Mengenal Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir

Gilakoi.com – Diartikel seblumnya admin sudah memberikan informasi mengenai ikan Red Tail Catfish, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai ikan bpredator yang cukup populer dikalangan para penghobby ikan hias predator.

Ikan Payara merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, dan ikan ini termasuk kedalam ikan predator. di tahun ini ikan tersebut semakin banyak penggemarnya karena ikan tersebut memiliki bentuk gigi dan mulutnya yang menyerupai vampir juga dianggap sebagai keunikan tersendiri.

Klasifikasi Ikan Payara

Ikan Payara atau yang memiliki nama ilmiah Hydrolicus Armatus merupakan salah satu jenis ikan predator terkenal di muka bumi ini. Ia hidup di air tawar serta memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar dan kecil. Adapun klasifikasi mendetail dari jenis ikan Payara adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygil
  • Ordo : Characiformes
  • Famili : Cynodontidae
  • Genus : Hydrolycus
  • Spesies : H. Armatus

Habitat Ikan Payara

Karena ikan Payara ini hanya bisa hidup di air tawar saja, maka sudah pasti bahwa habitat aslinya berasal dari sungai. Ikan ini pertama kali ditemukan di wilayah perairan Sungai Amazon Brazil, Benua Amerika.

Selain di Amazon, ikan yang satu ini dahulunya juga banyak ditemui di Sungai Orinoco, tepatnya pada Negara Guyana. Persebarannya memang tidak terlalu luas sehingga Anda pasti sangat jarang menemukannya di berbagai macam tempat.

Saat ini, di Indonesia sendiri telah dipelihara beberapa macam ikan Payara walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Biasanya, pemeliharanya adalah seorang aktivis alam atau pecinta ikan yang sangat gemar terhadap kelestarian habitat tersebut.

Ciri-ciri Fisik Ikan Payara

Jika Anda melihatnya detail, maka pasti akan mengetahui ciri-ciri fisik dari ikan Payara secara jelas. Ia mempunyai bentuk lumayan unik dengan rahang bagian bawah lebih maju ke depan. Giginya bertaring panjang dan hampir mirip seperti vampir, Panjang dari ikan Payara bisa mencapai 90 hingga 100 cm. Beratnya sendiri dapat menambus timbangan sebesar 8-9 kg. Namun, hal itu tidak tetap dan bergantung pada bagaimana kualitas makanan serta perawatannya.

Karakteristik Ikan Payara

Sebagai ikan predator, tentu saja karakter utama dari Payara ini ganas dan menyeramkan. Akan tetapi, jika berhubungan dengan manusia ia bisa berubah menjadi baik serta bersahabat akrab.

Ikan ini akan marah dan meraung-raung ketika dalam keadaan lapar. Jadi jika Anda memliharanya, jangan sampai telat memberinya makanan apabila tidak ingin akuarium pecah dan ikan-ikan lain habis dimakan.

Read More

Makanan Ikan Payara

Karena ikan Payara merupakan ikan predator, maka makanan utamanya yaitu ikan-ikan kecil jenis lain. Hal itu sudah lumrah jika memang ia tidak diberi hidangan lain dan hidup bebas di sungai.

Harga Ikan Payara

Umumnya, satu ekor ikan Payara bisa dijual paling murah dengan harga Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.000.000,-. Nah, biaya perawatan akuarium serta ventilasinya pun akan sangat mahal hingga puluhan juta. Karena itu, siapkan biaya khusus saat ingin membudidayakan ikan jenis ini.

Demikianlah informasi mengenai Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir, anda juga dapat membaca artikel lainnya di situs gilakoi.com. semga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.