Indonesia Website Awards
JOIN NOW

Jasa Kolam Koi – Konsultan, Desain dan Kontraktor

jasa kolam koi

Jasa Kolam Koi

Apakah anda membutuhkan jasa kolam koi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan  ;

  • Air kolam tak bisa bening (kotor/keruh)
  • Air hijau
  • Ikan Koi banyak yang sakit atau mati
  • Renovasi kolam
  • Membuat Kolam baru

Kami adalah spesialis kolam koi, menyediakan jasa kolam koi, konsultan perencanaan, desain dan kontraktor pembangunan kolam koi dan renovasi kolam.

Hubungi :

PONDS PRO –  Desain, Konstruksi dan Pemeliharaan Kolam Koi

Doni Bastian – WA 0821-1450-1965

Portfolio Proyek Kolam Koi :

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membangun Kolam

Langkah pertama dalam setiap proyek konstruksi selalu membuat rencana.

Meskipun Anda tidak perlu memutuskan setiap detail kecil hingga ikan dan tanaman terakhir sebelum memulai, setidaknya ada baiknya Anda memiliki gagasan tentang jenis (jika ada) yang Anda inginkan di kolam Anda karena sangat penting untuk memiliki konstruksi. dasar diurutkan. Hubungi kami, jasa kolam koi – PondsPro jika anda memerlukan konsultasi pendahuluan

Ini adalah kesimpulan logis bahwa Anda ingin menentukan ukuran, bahan, dan lokasi kolam Anda sebelum melangkah lebih jauh, tetapi ini tidak selalu sesederhana kedengarannya.

Di bawah ini Anda akan menemukan panduan umum untuk hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat menentukan karakteristik utama kolam Anda:

Ukuran Kolam

Anda tidak ingin membangun kolam yang terlalu kecil untuk tujuan yang Anda inginkan, itulah sebabnya ada baiknya untuk mengetahui apa yang ingin Anda gunakan untuk kolam sebelum Anda mengambil sekop. Panjang dan lebar kolam Anda umumnya akan ditentukan oleh tiga faktor:

Ruang yang tersedia

Preferensi estetika

Apakah ukurannya cukup besar untuk menyediakan habitat yang sesuai jika Anda berniat untuk menebar ikan.

Namun, memilih kedalaman kolam Anda sedikit lebih rumit:

  • Kolam dangkal membutuhkan perawatan yang lebih kompleks daripada kolam yang lebih dalam. Hal ini karena mereka lebih mudah dipengaruhi oleh faktor eksternal dan akan mengalami fluktuasi kondisi yang signifikan karenanya.
  • Jika kolam Anda dimaksudkan sebagai fitur air hias murni, ini bukan masalah, tetapi jika Anda ingin menyimpan teman yang mencurigakan atau memiliki tanaman air yang sedikit lebih pilih-pilih tentang lingkungannya, disarankan untuk menggunakan kolam yang lebih dalam.
  • Jika penebaran ikan, kolam Anda harus cukup dalam untuk memberikan perlindungan yang memadai terhadap unsur-unsur dan predator.
  • Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda ingin kolam Anda memiliki kedalaman yang seragam atau bervariasi. Keputusan ini akan didasarkan pada campuran bentuk dan fungsi. Misalnya, fitur air formal cenderung menampilkan kedalaman tunggal tetapi mereka yang ingin memiliki ‘Kolam Alami’ atau menyimpan beragam ikan dan tanaman akan lebih baik dengan pendekatan konstruksi yang lebih fleksibel.
  • Kolam yang lebih dalam dari tingkat tertentu mungkin memerlukan pemasangan pagar atau tindakan pencegahan keselamatan lainnya. Silakan periksa undang-undang setempat Anda untuk memastikan kepatuhan.

Bahan / material

Bahan dari mana Anda membangun kolam kemungkinan besar akan ditentukan oleh estetika pilihan Anda. Mereka yang menginginkan tampilan yang lebih alami paling baik menggunakan liner EPDM berkualitas sedangkan mereka yang mencari nuansa yang lebih formal dapat mempertimbangkan konstruksi beton, beraspal atau bahkan keramik.

Hal utama yang harus diperhatikan di sini adalah bahwa bahan bangunan yang berbeda akan memiliki persyaratan perawatan yang berbeda. Sebuah liner misalnya, akan bekerja paling baik bila dipasangkan dengan lapisan bawah untuk membantu mencegah kerusakan dan karena EPDM tangguh tetapi fleksibel, tidak mungkin rusak oleh gerakan tanah. Bahan konstruksi yang lebih kaku memungkinkan garis yang lebih bersih dan estetika tetapi lebih rentan terhadap kerusakan dari faktor eksternal dan bahkan dapat dipecah oleh air di kolam Anda dari waktu ke waktu jika tidak disegel dan dirawat dengan benar.

Lokasi

Kolam adalah salah satu perlengkapan lansekap yang begitu mereka masuki, mereka akan tetap ada di sana. Bukan tidak mungkin untuk memindahkan kolam tetapi memakan waktu dan sangat tidak praktis sehingga mendapatkan lokasi Anda dengan benar pertama kali adalah yang terpenting.

Banyak faktor yang akan menentukan di mana tempat terbaik bagi Anda untuk menempatkan kolam Anda, tetapi beberapa yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah:

  • Dapatkah Anda dengan mudah mengakses listrik dan air dari lokasi yang Anda usulkan?
  • Kolam Anda akan membutuhkan catu daya untuk sistem filtrasi dan aerasi Anda dan, seperti badan air lainnya, dapat mengalami penguapan dari waktu ke waktu. Kami merekomendasikan untuk memastikan bahwa Anda memiliki akses yang mudah ke kedua komoditas ini untuk mempermudah menjalankan dan memelihara ekosistem perairan Anda.

Apakah area yang Anda pilih datar?

Disarankan agar permukaan tanah sama di semua area perimeter. Ini membantu mencegah masalah dengan pelapisan atau penyegelan, menyediakan lingkungan yang lebih aman bagi teman-teman yang mencurigakan karena mereka cenderung tidak tersedot keluar dari titik rendah selama hujan deras dan umumnya terlihat lebih bagus daripada memiliki bank kotoran yang besar.

Intensitas SInar Matahari

Berapa banyak sinar matahari yang akan diterima kolam Anda pada titik tertentu di halaman anda?

Sinar matahari sangat bagus untuk membantu tanaman air yang diinginkan berkembang dan menyenangkan untuk bersantai di bawah sinar matahari di samping teman-teman Anda yang mencurigakan, tetapi penting untuk diingat bahwa terlalu banyak sinar matahari akan menyebabkan ganggang yang lebih sulit dikendalikan daripada yang seharusnya. Untuk membantu meminimalkan masalah seperti ini, disarankan untuk memposisikan kolam Anda di lokasi yang mendapat cahaya pagi dan teduh di sore hari.

Apakah ada pohon atau tanaman berbunga tinggi yang akan menjorok ke kolam?

Sampah organik yang jatuh dari jenis tanaman ini pasti akan berakhir di air Anda. Selain mengurangi kenikmatan kolam Anda karena Anda akan selamanya membuangnya dari permukaan, semua yang tidak segera dihilangkan akan mengendap di dasar dan mulai membusuk. Ini mengarah ke sejumlah masalah nutrisi dan dapat merusak kesehatan teman-teman Anda yang mencurigakan.

Apakah kolam Anda dalam posisi di mana air akan mengalir dari titik lain di halaman?

Bahan kimia atau limbah hewan peliharaan apa pun yang ada di halaman Anda dapat mencemari kolam Anda dan menyebabkan masalah kesehatan bagi ikan dan tanaman air Anda jika limpasan dari area lain dapat masuk ke air Anda. Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan menempatkan kolam Anda di salah satu titik tertinggi di halaman Anda, tetapi jika ini tidak memungkinkan, pastikan Anda memiliki penghalang di tempat yang akan menyerap atau mengalihkan limpasan.

Bisakah Anda dengan mudah melihat area prospektif dari rumah Anda?

Hal-hal yang tidak terlihat sering juga berakhir di luar pikiran. Untuk memastikan Anda mendapatkan kenikmatan maksimal dari fitur air baru Anda (dan menjaganya dalam kondisi terbaik), umumnya disarankan agar mudah terlihat dari dalam rumah Anda dan/atau area hiburan luar ruangan Anda jika ada.

Tips Menggunakan Jasa Tukang Kolam

membangun kolam koiApakah anda ingin membangun kolam Koi di rumah? Jika ya, tentu anda telah mempersiapkan anggaran keuangan untuk membiayainya. Namun demikian, meski anda telah menyiapkan dana, hal lainnya yang penting untuk di pertimbangkan adalah siapa yang akan anda tunjuk untuk membangun kolam koi anda.

Tentu anda berharap agar kolam yang akan dibangun nanti, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi pada praktiknya, tak sedikit para pemilik kolam koi yang merasa kecewa dengan hasil pembangunan kolam yang sudah selesai dikerjakan.

Begitu banyak problema yang muncul ketika kolam sudah selesai dibangun.  Pada umumnya, keluhan para pemilik kolam koi baru antara lain :

  • Kolam bocor, ditandai dengan berkurangnya air dalam jumlah besar dalam waktu singkat
  • Sistem Filter tidak berfungsi dengan baik, apalagi bangunan kolam tidak dilengkapi dengan fasilitas fiterasi yang memadai.
  • Air kolam tak bisa bening, meski telah dibuatkan sistem filter.
  • Pasokan air untuk pompa tidak cukup (tekor) sehingga air tak bisa bersirkulasi dengan lancar.
  • Air kolam tiba-tiba berwarna hijau.

Oleh sebab agar tidak terjadi permasalahan tersebut, maka sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa tukang bangunan atau kontraktor pembangunan, sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini.

Siapa yang menurut anda layak dipercaya dalam membangun kolam Koi?

Semua tukang bangunan, tentu bisa saja membangun kolam. Tapi kolam seperti apa yang akan dibangun? Apakah sekadar membuat bangunan bak dari semen, lalu diisi air dan bisa dipakai untuk memelihara koi? Apakah sekadar membuat relief batu-batuan yang indah di sekeliling kolam, maka itu akan membuat anda puas setelah kolam selesai dibangun?

Kolam Koi tidak seperti kolam ikan lainnya. Harus dibangun dengan menggunakan sistem filter yang baik dan benar. Tentu yang anda inginkan selain kolam koi tampak indah dipandang, juga sebagai tempat hidup bagi koi agar selalu sehat dan airnya tetap jernih, bukan?

Untuk itulah maka anda harus menunjuk tukang atau pihak kontraktor yang tepat, yang telah berpengalaman dalam membangun kolam koi. Pastikan anda memilih tukang yang tepat yaitu dengan cara :

1.Tanyakan dulu seberapa jauh pengalaman tukang dalam membangun kolam koi. Jangan pernah menunjuk tukang, yang sama sekali belum pernah membangun kolam. Jangan sampai anda menyesal jika salah dalam menunjuk tukang yang belum pernah punya pengalaman membangun kolam koi.

2. Jika tukang atau pihak kontraktor menyatakan bahwa mereka telah berpengalaman, mintalah foto-foto hasil pekerjaan mereka. Jika tak dapat menunjukkan foto-foto kolam hasil kerja mereka, maka jangan pernah percaya dengan keahliannya.

Contoh desain kolam

3.Sebelum membangun kolam koi, tukang atau kontraktor yang baik, selalu mempersiapkan gambar atau desain kolam yang akan dibuatnya. Gambar atau Desain Kolam sangat penting untuk dibuat terlebih dahulu sebab tujuannya agar pihak pembangun kolam dapat mengetahui keinginan anda, khususnya bantuk jadi secara fisik bangunan kolam yang akan dibangun.

4. Selain gambar desain kolam, mintalah gambar atau skema pembuatan Filter Kolam, lengkap dengan media filter apa saja yang digunakan dan jenis pompa yang akan dipasang. Pertimbangkan juga dengan konsumsi listrik untuk pompa, sebab jangan sampai anda merasa terbebani biaya listrik yang timbul karena penggunaan pompa. Mintalah beberapa alternatif merk pompa yang bisa dipakai, lengkap dengan spec-nya. Hal ini  agar anda bisa memilih pompa yang hemat listrik namun dengan kapasitas yang sesuai untuk kolam anda.

jasa kolam koi
Contoh skema sistem filter

5.Setelah anda memperoleh skema filer kolam, dan anda tidak cukup memahami, mintalah penjelasan kepada calon tukang atau kontraktor yang akan mengerjakannya. Tanyakan apakah sistem filter yang akan dibangun cukup baik digunakan untuk mempertahankan kualitas air kolam anda. Bila perlu, mintalah jaminan, bahwa filter akan berfungsi dengan baik.

6.Hal penting lainnya yang perlu diketahui adalah mengenai rencana konstruksi kolam. Apakah dinding kolam anda akan dibangun dengan sistem cor atau dengan pemasangan batu bata. Ada beberapa teknik konstruksi yang bisa digunakan yang tentu punya keunggulan  masing-masing, baik dari segi kekuatan, waktu pengerjaan dan kebutuhan biaya.

jasa kolam koi
Sistem Cor

6.Jika anda masih ragu dengan penjelasan yang diberikan, maka tanyakan kepada teman atau pihak lain tentang skema filter tersebut. Ada baiknya anda bergabung di dalam komunitas pecinta koi, yang mana anda bisa berdiskusi dengan para pemilik kolam lain yang punya banyak berpengalaman dalam membangun kolam.

7.Jangan terburu-buru membangun kolam koi, sebelum seluruh hal diatas telah anda lakukan, agar anda memperoleh hasil pembangunan kolam sesuai dengan yang diharapkan.

Jasa Kolam Koi Jakarta , Jasa Kolam Koi Bogor , Jasa Kolam Koi Bekasi

Jika anda membutuhkan jasa pembangunan atau renovasi kolam, hubungi :

Doni Bastian – Konsultan Spesialis Kolam Koi

WA 0821-1450-1965