GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Pentingnya Aerasi untuk Kolam Koi

Aerasi adalah suatu proses penambahan udara/oksigen dalam air dengan membawa air dan udara ke dalam kontak yang dekat, dengan cara menyemprotkan air ke udara (air ke dalam udara) atau dengan memberikan gelembung-gelembung halus udara dan membiarkannya naik melalui air (udara ke dalam air). Sumber lain menjelaskan bahwa aerasi adalah suatu proses atau usaha dalam menambahkan konsentrasi oksigen yang terkandung dalam air kolam, agar proses oksidasi biologi oleh mikroba akan dapat berjalan dengan baik.

Dalam melakukan proses Aerasi ini perlu menggunakan alat yang dinamakan aerator. Prinsip kerja alat ini adalah untuk menambahkan oksigen terlarut di dalam air tersebut. Kemudian yang menjadi tugas utama dari aerator ini adalah memperbesar permukaan kontak antara air dan udara (Wikipedia).

aeratorMengapa proses aerasi itu sangat penting diperlukan di dalam kolam anda? Sebab kolam koi adalah sebuah tempat yang dibangun untuk memelihara koi, tentu sebisa mungkin menyerupai kondisi pada habitat aslinya. Habitat asli koi adalah sebuah danau yang luas. Meski tanpa adanya aerator, namun alam telah menyediakan semua kebutuhan dan memberi keseimbangan yang sempurna bagi kehidupan koi.

Karena permukaan danau yang luas, maka tingkat konsentrasi oksigen yang larut dalam air sangat tinggi. Tidak seperti demikian halnya dengan kondisi di kolam anda, yang mana permukaan air yang ada di kolam tentu  tidak seluas danau. Oleh sebab itu, perlu ditambahkan aerator yang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen yang terlarut di dalam air kolam anda.

Cara menggunakan Aerator

Semua pehobi koi tentu tak asing dengan proses aerasi atau yang biasa ditandai dengan adanya gelembung udara yang dihasilkan oleh sebuah pompa udara (blower/air pump/compressor). Namun tak semuanya mengetahui cara penggunaan aeroator dengan benar. Seringkali para pemelihara koi asal saja membeli aerator dan memasangnya disembarang tempat. Padahal sesungguhnya, akan lebih baik bila dipasang pada titik-titik tertentu sehingga hasilnya lebih optimal.

Menempatkan Aerator dengam benar.

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 13/01/2017 — 01:39

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi