran maksimal pleco ini dapat mencapai 35cm.

Read More

Ikan Sapu-Sapu Panaque cf. nigrolineatus

Ikan sapu sapu pleco l330 ini berasal dari perairan di Colombia, mempunyai motif garis garis kecoklatan ditubuhnya. Pleco watermelon l330 ini max size nya di 60cm.

Ikan Sapu-Sapu Pseudacanthicus sp

Ikan pleco l273 ini mempunyai ciri warna dasar hitam dan mofit kuning pada tubuhnya. Ikan ini hanya dapat tumbuh hingga 30cm.

Ikan Sapu-Sapu Pseudolithoxus tigris

Ikan pleco l257 ini berhabitat asal di amrika selatan tepatnya di sungai orinoco dan sungai basin. Pleco l257 ini dapat tumbuh hingga 90cm.

Sebenarnya masih ada beberpa jenis lagi ikan sapu-sapu hias, namun admin tidak dapat membahas semuanya. itulah informasi mengenai Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias Atau Pleco Beserta Harganya, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.