Kenapa Ikan Guppy Berenang di Permukaan

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki penampilan yang menarik dan toleran terhadap kondisi perairan yang kurang baik.

Ikan guppy juga memiliki nilai ekonomis tinggi, banyak diminati masyarakat dan menjadi salah satu komoditi ekspor, karena memiliki variasi warna yang menarik dengan corak sirip yang beragam di bagian ekornya.

Namun banyak penggemar ikan guppy yang bertanya kenapa ikan guppy berenang di permukaan? Nah dalam artikel ini kita akan membahas mengenai pembahasan kenapa ikan guppy berenang di permukaan. Yuk, simak berikut contohnya.

Inilah Penyebab Ikan Guppy Berenang di Permukaan

1. Ikan Sedang Merasa Lapar

Hal pertama yang menyebabkan ikan guppy berenang di permukaan air disebabkan karena ikan sedang merasa lapar dan minta diberi pakan.

Sebenarnya ini adalah kondisi wajar ketika ikan telat diberi makan dan cenderung bagus menandakan ikan dalam kondisi sehat saat ikan itu berenang lincah. Biasanya ikan akan bergerak aktif di permukaan air saat melihat ada orang datang untuk melihatnya.

Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sering terlambat memberi pakan karena ikan guppy perlu makan sebagai asupan energi untuk pertumbuhan si ikan. Dan juga jangan terlalu banyak dalam pemberian pakan karena itu akan berpengaruh ke kualitas air yang menjadi cepat keruh jika pakan tidak termakan seutuhnya.

2. Suhu Air Terlalu Dingin atau Terlalu Panas

Read More

Penyebab kedua jika ikan guppy berenang di permukaan juga dapat disebabkan jika suhu air terlalu dingin atau terlalu panas. Karena perubahan suhu yang drastis dapat memengaruhi perilaku ikan guppy. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas mungkin membuatnya mencari suhu yang lebih nyaman di permukaan.

Solusinya adalah tempatkan ikan di wadah yang dapat menampung air dengan volume banyak sehingga suhu air akan lebih terjaga walaupun suhu cuaca di luar berubah-ubah.

3. Ikan Guppy Sedang Dalam Kondisi Sakit 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan ikan guppy sakit. Indikator yang dapat menunjukkan ikan guppy sedang sakit dapat diketahui dari kurang aktifnya si ikan, cara berenang tidak terlihat seperti biasanya, serta ikan cenderung diam di bawah atau permukaan air.

Jika menjumpai ikan dengan ciri-ciri seperti itu, maka segera pisahkan ikan tersebut dari rombongan supaya ikan lain yang dalam satu wadah tidak tertular. Segera obati ikan yang sakit sembari berdoa supaya ikan dapat terselamatkan.

4. Kualitas Air Buruk

Kualitas air juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup si ikan guppy. Salah satu indikator penyebab ikan berenang di permukaan bisa dari air yang buruk, kurangnya oksigen di dalamnya. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka ikan dapat menjadi stress kemudian tidak mau makan yang dampak buruknya adalah menyebabkan timbulnya penyakit dan dapat berakibat pada kematian jika telat penangannya. Solusinya adalah segera ganti air lama dengan air baru yang lebih baik supaya si ikan bisa berenang lincah lagi dan nyaman dengan kondisi air.

5. Hipoksia

Penyebab selanjutnya adalah hipoksia. Kekurangan oksigen dalam air, atau hipoksia, bisa membuat ikan berenang ke permukaan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen dari udara.

6. Populasi Terlalu Padat

Akuarium yang terlalu ramai bisa membuat ikan guppy bersaing untuk mendapatkan ruang dan udara di permukaan.
Memahami penyebabnya dapat membantu pemilik akuarium menyesuaikan lingkungan hidup ikan guppy agar lebih nyaman dan sehat.
Itulah penyebab ikan guppy Anda berenang di permukaan. Oleh hal itu, Anda harus lebih teliti lagi dalam memelihara ikan guppy, supaya ikan guppy Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Related posts