Jenis Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Harus Anda Ketahui

Gilakoi.com – Dikesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai jenis ikan predator air tawar, ikan predator merupakan salah satu ikan yang selalu memangsa ikan lain yang lebih kecil dari ikan tersebut. ikan predator terkadang sangat merugikan apabila di campurkan dengan ikan peliharaan di kolam. namun ada juga ikan predator yang banyak dipelihara karena keunikan dan keindahannya.

Di dunia ini banyak sekali ikan predator mulai dari ikan predator laut juga air tawar, dan bagi  anda yang ingin mengetahui informasi mengenai jenis-jenis ikan predator air tawar silahkan simak informasi berikut ini :

Jenis Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Harus Anda Ketahui

1. Piranha (Pygocentrus Nattereri)

Piranha merupakan salah satu predator ganas yang hidup di sungai di wilayah Amerika Selatan. Ikan ganas dengan nama latin Pycocentrud Nattereri ini mampu melahap mangsanya dalam hitungan detik. Predator ini akan memangsa ikan, siput, tumbuhan laut, dan sekelompok serangga yang hinggap di air.

2. Belut listrik

Belut listrik atau Electrophorus electricus merupakan salah satu jenis ikan todak yang ternyata lebih mirip dengan ikan lele daripada belut pada umumnya. Spesies ikan langka ini menghuni lembah Orinoco dan perairan Amazon. Dua tempat tersebut menjadi tempat mereka mencari mangsa. Salah satu dari sekian banyak jenis-jenis ikan predator air tawar ini akan mempertahankan hidupnya, dengan semburan listrik yang kuat dan mematikan.

3. Snakehead (Channa)

Snakehead atau ikan kepala ular menjadi salah satu predator yang mematikan. Ikan air tawar ini akan dengan mudah mengahabisi hewan air tawar lain. Snakehead dikenal sebagai predator yang rakus dalam memburu makanan. Ia akan memangsa hewan invertebrata, katak, ikan yang lebih kecil darinya, dan makhluk bergerak lainnya.

4. Ikan Muskellunge

Jenis-jenis ikan predator air tawar selanjutnya adalah ikan muskellunge. Ikan dengan nama Esox masquinongy ini menjadi salah satu raja habitat air tawar di Amerika Utara. Ikan ini bisa tumbuh hingga 1,8 meter dengan berat mencapai 32 kilogram. Muskellunge tentu memiliki bentuk badan yang besar dan panjang. Ikan ini juga memiliki yang tajam dan kuat.

5. Pari Air Tawar Raksasa

Ikan dengan nama latin Himantura chaophraya ini diketahui merupakan salah satu penghuni sungai-sungai di Asia Tenggara dan Australia utara. Ikan pari raksasa ini memiliki panjang mencapai 5 meter dengan berat hingga 600 kilogram. Pada pangkal ekornya, ikan pari memiliki duri yang mengandung racun mematikan. Duri tersebut memiliki ukuran sepanjang 28 cm.

6. Ikan Payara

Jenis-jenis ikan predator air tawar yang satu ini mendapat julukan vampir dunia ikan. Hydrolycus Scomberoides banyak ditemukan di perairan tawar Amerika Selatan. Ikan payara memiliki ciri khas berupa taring bawah yang panjang dan tajam. Payara memiliki tubuh dengan warna silver yang mencolok.

7. Longnose Gar ( Ikan Aligator )

Longnose Gar Satu dari sekian banyak jenis-jenis ikan predator air tawar yang selanjutnya adalah Lognose Gar. Karena bersifat nokturnal, predator yang satu ini mencari mangsa pada malam hari. Ia menyerang mangsanya dengan menggunakan gigi yang terdapat pada moncongnya yang panjang dan sempit. Agar dapat dengan mudah masuk ke dalam mulut, Longnose Gar akan memutarkan mangsanya hingga beberapa derajat. Ini karena mulut yang dimiliki Longnose Gar sangatlah kecil.

Read More

Sebenarnya masih banyak sekali ikan predator air tawar, Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Jenis Jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Harus Anda Ketahui, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.