Bioball dan Bakteri Nitrifikasi

Apa itu Bioball?

Bagi anda para pemelihara koi, tentu tak asing lagi dengan bioball. Benda ringan yang terbuat dari plastik ini, dipercaya sangat ampuh digunakan sebagai salah satu komponen media dalam sistem filtrasi. Berikut ini informasi seputar bioball dan bakteri nitrifikasi.

Mengapa diberi nama Bioball? Yang jelas karena bentuknya yang bulat seperti bola-bola dan digunakan sebagai media dalam sistem filter biologi. Lalu apa itu sistem filter biologi?

Sistem Filter Biologi adalah sebuah cara yang digunakan untuk menjaga kualitas air kolam dengan memanfaatkan proses mekanisme alamiah. Yang dimaksud dengan alamiah adalah dengan memanfaatkan mikroorganisma atau bakteri yang tersedia secara alami.

Untuk dapat memahami bagaimana mekanisme filter biologi, anda dapat mempelajari Siklus Nitrogen yang bisa dibaca disini

Jenis Bioball

Bioball bisa diperoleh dengan mudah terutama di tempat penjualan ikan hias atau koi dealer langganan anda. Beberapa jenis bioball yang ada di pasaran antara lain seperti pada gambar berikut :

Bioball dan bakteri nitrifikasi
Aneka Rupa Bioball

 

Bentuk bioball yang tersedia di pasaran sangatlah beragam. Namun demikian, meski secara tekstur fisik berbeda namun pada prinsipnya adalah sama, yaitu memilki rongga di sekelilingnya. Tentu anda ada yang bertanya, untuk apa dibuat rongga-rongga pada bioball?

Fungsi Bioball

Bioball sejatinya diciptakan sebagai tempat tinggal atau ‘rumah’ bagi bakteri yang menguntungkan. Bakteri yang menguntungkan adalah bakteri yang berperan untuk mengurai amonia, zat yang berbahaya bagi koi, menjadi nitrit dan nitrat yang tidak lagi berbahaya bagi koi anda. Bakteri itulah yang dikenal dengan bakteri nitrifikasi (Nitrification Bacteria).

Lebih jelasnya, Bakteri Nitrifikasi adalah kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia. Kelompok bakteri ini bersifat kemolitotrof karena menggunakan senyawa nitrogen inorganik sebagai dalam siklus hidupnya. Metabolisme senyawa nitrogen ini memerlukan senyawa karbon dioksida sebagai sumber karbonnya yang diikat dalam siklus Calvin.

Bioball  bukanlah media yang di gunakan untuk menyaring partikel atau kotoran , namun berfungsi sebagai rumah bakteri.

Pada umumnya, bakteri nitrifikasi bersifat nonmotil (tidak dapat bergerak) sehingga cenderung untuk melekat pada permukaan benda yang ada di sekelilingnya. Bakteri nitrifikasi berkembang biak dengan cara membelah diri, tetapi tidak dapat membentuk spora.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Bakteri Nitrifikasi memiliki sifat :

  1. Membentuk koloni (kelompok)
  2. Menempel disekeliling benda yang ada.
  3. Tidak dapat bergerak, artinya memerlukan tempat untuk tinggal

Dengan mempertimbangkan sifat-sifat tersebut, maka Bioball sangat ideal digunakan sebagai tempat persembunyian atau rumah bagi bakteri nutrifikasi. Jadi Bioball  bukanlah media yang di gunakan untuk menyaring partikel atau kotoran , namun berfungsi sebagai rumah bakteri.

Bagaimana dan dimana Bioball digunakan?

Sebagian besar Bakteri Nitrifikasi berada dipermukaan air. Untuk itulah mengapa bioball dibuat dari bahan tertentu (plastik) yang dapat mengapung pada permukaan air. Namun demikian, penempatan bioball sebagai salah satu komponen media filter, tentu diletakkan pada ruang-ruang filter (filter chamber) yang tersedia. Untuk memudahkan dalam perawatan, bioball sebelum dipasang pada ruang filter, terlebih dahulu dimasukkan kedalam kantong kantong plastik berbahan jaring sebagaimana pada gambar berikut :

bioball dalam keranjangjaring bioball

 

 

 

 

 

 

 

 

Banyak yang bertanya, di ruang filter mana sebaiknya bioball dipasang? Untuk menjawabnya, maka tentu tak lepas dari sistem filter yang digunakan. Bila anda menggunakan penggabungan sistem filter mekanik, kimia dan biologi, maka sudah barang tentu, bioball adalah merupakan bagian dari sistem filter biologi. Oleh sebab itu tempatkan bioball pada segmen filter biologi pada ruang filter anda.

Salah satu contoh skema filter sbb :

skema filter
Bioball adalah bagian dari Biological Prosessing Segment

Sekadar tambahan informasi, bahwa proses nitrifikasi yaitu ketika bakteri mengurai ammonia menjadi nitrit dan nitrat, memerlukan kadar oksigen yang cukup. Oleh sebab itu, tambahkan aerasi pada ruang-ruang filter biologi anda, terutama bila bak filter anda tertutup rapat.

Banyak yang terlupa atau tak menyadari bahwa dengan menutup bak filter dengan blok semen (concrete block) maka pasokan oksigen ke ruang filter akan jauh berkurang, sehingga mengakibatkan proses nitrifikasi tidak optimal.

Demikianlah semoga bermanfaat..

#GilaKoi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat