Daftar Harga Belut Per Kg Update Terbaru

Gilakoi.com – Hampir semua orang tahu tentang jenis hewan yang satu ini, ya belut, belut merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati oleh masyarakat, dengan rasanya yang enak belut ini juga kaya akan manfaat apabila kita mengkonsumsinya.

Menurut Wikipedia Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis.

Di Indonesia sendiri, belut menjadi salah satu komoditas makanan yang banyak peminatnya. Selama diolah dengan benar, hewan yang satu ini bisa menjadi solusi makan sehari-hari. Lalu bagaimana dengan harganya? untuk maslah harga, belut ini terbilang sangat murah apabila dilihat dari banyaknya manfaat dari belut tersebut.

Macam-macam Belut yang Dijual di Pasaran

Ada beberapa jenis ikan belut yang diperjual belikan. dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga beberapa pebisnis lebih menyukai satu jenis belut daripada lainnya.

1. Belut Sawah

Belut sawah merupakan belut yang paling banyak diminati dan di konsumsi oleh masyarakat indonesia, Bentuknya panjang dan dagingnya banyak, serta banyak yang bilang belut ini punya rasa yang lebih manis dan gurih daripada jenis balut lainnya. Harga belut sawah per kg relatif lebih mahal daripada jenis belut lainnya. Untuk tabel harga akan dibahas lebih detail di sub-bab lainnya. Saat ini sudah banyak yang membudidayakan belut sawah. Harga bibit belut sawah mencapai Rp. 125.000 per kilo, dengan isi hingga 150 ekor.

2. Belut Rawa

Belut rawa juga cukup banyak dikembang biakkan oleh para pembudidaya. Berbeda dengan jenis belut sebelumnya, belut rawa tinggal di tempat yang banyak air dan sedikit lumpur. Anatomi tubuhnya lebih panjang daripada yang berasal dari sawah sehingga terkesan lebih ramping. Untuk itu, budidayanya pun hanya perlu air bening yang tidak mengandung lumpur.

3. Ikan Sidat

Belut laut atau yang sering disebut dengan ikan sidat ini juga bagian dari belut. Namun tubuhnya memiliki banyak perbedaan dari belut pada umumnya. Bahkan ukurannya jauh lebih besar.

Harga Belut Per Kilo

Bicara soal harga belut per kg di pasaran, nominalnya tentu cukup beragam. Selain faktor permintaan dan ketersediaan barang, kondisi belut juga menjadi faktor penentu. Misalnya, bibit belut tentu akan berbeda dengan belut budidaya yang masih hidup. Ada juga belut yang dijual dengan kondisi sudah dimasak.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Belut

Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga belut per kg berbagai daerah, yaitu:

Read More
  • Permintaan dan ketersediaan belut
  • Jenis belut
  • Bobot belut
  • Musim yang sedang terjadi

Daftar Harga Belut Per Kilo Update Terbaru

Jenis

Harga

Belut konsumsi 20 ekor per kg Rp. 85.000
Belut konsumsi 30 ekor per kg Rp. 75.000
Belut konsumsi 40 ekor per kg Rp. 60.000
Belut konsumsi 50 ekor per kg Rp. 50.000
Belut filet per kg Rp. 150.000
Belut goreng per kg Rp. 200.000
Bibit belut super per kg Rp. 250.000
Bibit belut 150 ekor per kg Rp. 180.000
Bibit belut 200 ekor per kg Rp. 150.000

Daftar Harga Belut Per Kg Update Terbaru yang sudah admin sampaikan diatas, kami ambil dari berbagai sumber. semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. anda juga dapat membaca informasi lainnya di situs .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.