Tips Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton

 

Tips Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton – Banyak Pembudidaya ikan patin yang tertarik untuk budidaya ikan patin di kolam beton.

Ikan patin adalah ikan air tawar yang umum dibudidayakan di Indonesia. Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan lele ini memiliki tubuh berwarna hitam keabuan di bagian atas dan putih perak di bagian perut. Kepala ikan patin berukuran kecil, sedangkan tubuhnya besar dan mengecil lagi di bagian ekornya.

Dengan ragam manfaatnya, ikan patin diminati berbagai kalangan usia dan memiliki pasar yang menjanjikan. Budidaya ikan patin tergolong mudah untuk pemula dan dapat dilakukan di pekarangan rumah. Dengan memanfaatkan kolam beton, kamu dapat menambah pemasukan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara budidaya ikan patin di kolam beton. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Tips Budidaya Ikan Patin di Kolam Beton

1. Pembuatan Kolam

Apabila kamu menggunakan kolam beton, kamu perlu melakukan beberapa persiapan. Namun kolam yang akan digunakan kolam baru atau kolam lama, jika kolam baru tidak ada syarat khusus yang harus dilakukan sedangkan jika kamu menggunakan kolam lama, kalian harus melakukan beberapa persiapan diantaranya pembersihan kolam dari berbagai kotoran yang ada, kamu dapat melakukan penyemprotan tembok atau dinding kolam dengan menggunakan larutan formalin yang dicampur dengan air, selanjutnya isi kolam dengan air setinggi 40-50 cm. Kemudian tebar larutan kalium permanganat secara merata dan diamkan air kolam selama 2 hingga 5 hari.

2. Pemilihan Benih

Langkah selanjutnya dalam budidaya ikan patin ini akan menentukan kualitas dan lama waktu panen. Kamu dapat menemukan benih ikan patin yang unggul dan berkualitas.

Read More

Pilihlah benih ikan patin yang berukuran seragam dan warnanya cerah mengkilap. Pastikan pula benih bergerak lincah, sehat, dan terhindar dari hama dan penyakit. Letakkan benih ikan patin dalam kantong plastik dan perhatikan kadar oksigen di dalamnya.

3. Penebaran Benih

Jika kolam semua selesai disiapkan, selanjutnya lakukan penebaran benih. Lakukan perhitungan padat tebar benih per m3 kolam terlebih dahulu. Anda dapat menebarkan ikan dengan kepadatan tebar 20-30 ekor per 1 m3 kolam.

Cara Penebaran benih ikan patin yaitu dengan mendiamkan benih pada kantong plastik yang mengapung di permukaan kolam selama 10 menit, kemudian buka plastik dan masukkan air kolam ke kantong plastik tadi dengan perbandingan 0,5 air kolam dan 1 air kantong plastik selama lima menit agar benih ikan dapat beradaptasi, setelah itu ikan dapat ditebar ke kolam.

4. Pemeliharaan

Agar ikan patin peliharaan kamu tumbuh dan berkembang dengan sehat dalam kolam beton, kamu dapat melakukan pemeliharaan melalui pemberian pakan dan pengelolaan air. Berikan pakan pelet pada ikan patin dengan komposisi ¾ dari bobot tubuh ikan.

Untuk benih ikan patin, berikan pakan sebanyak 4-5 kali dan berikan 3 kali sehari pada ikan patin dewasa. Taburkan pakan secara merata dan bertahap pada permukaan kolam. Tambahkan pakan jika ikan masih bersikap agresif dan kurangilah saat ikan tidak lagi responsif.

Selanjutnya pemeliharaan pengelolaan air. Kamu dapat mengganti air secara rutin dengan frekuensi sekali dalam 2-3 minggu untuk membuang sisa kotoran makanan dan kotoran ikan.

Penggantian air dilakukan secara bertahap dengan membuang 1/3 bagian dasar kolam, lalu tambahkan air bersih secara perlahan. Segera tambahkan air saat volume mulai berkurang dan lakukan pengelolaan air secara intensif pada musim kemarau, air akan lebih cepat menguap pada musim ini.

5. Panen Ikan Patin

Terakhir yaitu kamu sudah memasuki masa panen. Pemanenan ikan patin dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pemanenan seleksi dan pemanenan total. Panen seleksi dilakukan dengan cara ikan di jaring lalu dipilih yang ukurannya sudah maksimal. Sedangkan pemanenan total dilakukan dengan cara mengambil semua ikan yang ada di dalam kolam.

Itulah pembahasan mengenai tips cara budidaya ikan patin di kolam beton yang menjanjikan dalam budidaya dan bisnis. Selamat mencoba, ya. Semoga bermanfaat!

Related posts