Cara Budidaya Ikan neon Tetra yang Benar

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai cara budidaya ikan guppy, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai budidaya ikan neo tetra. anda tentunya tahu kan jenis ikan hias yang cantik ini?

Ikan neon tetra adalah salah satu ikan hias yang paling banyak dan paling sering dipelihara oleh penghobi ikan hias. Ikan neon tetra banyak disukai karena ukurannya yang relatif kecil dan warna merah dan birunya yang mencolok membuat ikan ini enak dilihat.

Selain karena keindahannya, ikan neon tetra juga memiliki harga yang relatif murah. Harga jual ikan neon tetra berkisar antara Rp900 – Rp3.000, tentu harga ini akan berbeda – beda pada tiap tempatnya.

Pada saat ini banyak sekali pecinta ikan hias yang membudidayakan ikan yang satu ini, maka dari itulah disini admin akan memberikan tipsa atau cara budidaya ikan neo tetra yang benar.

Cara Budidaya Ikan neon Tetra yang Benar

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Pemilihan Induk

Pemilihan indukan terlebih dahulu mengetahui ciri-cirinya, untuk jantan mempunyai tubuh yang terlihat ramping dan panjang, garis neon terlihat lurus dan gerakannya lebih lincah.

Sedangkan yang betina tubuhnya terlihat pendek dengan gerakan yang lamban, dibagian perutnya terlihat gemuk serta garis neonnya terlihat bengkok. Induk ditebar di dalam akuarium sebanyak 200 ekor per akuarium dengan pemeliharaan ikan neon jantan dan betina dipisahkan.

Selain tiu siapkan air yang steril dan bersih dengan memiliki keasaman sekitar kurang dari 6.4. Tempatkan kolam berada didaerah yang gelap yeng memiliki suhu antara 20 derajat celcius.

Pemijahan

Pemijahan dilakukan ditempat yang menggunakan air yang steril yang di diamkan selama 1-2 minggu.

Dengan area pengembangbiakan yang sudah disterelisasi menggunakan tawas campurkan dengan air hasil rendaman kayu asam dengan beberapa tetes dan diamkan selama 2-3 hari lamanya.

Read More

Setelah itu sepasang induk yang telah siap memijah dimasukkan ke dalam tempat.

Selama pemijahan berlangsung induk tetap boleh diberi pakan berupa jentik nyamuk. Induk akan mulai memijah pada malam hari dan berlangsung selama 3 – 4 jam. Setelah pemijahan selesai induk dapat ditempatkan di akuarium.

Perawatan Ikan Telur

Setelah telur menempel telur sebaiknya tidak terkena sinar sedikitpun karena telurnya sangat sensitif terhadap sinar karna telur bisa tidak akan menetas.

Setelah 24 jam telur akan menetas larva siberi antibiotik berupa Malachite Green Oxalate (MGO) sebanyak 0,01 mg/lt air.

Atau Methylene Blue (MB) sebanyak 1 tetes untuk 5 liter air dan jika telah berumur 3 hari larva diberi pakan alami berupa rotifera atau nauphli artemia.

Perawatan Anak Ikan

Larva dapat dipindahkan ke akuarium dengan ukuran 100 x 50 x 40 cm, jika berumur 7-10 hari. Pakan yang diberikan berupa kutu air atau cacing rambut (tubifex) dengan frekuensi pemberian pakan 2 kali dalam sehari.

Penggantian air pemeliharaan dilakukan setiap 5 – 7 hari sekali dengan cara disipon. Ikan dipelihara selama 25 hari sampai mencapai ukuran 1 cm.

Demikianlah tips atau Cara Budidaya Ikan neon Tetra yang Benar, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan ikan tersebut. salam sukses!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.