Bisnis Cupang! Inilah Rahasia Bisnis Cupang yang Menjanjikan

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Ikan cupang termasuk salah satu ikan hias yang banyak diminati oleh banyak orang, terumata pecinta ikan. Mengapa ikan cupang banyak diminati oleh banyak orang? Karena ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang paling populer. Mereka sangat disukai karena memiliki berbagai bentuk dan warna yang indah. Ada banyak sekali jenis ikan cupang yang biasanya diklasifikasikan menurut warna, corak dan jenis ekornya. Ikan cupang bisa belajar mengenali pemiliknya.

Ikan cupang juga memiliki harga yang terjangkau, bahkan memelihara ikan cupang pun terbilang cukup mudah.

Selain memelihara ikan cupang dijadikannya sebagai hobby, bahkan banyak juga orang yang memelihara ikan cupang dijadikan sebagai bisnis cupang. Karena dengan bisnis cupang ini memiliki peluang besar bagi pembisnis. bagi Anda yang berniat ingin memulai bisnis ikan cupang, tetapi Anda bingung dalam modal awal dan hal apa yang harus diperhatikan supaya mendapatkan bisnis yang menjanjikan.

Bagi Anda yang pemula tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini ikan akan membahas mengenai modal yang harus disiapkan dan hal yang harus diperhatikan supaya mendapatkan bisnis yang menjanjikan. Yuk simak berikut penjelasannya.

Modal Yang Harus Disediakan Sebelum Memulai Bisnis Ikan Cupang

Langkah pertama yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis ikan cupang yaitu menyiapkan modal untuk memulai bisnis.

Salah seorang pegiat yang juga breeder, Septian Dwi Suryana mengatakan, untuk menjadi peternak, seseorang mesti menentukan dulu sasaran bisnisnya. Sebab, cupang sendiri ada kelas bawah, menengah dan atas.

Untuk kelas bawah, dia bilang, bisa dimulai dengan Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Modal itu digunakan untuk membeli indukan, bak pembesaran hingga pakan.

Read More

“Kalau misalkan indukan taruh lah yang biasa paling low indukan Rp 300 ribu, beli bak pembesaran Rp 100 ribu, beli pakan Rp 100 ribu ya sekitar itu,” katanya kepada detikcom Rabu (28/10/2020).

Meski begitu, dia menuturkan, modal ini berpengaruh pada apa yang akan dihasilkan. Sebab, modal ini terkait dengan pembelian indukan.

Menurutnya, indukan yang baik harganya bisa antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta sepasang. Dia bilang, indukan yang baik biasanya menghasilkan anakan yang baik pula.

“Kalau super quality indukannya aja mungkin star-nya Rp 5 juta sampai Rp 15 jutaan sepasang. Tapi keuntungannya lebih besar kalau paham. Ketika dikawinin misalnya juara trahnya turun, anakannya nggak akan jauh dari indukannya,” paparnya.

“Katakan anaknya 500 ekor. Kita jual per ekornya Rp 500 ribu saja sudah berapa, walaupun nggak semua harga Rp 500 ribu,” ujarnya.

Hal yang Harus diperhatikan Membudidaya Ikan Cupang Bisnis Supaya Menjanjikan.

  1. Pembiakan dan Pemeliharaan Cupang: Pembiakan dan pemeliharaan cupang ini dapat dilakukan oleh peternak ikan cupang yang sudah berpengalaman. Memahami proses pembiakan, perawatan telur, dan pertumbuhan ikan cupang yang sehat adalah penting dalam menjalankan bisnis ini.
  2. Pemasaran dan Penjualan Cupang: Bisnis cupang juga melibatkan pemasaran dan penjualan ikan kepada konsumen. Ini dapat dilakukan melalui toko ikan hias, toko hewan peliharaan, pameran ikan cupang, atau bahkan melalui penjualan online. Penting untuk membangun reputasi yang baik dalam hal kualitas ikan cupang yang ditawarkan dan pelayanan kepada pelanggan.
  3. Aksesoris dan Perlengkapan: Selain pemasaran, bisnis ikan cupang juga dapat melibatkan penjualan aksesoris dan perlengkapan terkait. Ini termasuk tanki atau akuarium, makanan ikan cupang, filter, pemanas air, tanaman akuatik, dekorasi akuarium, dan produk lainnya yang diperlukan untuk pemeliharaan ikan cupang.
  4. Pengetahuan dan Konsultasi: Dalam bisnis ikan cupang, memiliki pengetahuan yang baik tentang pemeliharaan ikan cupang dan memberikan konsultasi kepada pelanggan dapat menjadi nilai tambah. Pelanggan sering mencari nasihat tentang pemeliharaan yang tepat, pemilihan ikan cupang yang sesuai, dan masalah kesehatan atau perilaku yang mungkin terjadi pada ikan cupang mereka.
  5. Peraturan dan Kesejahteraan Cupang: Penting untuk mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku dalam perdagangan ikan cupang. Beberapa negara atau wilayah memiliki batasan dan peraturan tentang penangkapan, pembiakan, dan perdagangan ikan cupang. Selain itu, kesejahteraan ikan cupang harus diprioritaskan dalam bisnis ini, termasuk memastikan kondisi akuarium yang baik, nutrisi yang tepat, dan lingkungan yang sesuai.

Itulah penjelasan mengenai modal yang harus dipersiapkan bagi pemula pembisnis ikan cupang dan hal yang harus Anda perhatikan dalam membudidaya ikan cupang supaya mendapatkan bisnis yang menjanjikan. Semoga membantu!

Related posts