Konsultasikan Masalah Menstruasi Anda di Situs Sehatq.com

menstruasi

Taukah anda, apakah menstruasi (mens) atau haid itu?

Menstruasi adalah ketika darah dan jaringan dari ruang rahim Anda keluar dari vagina. Biasanya hal ini terjadi setiap bulan.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi  akan membantu tubuh Anda dalam mempersiapkan kehamilan pada setiap bulan. Hal ini  juga membuat Anda mengalami menstruasi apabila anda tidak hamil. Siklus dan atau periode menstruasi  dikendalikan oleh hormon-hormon antara lain seperti estrogen dan progesteron.

Begini ceritanya…

Sesungguhnya anda memiliki 2 ovarium dan masing-masing terisi banyak telur.  Ukuran telurnya sangat kecil – atau terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Selama masa siklus mens, hormon membuat sel telur di ovarium matang  atau saat sel telur matang, sehingga itu berarti sudah siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Hormon-hormon ini juga membuat lapisan rahim menjadi tebal dan kenyal.

Jadi apabila sel telur dibuahi, maka ia akan memiliki tempat yang nyaman dan aman untuk mendarat untuk memulai kehamilan. Lapisan tersebut terbuat dari jaringan dan darah seperti hampir pada semua hal lain di dalam tubuh kita. Ia memiliki banyak nutrisi untuk membantu pertumbuhan kehamilan anda.

Sekitar separuh dari masa siklus menstruasi, hormon memberi tahu kepada salah satu ovarium untuk melepaskan sel telur yang matang, hal inilah yang disebut ovulasi. Kebanyakan orang tak merasakannya pada saat berovulasi, tetapi terdapat beberapa gejala ovulasi antara lain kembung, bercak atau sedikit nyeri di bagian perut bawah yang mungkin hanya dirasakan pada satu sisi.

Setelah telur meninggalkan ovarium, kemudaian bergerak melalui salah satu saluran tuba menuju rahim. Jika kehamilan tidak terjadi, maka tubuh anda tidak membutuhkan lapisan tebal di rahim.

Lapisan akan rusak dan darah, nutrisi, dan jaringan mengalir keluar dari tubuh Anda melalui vagina. Inilah yang terjadi saat anda mengalami masa haid !

Jika Anda hamil, maka tubuh anda membutuhkan lapisan. Maka dari itu menstruasi anda akan berhenti selama kehamilan, dan menstruasi akan kembali saat Anda tidak hamil lagi.

Kapan menstruasi dimulai dan berhenti?

Pada suatu saat selama masa pubertas, darah keluar dari vagina dan itu adalah periode pertama. Kebanyakan orang mengalami mens pertama mereka antara usia 12 dan 14, tetapi ada beberapa orang mengalaminya lebih awal atau lebih lambat.

Tidak ada cara apapun untuk mengetahui secara pasti kapan anda akan datang bulan, tetapi Anda mungkin bisa merasakan beberapa gejalanya saja.

Jika Anda tidak mendapatkan menstruasi pada saat berusia 16 tahun, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau dapat berkonsultasi melalui Forum Tanya Jawab  pada situs sehatq.com

Kebanyakan orang berhenti menstruasi saat mereka berusia antara 45 dan 55 tahun, hal ini disebut menopause. Menopause bisa memakan waktu beberapa tahun,dan menstruasi biasanya berubah secara bertahap selama waktu ini.  Setelah menopause benar-benar selesai, Anda tidak bisa hamil lagi.

Kadang-kadang orang yang belum mencapai pubertas, belum menggunakan hormon  untuk mencegah semua perubahan tubuh berdasarkan jenis kelamin yang terjadi selama masa pubertas, termasuk menst.

Dan orang yang sudah menstruasi dapat juga menggunakan jenis kontrasepsi tertentu yang membantu meringankan atau menghentikan menstruasi. Terapi penggantian hormon seperti mengonsumsi testosteron  juga dapat menghentikan menstruasi anda.

Jika anda mulai mengkonsumsi testosteron, maka haid Anda akan hilang. Tapi hal ini bisa dibalik yaitu jika Anda berhenti minum testosteron, maka menstruasi akan kembali.

Mungkin ada beberapa perubahan dalam siklus mens sebelum berhenti untuk selamanya. Periode menjadi lebih ringan dan lebih pendek dari waktu ke waktu atau terjadi saat Anda tidak menduganya.

Anda mungkin mengalami kram sesekali sampai Anda berhenti mengalami menstruasi dan terkadang bahkan setelah berhenti , hal ini normal saja. Suntikan testosteron membuat mens lebih cepat daripada krim testosteron.

Bisakah hamil selama siklus menstruasi ?

Anda memiliki peluang tertinggi untuk hamil pada saat menjelang ovulasi yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur yang matang dan hal ini disebut Masa Subur. Ovulasi biasanya terjadi selama 14 hari sebelum mens. dimulai , akan tetapi setiap orang berbeda. Anda mungkin memiliki kebiasaan berovulasi lebih awal atau lebih lambat,  tergantung juga pada lamanya siklus mens .

Sel telur Anda hidup sekitar 1 hari setelah lepaskan dari ovarium dan sperma dapat hidup di rahim dan saluran tuba selama sekitar 6 hari setelah berhubungan seks. Jadi biasanya Anda bisa hamil sekitar 6 hari.

Demikianlah semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat