Home / Do It Your Self / Cara Mudah Meningkatkan Warna Koi dengan Paprika Merah

Cara Mudah Meningkatkan Warna Koi dengan Paprika Merah

Tahukah anda bahwa buah Paprika Merah dapat membantu mencerahkan warna merah pada Koi? Simak artikel berikut ini..

paprika merah
Buah Paprika Merah

Paprika Merah atau nama ilmiahnya C. annuum ternyata memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi Koi. Antara antara lain mengandung likopen yang berfungsi  untuk meningkatkan kecerahan warna.

Selain itu juga dapat memberikan efek pigmentasi terutama pada warna merah.  Selain itu juga dapat melindungi lapisan dermis dari sinar UV dan merupakan antioksidan kuat untuk mengurangi kerusakan sel pada tubuh

Zat lainnya yang terkandung di dalam Paprika Merah adalah Vitamin C dengan nilai kandungan yang sangat tinggi.

Vitamin C dapat mendegradasi radikal bebas yang terlepas saat pembentukan adenosine triphospphate (ATP) di dalam mitokondria. Dengan demikian proses metabolik pembentukan sel pigmen tidak terhambat dan pigmen warna lebih cepat terbentuk.

PROSES PEMBENTUKAN WARNA

Secara berurutan adalah dimulai dari penyerapan carotenoid yang membentuk provitamin A.  Kemudian diubah oleh organ tubuh ikan (hati) menjadi vitamin A.

Vitamin A tersebut pada lapisan dermis mulai membentuk pigmen warna. Bersamaan dengan penyerapan likopen dalam tubuh, yang menambah efek pigmentasi pada sel warna dan melindungi lapisan sel dari sinar UV untuk mempertahankan sel dari kerusakan.

Penyerapan vitamin C dalam tubuh koi yang direaksikan oleh beberapa reaksi enzimatik menghasilkan pemecahan protein dalam jumlah tertentu sehingga mempercepat pengeluaran sel warna yang telah terbentuk di lapisan dermis.

Sel warna yang telah keluar dilapisi oleh vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu mempertahankan sel warna tersebut dari kerusakan akibat radikal bebas

Cara Pembuatan :

Cara pembuatannya sangat mudah yaitu Paprika Merah sebelumnya dicuci hingga bersih dan dibuang tangkainya. Kemudian dilumatkan dengan menggunakan blender agar mudah diambil perasannya.

Perasan Paprika Merah tersebut diencerkan di dalam air bersih agar mendapatkan konsentrasi  5%.

Cairan hasil perasan dari buah paprika tersebut setelah dicampur air dengan konsentrasi 5 %,  kemudian dicampurkan ke dalam pakan Koi.

Jangan  menambahkan perasan Paprika Merah ke dalam pakan lebih dari konsentrasi 5% karena mengakibatkan Koi mati !

Selain Paprika,  perasan Wortel juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna koi dengan konsentrasi 4,5%.  Namun penambahan perasan paprika merah konsentrasi 5% lebih efektip dan efisien karena mampu meningkatkan warna merah pada Koi dalam waktu 28 hari.

Sedangkan perlakuan yang ditambahkan wortel baru pada hari ke-35. Hal ini  wajar saja karena kandungan vitamin C pada pa prika merah jauh lebih tinggi atau hampir 27 kali lipat dibandingkan wortel.

Untuk diketahui, dalam setiap 100 gram daging buah pa prika merah mengandung 190 mg vitamin C, sedangkan wortel hanya mengandung 7 mg saja.

Demikianlah uraian tentang Paprika yang dapat digunakan untuk meningatkan kualitas warna pada Koi, namun harap diperhatikan yaitu jangan  menambahkan perasan pa prika merah (C. annuum) ke dalam pakan lebih dari konsentrasi 5% karena mengakibatkan Koi mati.

Demikianlah, semoga bermanfaat..

#donibastian

Telah dibaca 610 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI + CD E-book

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Hard Cover dan Soft Cover

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat