Cara Membudidaya Ikan Guppy dengan Baik dan Benar

Berikut adalah cara membudidaya ikan hias guppy dengan baik dan benar. Karena supaya ikan guppy tetap hidup sehat, salah satunya yaitu Anda harus merawatnya dengan baik dan benar.

Guppy, ikan seribu, ikan cere, ikan celdung, atau suwadakar, adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan.

Ikan guppy dapat hidup di air tawar dan payau dengan pH 7-8, dH 9-19 dan pada temperatur 18°C -28°C. Toleransi ini, membuat ikan guppy menjadi pilihan dalam studi toksikologi. Selain itu ikan guppy juga ditemukan di beberapa habitat seperti danau dan selokan pada ketinggian tendah hingga daerah pengunungan yang tinggi.

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia ikan hias, dan Anda bertujuan ingin memelihara ikan guppy, tetapi Anda tidak mengetahui hal apa yang harus dilakukan, Anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara membudidaya ikan guppy dengan baik dan benar. Yuk, simak berikut contohnya.

Cara Budidaya Ikan Guppy dengan Baik dan Benar

Cara budidaya ikan guppy dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah cara budidaya ikan guppy dengan baik dan benar.

1. Siapkan Wadah Untuk Ikan Guppy

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan wadah untuk ikan guppy. Untuk wadah ikan guppy anda bisa menggunakan akuarium, bak semen, maupun ember plastik sebagai tempat ikan guppy. Setidaknya sediakan empat wadah. Sebagai tempat pemisahan induk, penetasan, pemijahan, dan pendederan. Pastikan tinggi wadah tersebut mencapai 30 cm.

2. Pemilihan Indukan Ikan Guppy

Read More

Selanjutnya yaitu pilihlah indukan ikan guppy. Anda dapat membedakan antara ikan guppy jantan dan guppy betina. Ikan guppy jantan mempunyai warna indah dengan sirip menjuntai dan tubuh langsing. Sementara ikan guppy betina berwarna lebih kusam, sirip yang tak menjuntai, dengan tubuh bulat. Umumnya guppy jantan juga mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan betina.

Indukan yang tepat untuk memasuki proses pemijahan yaitu saat berusia 4-5 bulan. Pada saat ini, alat genital ikan telah berkembang sempurna dan warna maupun coraknya pun tampak lebih tegas. Pastikan ikan aktif, tidak punya masalah nafsu makan, dan memiliki bentuk fisik yang baik.
3. Pemisahan Indukan
Selanjutnya yaitu pemisahan indukan. Apabila Anda telah mendapatkan indukan yang baik maka bisa dipisahkan antara guppy jantan dan guppy betina.
Tempatkan pada wadah yang berbeda. Jangan lupa ganti airnya 1-3 hari sekali. Beri pakan bergizi secara teratur.
4. Pemijahan Ikan Guppy
Proses pemijahan harus dilakukan dalam wadah yang berbeda. Anda harus mengisi wadah menggunakan air bersih sedalam 30 cm lalu diamkan minimal satu hari. Wadah dengan 100 liter air mampu menampung 30 ekor ikan guppy. Perbandingan indukan jantan serta betina adalah 1:5.
Proses pemijahan akan berlangsung selama 4-7 hari dan tak semua induk akan dibuahi. Bagi induk yang telah dibuahi sebaiknya segera pisahkan ke wadah penetasan.
5. Penetesan Ikan Guppy
Isilah air dalam wadah penetasan dilengkapi dengan aerator. Pilih aerator dengan aerasi pelan sehingga tak mengganggu larva ikan. Jaga kebersihan air denga membuang sepertiga air dan menggantinya dengan yang baru 1-3 hari sekali.
Berikan induk guppy pakan moina dan daphnia tiap dua hari sekali. Usai proses pemijahan yang berlangsung hingga 14 hari maka akan tampak indukan yang hamil. Ikan guppy betina bisa hamil tiga kali sebab sisa sperma dapat disimpan dalam tubuhnya.
6. Pendederan
Letakkan wadah di tempat terbuka yang memungkinkan cahaya matahari untuk masuk. Sebaiknya, tambahkan tanaman hydrilla agar ikan lebih nyaman.
Beri pakan infusoria untuk anak ikan yang berumur 5 hari. Sementara untuk anak ikan yang berumur lebih dari 5 hari gunakan pakan kutu air atau udang renik. Sementara yang berusia sekitar 20 hari diberi makan cacing rambut atau cacing sutra.
Di usia 20 hari juga sudah bisa ditentukan kelamin ikan. Ikan jantan akan dipakai sebagai ikan hias sementara betina hanya sebagai indukan. Indikator keberhasilan dari ternak ikan guppy yaitu pada ikan jantannya.
Itulah pembahasan tentang cara budidaya ikan guppy dengan baik dan benar. Dengan membudidaya ikan guppy dengan baik dan benar sehingga ikan guppy peliharaan Anda akan hidup sehat. semoga bermanfaat!

Related posts