Mengenal Ikan Channa Auranti, Ikan Gabus Bercorak Indah

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin telah memberikan informasi mengenai chana maru mata merah yang memilik banyak peminatnya, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas artikel yang masih satu keluarga dengan ikan chana maru yaitu ikan chana auranti.

Ikan chana auranti juga merupakan salah satu ikan hias predator yang memiliki banyak penggemarnya, bahkan harga ikan cahana yang satu ini lebih mahal harganya dibandingkan dengan chana maru mata merah.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui dengan lengkap mengenai ikan chana auranti ini silahkan simak informasi yang akan admin sampaikan dibawah ini :

Mengenal Ikan Channa Auranti, Ikan Gabus Bercorak Indah

Klasifikasi Ilmiah

Jadi secara Kingdom ikan ini adalah animalia, dengan filum Chordata, kelasnya Actinopterygii, ordo perciformers, famili Channidae. Untuk genus Channa, spesiesnya C. Aurantimaculata, dan memiliki nama latih atau nama ilmiah Channa Aurantimaculata.

Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari ikan chana kurang lebih 40 cm dan memang dari sisi bentuk sedikit sulit untuk mengenali karena mirip ikan yang lain. Untuk bisa mengenali ikan ini dengan baik, maka diperlukan untuk melihat secara detail dan juga fokus, jangan hanya sekilas saja. Pada dasarnya ikan ini memiliki tubuh dengan warna cokelat, dan ada beberapa ciri khusus yang harus Anda perhatikan.

Ikan ini memiliki warna cokelat yang tercampur dengan beberapa garis-garis yang memiliki warna orange, garisnya itu vertikal. Ikan dengan nama Channa Auranti ini memiliki bentuk kepala yang lebih kecil namun memiliki sirip yang panjang membentang. Karena hal ini juga yang kemudian membuat bentuk badannya jadi terasa lebih besar, dan untuk kepalanya itu memiliki warna kebiruan.

Makanan Channa Auranti

Ikan jenis ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis ikan yang cukup mudah untuk dipelihara karena makanan yang mudah didapat. Karena ikan ini sebenarnya makanan utamanya itu adalah makan ikan yang berukuran lebih kecil atau juga serangga. Jadi Anda itu tinggal memberi makan ikan yang kecil-kecil atau juga serangga seperti makanan yang didapat di alam liarnya.

Habitat Dan Karakteristik

Ikan ini akan bisa Anda temui di hutan hujan tropis, tempat yang sering mengalami hujan deras dan memiliki kelembaban yang tinggi dengan suhu panas yang tinggi. Ini adalah ikan yang termasuk memiliki kemampuan melompat yang cukup tangguh dan juga cerdik dalam melompat. Jadi sedikit saja ada celah di bagian atas mungkin akan membuat ikan ini bisa keluar dengan mudah dan ini harus diperhatikan.

Temperamen

Ikan ini memiliki sifat teritorial, dan ikan ini sangat agresif sekali dalam mempertahankan wilayah yang dimilikinya itu. Sehingga lebih baik kalau memelihara ikan ini secara terpisah dan juga secara individual, tidak bersama dengan ikan lainnya.

Read More

Harga Channa Auranti

Untuk harga normal dari ikan chana auranti ini adalah 410 ribu, untuk ukuran 15 sampai 17 cm akan memiliki harga 650 ribu. Harga terbesar atau termahal dari Channa Auranti adalah 2,5 juta Rupiah yang memang sangat fantastis.

Demikianlah informasi mengenai Ikan Channa Auranti, Ikan Gabus Bercorak Indah yang dapat admin sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara chana auranti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.