JOIN PREMIUM MEMBERBaca semua artikel Gila Koi

Begini Cara Mengelola Ammonia di Kolam Koi

Amonia adalah zat beracun jika dibiarkan terakumulasi dalam sistem produksi ikan koi. Ketika ammonia mengakumulasi kadar racun, Koi tidak dapat mengekstrak energi dari pakan secara efisien. Jika konsentrasi amonia menjadi cukup tinggi, maka Koi akan menjadi lesu, stress  dan akhirnya jatuh koma dan mati.

Dalam kolam Koi yang dikelola dengan baik, amonia jarang terakumulasi menjadi konsentrasi yang tinggi dan mematikan. Namun, amonia dapat menimbulkan efek lain seperti berkurangnya tingkat pertumbuhan koi, konversi pakan yang buruk dan mengurangi resistensi penyakit.

Efek pH dan suhu pada efek beracun (toksisitas) Amonia

Ammonia  yang ada dalam air terutama dipengaruhi oleh pH. Amonia yang tidak dapat terionisasi akan berubah bentuk menjadi beracun dan sangat mendominasi ketika terjadi pH tinggi.

Ammonia
Gambar 1

 

Ion amonium relatif tidak beracun dan mendominasi ketika pH rendah. Secara umum, jika kurang dari 10% kadar ammonia, maka tidak beracun ketika pH kurang dari 8,0. Namun, proporsi ini meningkat secara signifikan ketika pH dan suhu meningkat (Gambar 1).

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin