isi Halaman
Home / Article Placement / 5 Permainan Edukasi Untuk Melatih Kecerdasan Anak

5 Permainan Edukasi Untuk Melatih Kecerdasan Anak

Pembentukan karakter anak dimulai sejak usia dini. Itu sebabnya penting bagi orang tua untuk melatih anak kecerdasannya sejak dini dengan memperkenalkan permainan edukasi anak. Terdapat berbagai macam permainan edukasi yang mudah dan bisa orang tua lakukan bersama dengan buah hati. Apa saja? Inilah 5 permainan edukasi untuk melatih kecerdasan anak.

  1. Aku Tidak Setuju Denganmu

Permainan pertama adalah “Aku Tidak Setuju Denganmu” ini merupakan permainan mengajukan berbagai pertanyaan  tentang pilihan pribadi anak-anak. Sebaiknya lakukan permainan ini tidak bersama dengan orang tua atau orang dewasa melainkan dengan sesame anak-anak. Caranya lakukan secara berpasangan. Nantinya salah satu diantara mereka harus bertanya. Misalnya “buku apa yang baru kamu baca” kemudian yang satu menjawab “Timun Mas”. Kemudian anak yng pertama tadi harus berkata “Buku itu Tidak Bagus”. Nah tugas anak yang kedua adalah membuktikan bhwa buku itu bagus dan pantas untuk dibaca. Dengan begini anak akan belajar mempertahankan sudut pandng dan pemikiran mereka secara rasional.

  1. Setiap Orang Punya Caranya Masing-Masing

Untuk permainan satu ini juga harus dimainkan oleh sekelompok anak-anak. Sebelum dimulai setiap peserta diberikan tugas untuk memimpin kelompok. Seperti bernyanyi, berjalan ke suatu tempat, memanggil nama seseorang, mengeong dll. Setelah semuanya member tugas kepada pemimpin kelompok, aturan permainan akan dijelaskan. Aturannya adalah setiap anak melakukan sendiri apa yang sudah mereka perintahkan kepada pemimpin kelompok tadi. Mereka yang sudah berusaha mengerjai pemimpin akan merasakan senjatanya sendiri. permainan ini bertujuan mengajari anak untuk menganggap serius peran pemimpin dengan penuh tanggung jawab.

  1. Mengarang Sebuah Cerita

Permainan ini sangat berguna untuk mengembangkan imajinasi anak. Tugas yang diberikan kepada si kecil adalah harus berisi sejumlah kata yang tidak berhubungan secara logis. Mintalah anak untuk mengarang cerita dari kumpulan kata-kata tersebut. contohnya buatlah cerita yang didalamnya memuat kata-kata hutan, roda, kereta, tombak dll. Nantinya kamu akan terkesima melihat imajinasi anak yang luar biasa.

  1. Meniup Lilin

Meniup lilin adalah permainan yang mengajari anak tentang pernapasan dalam. Pertama tarik napas melalui hidung, hirup udara hingga perut mengembang dan perlahan-lahan hembuskan napas melalui mulut seperti hendak meniup lilin. Selain si kecil akan memahami intruksi tersebut, ajaklah si kecil duduk di atas kursi yang berjarak 2 meter dari sebuah lilin menyala diatas meja. Biarkan anak berdiri maupun sedikit membungkuku kedepan. Biarkan juga dia berusaha meniup lilin tersebut dari posisi apapun dengan jarak 2 meter hingga lilinnya mati.

  1. Mengucapkan Pujian

Permainan edukasi untuk melatih kecerdasan anak terakhir adalah Mengucapkan Pujian. Untuk permainan ini juga harus dilakukan secara berkelompok ya. Caranya sekelompok anak harus duduk membentuk sebuah lingkaran dan mengatakan hal-hal terpuji tentang teman disampingnya sambil menatap mata sang teman. Kemudian sang teman akan menjawab terimakasih dan melakukan hal yang sama kepada teman berikutnya. Mungkin beberapa anak akan kesulitan memikirkan/ mengungkapkan kalimat pujian apa untuk temannya. Sehingga anak ini membutuhkan bantuan dengan pertanyaan yang mengarahkan mereka atau contoh dari kamu saat memuji orang lain. Dengan begini anak dapat belajar banyak karena memuji orang adalah suatu seni.

Itu dia 5 permainan edukasi untuk melatih kecerdasan anak. Dengan memainkan permainan anak tersebut secara tidak langsung akan melatih kemampuan otak motorik mereka guys.

Telah dibaca 8 kali, hari ini 2 kali

Baca juga yang ini..

Resep Rahasia Membuat Teh Tarik Yang Rasanya Enak dan Nikmat

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masing-masing negara di dunia ini memiliki tradisi dan cara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin