Mengenal Ikan Red Tail Catfish

Gilakoi.com – Apakah anda tahu mengenai jenis ikan yang satu ini? bagi para pemula tentunya asing mendengar atau melihat ikan ini. Ikan Red Tail Catfish, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang populer dikalangan para pecinta ikan hias.

Ikan Red Tail Catfish merupakan salah satu jenis ikan lele yang berasal dari Amerika Selatan. Bentuk dan perpadauan warna merah pada ekor Red Tail Catfish kontras dengan warna putih pada bagian perut dan hitam pada bagian atasnya.

Keunikan yang menjadi daya tarik ikan ini salah satunya adalah ukuran kepalanya yang besar dan melebar mirip tokoh Doraemon. Bentuk kepalanya inilah yang membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. Terkadang ada beberapa Red tail Catfish yang memiliki kepala berpola batik. Kemudian ekornya yang berwarna merah, kontras dengan warna tubuhnya itu. Semakin bertambahnya umur, warna merah pada ekor ikan ini semakin menyala.

Klasifikasi Ikan Red Tail Catfish

Red Tail Catfish merupakan salah satu jenis ikan hias berukuran lumayan besar yang sangat digemari banyak pecinta ikan. Selain penampilannya lucu, perawatannya pun cukup mudah dan murah sehingga tidak menghabiskan banyak biaya tambahan.

Adapun klasifikasi ilmiah dari ikan yang satu ini jika dirinci secara mendetail yakni sebagai berikut :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygil
  • Ordo : Siluryformes
  • Famili : Pimoledidae
  • Genus : Phractocephalus
  • Spesies : P. Hemioliopterus

Habitat Ikan Red Tail Catfish

Ikan Red Tail Catfish memiliki habitat asli di perairan air tawar seperti halnya sungai dan danau. Ia tidak dapat hidup di laut dan jenis air asin lainnya.
Ikan yang satu ini dapat hidup tengah-tengah air tawar yang mempunyai arus tenang maupun deras. Red Tail Catfish pertama kali ditemukan di wilayah sungai Orinoco, Amazon, serta Essequibo di Benua Amerika.

Ciri-ciri Fisik Ikan Red Tail Catfish

Ciri-ciri fisik yang menonjol dari ikan RTC yang membedakannya dengan jenis lain yakni adanya warna merah pada ekornya. Meskipun begitu, paha dan perutnya sangatlah kontras dan berwarna hitam serta putih.

Karakteristik Ikan Red Tail Catfish

Ikan RTC merupakan salah satu jenis spesies yang sangat pemalu. Ia senang sekali bersembunyi di belakang batu-batuan maupun hiasan aneka anemon laut ketika dipelihara dalam aquarium. Sifat tersebut sangat mirip seperti halnya ikan lele.

Ikan ini juga memiliki temperamen emosional yang cenderung terkontrol. Ia bersikap kalem dan lemah lembut kepada ikan lain maupun manusia.

Read More

Makanan Ikan Red Tail Catfish

Menyoal tentang makanannya, ikan RTC ini akan sangat gembira jika diberi segala jenis makanan. Ia memang bersifat omnivora sehingga doyan dan rakus terhadap segala jenis makanan yang diberikan, baik itu hidup ataupun mati. Ketika memeliharanya, Anda bisa memberikan cacing, ulat, udang, pelet, sentrat dan jenis-jenis makanan instan lainnya.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Ikan Red Tail Catfish, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui tentang ikan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.