Indonesia Website Awards
JOIN NOW

Air Hijau Pada Kolam Baru – New Pond Syndrome

Para pemilik kolam baru ikan koi seringkali merasa heran dan tak mengerti apa yang sedang terjadi saat melihat kondisi air kolam yang sebelumnya tampak bening, tiba-tiba menjadi coklat atau hijau setelah beberapa hari berjalan.

Fenomena ini dikenal sebagai „NEW POND SYNDROME’

Ini adalah hal yang biasa terjadi pada setiap kolam baru, terutama untuk kolam yang berada di luar ruangan (out door ponds). Air kolam yang tiba-tiba menjadi berwarna coklat atau hijau tersebut sesungguhnya disebabkan oleh keberadaan Algae yaitu tumbuhan bersel satu yang berada di dalam air kolam.

Mengapa bisa tumbuh Algae?

Sebab sumber air yang berasal dari dalam tanah atau sumur biasanya sudah membawa spora Algae dan secara alami akan tumbuh dan berkembang ketika berada di air yang terkena sinar matahari. Kondisi ini tak bisa dihindarkan, namun setelah kondisi filter telah matang (mature) biasanya setelah 2 bulan berjalan maka berangsur -angsur air  akan kembali menjadi jernih (bening).

kolam baru

Bagaimana air hijau bisa kembali bening di kolam baru?

Hal ini bisa terjadi pada kolam baru koi karena di dalam ruang filter telah tumbuh koloni bakteri Nitrifikasi. Untuk diketahui bahwa Bakteri Nitrifikasi dan Algae memerlukan makanan yang sama, yaitu Ammonia. Ketika Bakteri Nitri fikasi belum banyak tumbuh di dalam ruang filter, maka Algae dengan leluasa memangsa Ammonia sehi ngga dapat tumbuh.

Namun ketika jumlah Bakteri Nitrifikasi semakin banyak maka Algae mulai kesulitan memperoleh Ammonia sebab sudah banyak diserap oleh Bakteri Nitrifikasi.

Pada kondisi filter yang „mature‟, jumlah Bakteri Nitrifikasi yang jauh lebih banyak, dapat mengalahkan keberadaan Algae sehingga membuat air menjadi bening.

Jika ruang filter tidak memadai maka air akan tetap berwarna hijau karena Algae tetap dapat tumbuh dan berkembang.

Disinilah pentingnya kapasitas ruang filter yang cukup agar dapat menghasilkan koloni Bakteri Nitrifikasi untuk melawan keberadaan Algae.

Kesimpulan

Terutama bagi anda yang memiliki kolam baru, apalagi berada di luar ruangan dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, maka jika terjadi perubahan air manjadi hijau atau kecoklatan, maka itu adalah hal yang wajar saja terjadi. Tak perlu risau, jika kapasitas ruang filter yang ada cukup memadai.

Fenomena air hijau biasanya akan berangsur hilang dan air  menjadi bening setelah kondisi filter biologi telah terbangun dan berfungsi dengan baik. Biasanya,  setelah kolam koi berjalan 2 bulan, maka air  akan menjadi bening.

Filter Biologi Kolam Koi, Rahasia Sukses Memelihara Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.