Beberapa Faktor Penghambat Nafsu Makan Ikan Gurame

Beberapa Faktor Penghambat Nafsu Makan Ikan Gurame – Ikan gurame (Osphronemus gouramy) merupakan ikan asli Indonesia yang berasal dari perairan di daerah Jawa Barat. Ikan gurame merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang penting karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Selain itu, ikan gurame juga termasuk jenis ikan air tawar yang banyak dibudidaya oleh masyarakat. Hal itu karena budidaya ikan gurame memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan usaha budidaya perikanan lainnya, selain karena mudah dalam memeliharanya juga stabil harga produksinya.

Namun banyak Pembudidaya yang mengeluh karena ikan gurame budidayanya tidak mau makan. Jadi, bagaimana jika ikan gurame menunjukkan tanda-tanda tidak nafsu makan? tentu itu menjadi salah satu kendala yang perlu Pembudidaya ketahui.

Terlebih memang banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, maka sebagai salah satu Pembudidaya perlu mengetahui penyebab ikan gurame tidak mau makan.

Jika dibiarkan, tentu akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bahkan bisa berujug kematian pada ikan gurame. Yuk, simak berikut pembahasan mengenai faktor penghambat nafsu makan pada ikan gurame.

Faktor Penghambat Nafsu Makan Ikan Gurame

1. Kualitas Air Kolam

Kolam menjadi salah satu hal yang krusial diperhatikan dalam budidaya ikan. Ikan gurame yang memiliki karakteristik yang tidak hidup dalam ikan kolam deras tentu memiliki syarat hidup yang berbeda dari yang lain.

Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh setiap Pembudidaya, pengaturan suhu pada air kolam juga wajib dipenuhi. Sebab hal tersebut sangat berpengaruh dengan kualitas kedepannya.

Read More

Kondisi kolam yang tidak kondunsif sangat mempengaruhi ikan gurame. Akibatnya ikan gurame tidak bisa aktif bahkan cenderung stuck.

Maka Anda bisa melihat pergerakannya saat diberi makan, langkah identifikasi awal sangat penting untuk mengetahui kualitas perawatannya.

2. Kondisi Kesehatan Ikan Gurame

Berkurangnya aktifitas ikan gurame menjadi salah satu pemicu kurangnya kualitas kesehatannya.

Biasanya diakibatkan oleh dua hal seperti gangguan parasit dan gangguan non parasit. Kedua penyebab tersebut erat kaitannya dengan kualitas air kolam yang sebelumnya dijelaskan. Gangguan non parasit yang mempengaruhi kesehatan ikan gurame adanya pencemaran air kolam.

Ikan gurame yang menunjukkan gerakan yang lambat, juga bisa disebabkan oleh serangan parasit seperti parasit, virus, jamur, serta jenis mikroorganisme lainnya.

Maka dibutuhkan penanganan dan identifikasi lebih lanjut mengenai hal ini, jika tidak segera ditangani maka akan menular dan itu sangat tidak diinginkan oleh para Pembudidaya.

Untuk itu perlunya Anda mengetahui secara lebih mengenai gejala serangan penyakit pada ikan gurame

3. Kualitas Pakan Ikan Gurame

Faktor yang terakhir yaitu pada kualitas pakan yang diberikan kepada ikan gurame kurang baik. Pemberian pakan yang terlalu berlebihan sangatlah tidak efektif, hal ini sangatlah berpengaruh dengan kualitas pertumbuhan yang ada pada ikan gurame.

Umumnya kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan gurame harus sesuai kadarnya, ikan gurame juga tidak membutuhkan pakan dengan  jumlah protein yang terlalu tinggi. Maka ada beberapa opsi yang bisa Anda berikan agar kualitas pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan per kolam.

Rasio konversi pakan pada ikan gurame yang diberikan harus sesuai, bahkan jumlah pakan yang dikonsumsi harus berkisar 5% sampai 7% dari tubuh ikan/ hari.

Proses metabolisme yang dibutuhkan ikan gurame haruslah sesuai, hal ini sejalan dengan kualitas pemberian pakan yang dibutuhkan.

Maka jika pakan yang diberikan tidak tepat, hasilnya kualitas dan sistem pencernaan ikan gurame tidak akan optimal dalam mencernanya.

Perlu diperhatikan dalam segala aspek mengenai kualitas nafsu makan pada ikan gurame. Jadi, berilah pakan ikan gurame yang sesuai dan tidak terlalu berlebihan.

Itulah pembahasan mengenai faktor penghambat nafsu makan ikan gurame. Setelah mengetahui hal tersebut, alahngkah baiknya Pembudidaya lebih memperhatikan lagi dalam bubidaya ikan gurame budidayanya. Semoga bermanfaat!

Related posts