Cara Mengatasi Ikan Guppy Stres

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki penampilan yang menarik dan toleran terhadap kondisi perairan yang kurang baik.

Ikan guppy memiliki nilai ekonomis tinggi, banyak diminati masyarakat dan menjadi salah satu komoditi ekspor, karena memiliki variasi warna yang menarik dengan corak sirip yang beragam di bagian ekornya, sehingga indah untuk dipandang.

Tidak hanya indah dipandang, tetapi ikan guppy juga mudah dipelihara, menjadikannya pilihan sempurna bagi pemula yang ingin memulai hobi akuarium mereka sendiri. Meskipun ikan guppy terkenal sebagai ikan yang mudah dipelihara, perawatan yang baik tetap penting untuk menjaga kesehatan ikan-ikan kecil ini.

Namun apakah Anda tahu? Ikan guppy juga gampang mengalami stress. Jika ikan guppy Anda terlihat stress, sebaiknya Anda cepat menanganinya supaya ikan guppy Anda tidak stres lagi. Jika Anda tidak tahu caranya, Anda tidak perlu khawatir. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi ikan guppy yang stres. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Cara Mengatasi Ikan Guppy Stres

1. Sediakan Ukuran Akuarium yang Tepat

Ikan guppy bisa bersosialisasi dengan spesies lain dengan baik, tetapi mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk hidup. Kepadatan isi akuarium yang penuh akan membuat guppy stres karena tak memiliki cukup ruang pribadi. Bagaimana pun, guppy membutuhkannya untuk merasa aman dan nyaman. Aturan umumnya, usahakan untuk menyediakan sekitar 4 liter air untuk setiap 3 cm ikan. Artinya, bila Anda memiliki akuarium berkapasitas 20 liter, Anda dapat memasukkan 4 hingga 6 ekor ikan.

2. Pastikan Lingkungan Ikan Aman dan Damai

Slanjutnya, selain ukuran akuarium, sangat penting juga untuk menentukan teman akuarium yang tepat. Sebab, menyatukan ikan yang agresif dengan yang tidak hanya akan menimbulkan masalah bagi ikan yang lemah. Namun, menyatukan ikan yang sama-sama agresif juga merugikan keduanya. Anda perlu melakukan sedikit riset untuk menentukannya. Meski Anda sudah terlanjur menyatukan ikan-ikan yang tidak cocok, Anda dapat memisahnya ke dalam akuarium yang lain. Ini adalah keputusan terbaik untuk menghindari serangan kepada ikan guppy yang lemah dan stres.

Read More

3. Menjaga Kualitas Air

Guppy sangat sensitif terhadap nitrat dan amonia yang terbentuk dari limbah di dalam tangki mereka. Satu-satunya cara untuk memastikan zat ini tetap rendah adalah dengan mengganti air tangki secara teratur dan memastikan kualitas air selalu baik. Sebab, bila kondisi air akuarium dibiarkan kotor, guppy akan merasa stres dan bahkan dapat mengembangkan penyakit.

Selain kondisi air yang selalu baik, Anda juga perlu memastikan suhu air selalu stabil. Ikan guppy yang stres akibat perubahan suhu air biasanya menunjukkannya secara fisik. Di air yang terlalu dingin, ikan mungkin tampak lesu dan tidak tertarik pada makanan. Sementara di air yang terlalu panas, ikan tampak maniak dan berenang dengan agresif.

Itulah perlunya Anda mencari tahu berapa suhu air yang dibutuhkan ikan, karena setiap spesies ikan memiliki persyaratan suhu yang berbeda. Ikan biasanya hidup dengan baik di suhu air antara 20-22,2 derajat C. Sementara jenis lainnya mungkin membutuhkan suhu air yang lebih hangat.

4. Mengobati Penyakit Pada Guppy

Beberapa kasus stres pada ikan guppy disebabkan oleh kondisi penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu dan segera mengobati penyakit. Beberapa penyakit umum yang menyerang ikan guppy.

5. Beri Pakan Secara Teratur

Memberi pakan ikan guppy yang salah adalah salah satu yang menyebabkan ikan menjadi stres. Misalnya, Anda memberinya makan secara tidak teratur, terlalu sedikit, atau terlalu banyak. Maka, cobalah untuk menetapkan jadwal makan harian secara teratur dan menentukan porsi yang sesuai dengan jumlah ikan.

Sebaiknya Anda memberi pakan guppy 2-3 kali dalam sehari.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi ikan guppy yang stress. Semoga bermanfaat!

Related posts