Cara Budidaya Ikan Gabus

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan tips atau cara budidaya ikan cupang secara sederhana keuntungan jutaan rupiah, dan dikesempatan kali ini juga admin akan membahas cara budidaya ikan gabus.

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak peminatnya. disamping citarasanya yang enak ikan gabus memiliki segudang manfaat bagi kesehatan salah satunya mempercepat penyembuhan luka dalam seperti sehabis oprasi dan lain sebagainnya.

Karena perminataan pasar semakin meningkat untuk ikan gabus maka banyak orang yang mulai membudidayakannya, dan jika anda ingin mengetahui cara budidaya ikan gabus yang benar silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Cara Budidaya Ikan Gabus: Pola Pertumbuhan

Pola pertumbuhan pada ikan terdiri atas pertumbuhan isometrik, yaitu pertambahan bobot seimbang dengan pertambahan panjang, dan pola pertumbuhan allometrik yaitu pertambahan bobot tidak seimbang dengan pertambahan panjang. Berdasarkan hasil penelitian Kartamihardja (1994), ikan gabus yang diperoleh sebanyak 241 ekor dengan panjang total berkisarantara 15,2 – 62,8 cm dan bobot berkisar antara 45 – 1950 gr.

saat ini ditemukan 29 spesies ikankelompok snakehead fish (ikan gabus). Kelompok ikan gabus yang terdiridari dua genus yaitu Genus Channa sebanyak 26 spesies dan GenusParachanna sebanyak 3 spesies.

Cara Budidaya Ikan Gabus: Memilih Kolam

Untuk membudidayakan ikan gabus, kamu bisa memilih untuk menampung mereka pada tiga jenis kolam, yaitu tanah, terpal, dan beton. Ketiga jenis kolam ini tentu saja memiliki keunggulan yang berbeda, dan harga mereka pun bervariasi dari satu ke yang lainnya.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang kolam ikan gabus:

Kolam Terpal

terpal merupakan jenis kolam yang pemakaiannya sedang naik daun belakangan ini.

Banyak peternak yang sudah menggunakan kolam terpal sebagai rumah ikan-ikan mereka karena keunggulannya yang bejibun. Berikut adalah beberapa keunggulan kolam terpal untuk ikan gabus :

Read More
  • Minim lumpur sehingga mudah dan tidak licin ketika sedang masa panen ikan. Proses akan menjadi lebih cepat.
  • Pilihan yang tepat untuk daerah yang susah mendapatkan air karena daya tampungnya anti bocor.
  • Anti hama. Kebersihan pada kolam terpal sangat tinggi.
  • Tidak berbau. Jarang digerayangi lumut dan bakteri-bakteri jahat yang menyebabkan aroma tidak sedap.
  • Menjaga suhu kolam. Kolam terpal dapat menahan fluktuasi air karena alas sekam pada dasar kolam.

Kolam Beton

Berbicara tentang perawatan kolam, kolam beton mungkin merupakan yang paling susah dirawat. Pembuatan kolam ini juga memakan waktu yang lebih lama karena proses pengeringannya yang lebih panjang.

Walaupun begitu, kolam beton juga tidak kalah dari jenis kolam lainnya. Berikut adalah keunggulan kolam beton untuk ikan gabus :

  • Ikan tidak akan berbau lumpur seperti kolam tanah.
  • Mudah sekali dibersihkan.
  • Masa panen akan lebih mudah dibandingkan kedua kolam lainnya.
  • Air di dalam kolam tidak akan mudah berlumpur atau tercemar oleh tanah.
  • Lebih awet dan tahan lama.

Utamanya, volume air kolam ikan gabus harus diperhatikan karena adanya penguapan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pemantauan air kolam :

  • Pantau kuantitas air kolam. Jika dirasa air mulai berkurang, segera tambahi jumlah air hingga sesuai dengan jumlah normalnya.
  • Pantau kualitas air kolam, mulai dari warna pH air, hingga aroma air kolam. jika dirasa air kolam mulai tampak keruh, maka ganti air kolam.
  • Cek pH air kolam. Meskipun ikan gabus tahan asam, namun dulur tetap harus memastikan bahwa pH airnya tidak kurang dari 6 dan tidak lebih dari 7,5.
  • Pastikan terpal pada kolam tidak ada yang bocor atau sobek. Jika ada yang bocor, segera tambal. Dulur juga harus memperhatikan masa/umur kolam. Umumnya, kolam terpal dapat bertahan hingga 2 tahun. Selebih dari 2 tahun, maka akan terdapat banyak titik bocor hingga sobek.
  • Suhu air kolam ikan gabus yang optimum adalah 25-30oC.

Cara Budidaya Ikan Gabus: Pemijahan Ikan Gabus

Pemijahan merupakan proses penetasan telur bersama induk sperma yang akan menghasilkan proses pembuahan. Namun, proses ini bisa dilakukan jika menemukan indukan gabus yang cocok dengan bibit unggul.

Proses ini berawal sekitar 20 sampai dengan 30 indukan yang dicampurkan pada kolam yang sama dan biarkanlah selama tiga sampai empat hari.

Selama masa pemijahan, pastikan supaya air tersebut tetap mengalir dan ditambahkan oleh tanaman air untuk menunjang kebutuhan biota dan ekosistem saat budidaya.

Dalam satu kali proses pemijahan, induk betina menghasilkan 11 ribu butir telur. Telur tersebut akan menetas dalam waktu kurang dari sehari.

Pastikan suhu kolam terpal tersebut diatur dalam posisi 28 derajat celcius dan biarkan anak gabus menetas tanpa makanan.

Perawatan larva ikan gabus

Budidaya gabus selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah perawatan larva ikan gabus dengan tahap sebagai berikut:

Perawatan ketika menginjak usia 2 hari

Seperti yang telah disinggung di paragraf sebelumnya bahwa para larva gabus yang baru menetas memiliki cadangan makanan selama 2 hari, dan setelah itu kamu harus lanjut memberikan makanan seperti artemia sebanyak 3 kali sehari agar larva tersebut bisa tumbuh lebih cepat.

Perawatan ketika berumur 5 hari

Ketika larva menginjak usia 5 hari, kamu tetap memberikan makan sebanyak 3 kali sehari dan jika perlu siapkan pula makanan tambahan seperti Daphnia.

Penebaran benih

Untuk proses penebaran benih sebaiknya dilakukan saat usia anakan benih menginjak dua minggu. Penebaran benih ini akan dilakukan apabila larva atau benih diberikan pada pagi hari sebelum makan. Setelah berlangsung selama dua hari, pemberian pangan seperti pellet atau makanan buatan pabrik pun bisa diberikan lebih dahulu.

Pakan dan Kebiasaan Makan

Ikan gabus bersifat karnivora, karena makanan utama bersifat hewani,mulai dari ukuran larva sampai ukuran dewasa, makanan utamanya adalahudang, katak, cacing, serangga dan semua jenis ikan. Pada masa larva ikan gabus memakan zooplankton seperti daphnia dan cyclops

Pada ukuran benih / fingerling makanan berupa serangga, udang dan ikan kecil, sedangkan ukuran dewasa memakan udang, serangga, katak,cacing, dan ikan. Perbedaan komposisi makanan antara anak ikan gabus dengan ikan gabus dewasa disebabkan perbedaan bukaan mulut.

Untuk kemudahan dan efektifitas ikan gabus pada masa pembesaran bisa diberi pakan pellet ikan dengan kadar protein yang cukup.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah panduannya :

  • Berikan pakan ikan berupa pellet khusus ikan.
  • Pastikan pellet mengandung protein dengan kadar >25%. dulur bisa melihat komposisi dan takarannya pada kemasan pakan pellet.
  • Pemberian pakan pada ikan gabus harus disesuaikan dengan berat ikan. Untuk mengetahui berat ikan, selalu lakukan sampling berat ikan setiap 2-3 minggu sekali. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jumlah pakan yang akan diberikan selanjutnya.
  • Berikan pakan dengan jumlah 3-5% dari berat biomassa tubuh ikan.
  • Jumlah pemberian pakan perlu dilakukan sebanyak 3 kali/hari selama masa budidaya.
  • Anda bisa menambahkan pakan sampingan untuk menghemat paka pellet.
  • Beberapa jenis pakan tambahan yang baik untuk ikan gabus adalah usus ayam dan ikan rucah. Ini dikarenakan usus ayam dan ikan rucah mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan gabus.

Itulah Cara Budidaya Ikan Gabus yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.